Sukses

Top 3: Doa, Niat dan Tata Cara Mandi Besar Puasa Ramadhan

Artikel tentang doa, niat mandi puasa Ramadhan, dan tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadhan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Saat bulan Ramadhan tiba, umat Islam akan mempersiapkan diri sebaik-baiknya baik fisik maupun batin untuk menyambut bulan yang penuh berkah tersebut. Bila mempersiapkan batin dapat dilakukan dengan menyucikannya lewat memaafkan kesalahan orang, meminta maaf, dan lainnya, maka mempersiapkan fisik biasa dilakukan dengan mandi besar.

Mandi besar sebelum puasa Ramadhan merupakan salah satu amalan yang baik dilakukan saat memasuki bulan Ramadhan. Menariknya, di beberapa daerah mandi besar sebelum puasa Ramadhan bahkan dilakukan beramai-ramai dengan cara mengunjungi tempat pemandian.

Untuk diketahui, mandi wajib jelang Ramadhan bukanlah suatu aturan atau kewajiban dalam Islam. Anda boleh melakukannya, boleh pula tidak.

Doa atau niat mandi besar

Berikut bacaan doa atau niat mandi puasa Ramadhan yang perlu kamu ketahui: 

Nawaitu guslal lidhukulissyiami romadhoona sunatal lillahi ta'alla.

Artinya:

" Aku berniat mandi sunnah memasuki bulan Ramadan karena Allah Ta’ala."

Artikel tentang doa, niat mandi puasa Ramadhan, dan tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadhan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 30 ucapan maaf menjelang Ramadhan yang bisa diberikan kepada saudara dan kerabat.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang enam zodiak ini paling mungkin untuk selingkuh di belakangmu.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Doa, Niat Mandi Puasa Ramadhan, dan Tata Cara Mandi Besar Sebelum Puasa Ramadhan, Cek di Sini

 

Tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadhan

Tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadhan tidak jauh berbeda dengan mandi wajib atau mandi besar pada umumnya. Mandi besar sebelum puasa Ramadhan kerap dilakukan dengan membersihkan rambut atau keramas.

Berikut tata cara mandi besar sebelum puasa Ramadhan:

  • Membaca doa mandi sebelum puasa, baik di dalam hati maupun dilafalkan.
  • Mencuci tangan sebanyak 3 kali untuk menghilangkan najis.
  • Membersihkan bagian tubuh yang tersembunyi dengan tangan kiri, seperti bagian kemaluan.
  • Mencuci kedua tangan setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi tersebut.
  • Berwudhu seperti saat hendak sholat.
  • Mengguyur air ke bagian kepala sebanyak 3 kali hingga sampai kulit kepala dan pangkal rambut.
  • Membersihkan pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah basah oleh air. Menyela pangkal rambut ini wajib bagi laki-laki, tapi tidak wajib bagi wanita.
  • Membersihkan seluruh anggota tubuh dengan mendahulukan yang kanan. Pastikan semua lipatan tubuh ikut dibersihkan.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 30 Ucapan Maaf Menjelang Ramadhan yang Bisa Diberikan kepada Saudara dan Kerabat

Tak terasa kita akan menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. Awal Ramadhan akan jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023 besok. Seluruh umat muslim di dunia pun kini tengah bersuka cita menyambut bulan penuh berkah itu. 

Seperti yang diketahui bulan Ramadhan adalah bulan penuh keistimewaan. Segala ibadah yang dilakukan umat muslim di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Kini tak sedikit orang yang lantas bersiap menyambut bulan Ramadhan. Salah satu caranya ialah dengan mengirimkan ucapan menyambut Ramadhan kepada saudara dan kerabat.

Biasanya ucapan menyambut Ramadhan itu juga berisi dengan kalimat permohonan maaf, serta memanjatkan doa kepada sesama muslim. Mengucapkan selamat Ramadhan juga sesuai dengan anjuran dalam penggalan surah Al Baqarah ayat 178 yang artinya:

"Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (dia) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih."

Berikut ini deretan ucapan maaf menjelang Ramadhan yang bisa kalian kirimkan kepada saudara dan kerabat untuk menyambut Ramadhan serta meminta permohonan maaf.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 6 Zodiak Ini Paling Mungkin untuk Selingkuh di Belakangmu

Anda mungkin mengira Anda memiliki semua informasi yang diperlukan untuk menemukan seseorang yang berselingkuh, seperti menyembunyikan ponselnya, menghilang tanpa penjelasan, atau yang tiba-tiba menjadi sangat bersemangat akan sesuatu.

Tetapi beberapa tanda bahaya yang menandakan perselingkuhan mungkin tidak ada hubungannya dengan tindakan dan lebih banyak berkaitan dengan astrologi. Untuk memahami hal ini dengan lebih baik, astrolog profesional menjabarkan beberapa zodiak yang paling mungkin untuk melakukan perselingkuhan.

Dari ketidaksetiaan yang tidak disadari hingga perzinahan yang berani, daftar lengkap tanda-tanda ketidaksetiaan ini mungkin akan mengejutkan Anda. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

Capricorn

Anda mungkin merasa aneh bahwa zodiak Capricorn yang berkepala dingin dan selalu pragmatis ada dalam daftar ini. Tapi sifat-sifat inilah yang memungkinkan mereka untuk mengkotak-kotakkan hidup mereka dan menjauhkan diri dari aspek emosional dari perselingkuhan, jelas peramal dan pelatih spiritual Tara Bennet.

"Capricorn kuat dan pekerja keras dan mencari sifat [yang sama] pada pasangannya," tambah pembaca psikis dan peramal Emily Newman.

Jika pasangan mereka mencentang kotak itu, mereka akan puas, tetapi jika tidak, semua taruhan dibatalkan.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.