Sukses

5 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Di bulan Ramadhan, aneka makanan dan minuman dapat dengan mudah dicari. Oleh karena itu, umat Islam perlu memperhatikan beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sahur menjadi waktu yang penting bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah puasa pada keesokan harinya. Sahur dapat memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas pada keesokan harinya.

Sahur dapat membantu mengurangi rasa lapar dan haus selama seharian berpuasa sehingga dapat menjaga kenyamanan dan kesehatan tubuh selama berpuasa. Untuk itu, pemilihan makanan dan minuman sangat berpengaruh bagi kelancaran menjalankan ibadah puasa.

Di bulan Ramadhan, aneka makanan dan minuman dapat dengan mudah ditemukan, apalagi saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Aneka makanan dan minuman tersebut juga dapat ditemukan di tempat yang menyediakan menu sahur dan berbuka puasa gratis seperti masjid, mushola, dan lainnya.

Umat Islam perlu memperhatikan beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Jika tidak, akan menimbulkan beberapa dampak negatif seperti gangguan pencernaan yang membuat puasa Anda menjadi tidak lancar.

Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga dilakukan agar tidak mudah haus dan lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Oleh karena itu, selama menjalankan ibadah puasa, khususnya saat sahur dan berbuka, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari karena dapat mengganggu kesehatan dan membuat puasa menjadi tidak lancar.

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (27/03/2023), berikut makanan dan minuman yang wajib dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

1. Gorengan

Gorengan menjadi makanan favorit yang biasanya selalu ada pada waktu berbuka puasa. Perlu diketahui, gorengan tidak dianjurkan dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Hindari memakan gorengan saat sahur dan berbuka puasa karena akan memicu penyebab timbulnya asam lambung dan bahkan menyebabkan radang tenggorokan.

2. Makanan yang Terlalu Asin

Makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi tidak baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Pemberian garam secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi cepat lapar karena tubuh perlu usaha yang lebih untuk memproses makanan asin.

Rasa asin tidak bersumber dari garam saja, namun juga terdapat pada keju, mayonaise, dan lain sebagainya. Saat sahur dan berbuka puasa, lebih baik untuk mengurangi makanan asin dan gunakan garam secukupnya.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Selain membuat rasa kenyang tak bertahan lama, makanan cepat saji mengandung garam, lemak, dan gula yang sangat tinggi yang tidak baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa. Tidak hanya itu, makanan cepat saji memiliki kandungan nutrisi yang sangat rendah.

3 dari 4 halaman

4. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat sahur dan berbuka puasa akan menyebabkan gangguan pencernaan, bahkan iritasi pada lambung. Efek sakit perut akibat mengonsumsi makanan pedas tidak akan muncul secara tiba-tiba.

Dampaknya akan muncul pada siang hari saat berpuasa atau malam hari ketika ingin beristirahat. Hindari makanan yang pedas agar ibadah puasa yang dijalani menjadi lancar

5. Makanan Rendah Serat

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan asupan serat yang cukup agar proses pencernaan berjalan dengan lancar.

Untuk itu, pastikan bahwa selalu mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang memiliki serat yang tinggi akan membantu melancarkan pencernaan, merasa kenyang, dan mememuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

1. Kafein

Hindari untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi saat sahur dan berbuka puasa, karena kafein dapat meningkatkan produksi urine dan membuat tubuh menjadi mudah dehidrasi, hal ini akan menimbulkan rasa lemas saat berpuasa.

Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, akan membuat tubuh menjadi cepat merasa haus.

2. Minuman Bersoda

Mengonsumsi minuman bersoda akan menyebabkan pencernaan menjadi terganggu, terutama bagi seseorang yang memiliki asam lambung. Minuman bersoda memiliki kandungan asam yang jika bercampur dengan asam lambung akan memberikan rasa mual dan perut menjadi kembung.

3. Minuman Instan

Mengonsumsi minuman instan saat sahur dan berbuka puasa tidak dianjurkan karena akan memyebabkan dampak seperti obesitas, diabtetes, bahkan merusak pembuluh darah. Hal ini karena minuman instan mengandung gula dengan jumlah besar dan harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.