Sukses

Bukan Pakai Kapur Barus, Begini Cara Bikin Kamar Mandi Bebas Kecoak

Menyukai tempat-tempat yang lembab, kamar mandi sering menjadi sasaran sarang kecoa. Bagaimana cara ampuh mengatasinya? Yuk, simak langkah-langkahnya!

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kamar mandi yang lembap sangat disukai oleh serangga, termasuk kecoak. Kehadiran kecoak ini tentu sangat mengganggu karena kamar mandi jadi terkesan tidak higienis, ditambah kecoak juga kerap menimbulkan bau yang kurang sedap.

Untuk mengatasi hal ini, tak sedikit orang memanfaatkan kapur barus khusus kamar mandi. Namun, sayangnya kapur barus saja tidak cukup untuk membuat kecoak pergi dan tidak kembali lagi. 

Menjawab keresahan ini, seorang pengguna Instagram bernama @rumahnhome membagikan trik ampuh mengusir kecoa cukup dengan memanfaatkan 2 bahan dapur ini. Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum pada Senin (6/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Siapkan Bahan dan Peralatan

Langkah pertama sebelum eksekusi, tentu adalah menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Terdiri dari:

  • Cuka
  • Air perasan lemon
  • Pasta gigi
  • Sendok
  • Mangkuk
  • Botol spray
3 dari 12 halaman

2. Buat Racikan Cairan Pembasmi Serangga

Langkah selanjutnya adalah membuat cairan pembasmi serangga. Campurkan cuka dan air perasan lemon ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan pasta gigi dan aduk hingga ketiga bahan larut dan tercampur dengan sempurna.

4 dari 12 halaman

3. Masukkan Cairan ke Botol Semprot

Langkah ke tiga, pindahkan racikan cairan pembasmi serangga tadi ke dalam botol semprot guna memudahkan penggunaannya. 

5 dari 12 halaman

4. Cairan Pembasmi Serangga Siap Digunakan

Terakhir, cairan pembasmi serangga bisa digunakan untuk membasmi berbagai jenis serangga, seperti semut hingga kecoak. Cukup semprotkan ke titik-titik yang sering dilalui kecoak, seperti sekitar kloset, hingga saluran air. 

6 dari 12 halaman

Membuat Pengharum Alami untuk Kamar Mandi

Bahan-bahan:

  • Irisan
  • Jeruk/lemon
  • Cengkeh
  • Potongan kayu manis 
  • Air 2 cangkir

Cara membuat:

  1. Didihkan 2 cangkir air
  2. Rebus seluruh bahan (lemon/jeruk, cengkeh, dan kayu manis) dengan api kecil selama beberapa jam hingga bahan-bahan tersebut mengeluarkan aroma
  3. Setelah itu, angkat dan saring rebusan rempah tersebut
  4. Ambil satu mangkuk kecil cairan pengharum tersebut, lalu letakkan di sudut kamar mandi, atau menyemprotkan nya di sudut-sudut kamar mandi.
7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Membasmi Kecoa

8 dari 12 halaman

Kenapa Bisa Ada Kecoa di Kamar Mandi?

Hal ini terjadi karena tingginya tingkat kelembapan yang membuat kondisi kamar mandi menjadi tempat yang ideal bagi kecoa untuk hidup dan berkembang biak. Kecoak memerlukan lingkungan yang lembap agar dapat bertahan hidup.

9 dari 12 halaman

Apakah Wipol Bisa Membunuh Kecoa?

Secara berkala, lantai rumah dibersihkan dengan menggunakan produk pembersih yang dirancang khusus untuk mengusir serangga, contohnya adalah Wipol Sereh Pengusir Serangga. Tindakan membersihkan lantai juga bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin menarik perhatian kecoa.

10 dari 12 halaman

Bau Apa yang Bisa Mengusir Kecoa?

Gunakan bawang putih segar dengan cara menghancurkan beberapa siung, kemudian letakkan di area yang sering dilewati oleh kecoa. Alternatifnya, juga dapat menggunakan bubuk bawang putih dengan cara menaburkannya di dalam atau di sekitar wilayah yang sering dilalui oleh kecoa.

11 dari 12 halaman

Apakah Kecoa Bisa Mati Disiram Air Panas?

Kecoak akan meninggal ketika terkena air panas. Langkahnya simpel, cukup panaskan air hingga mencapai titik didih, lalu siramkan ke dalam saluran tempat kecoak sering muncul.

12 dari 12 halaman

Apakah Kecoa Takut Bubuk Kopi?

Kecoa dapat tertarik oleh aroma kopi bubuk, sehingga kopi bubuk bisa dimanfaatkan sebagai umpan untuk menangkap mereka. Menurut Wright, cara yang dapat dilakukan adalah dengan meletakkan kopi bubuk dalam sebuah wadah kecil di atas wadah yang berisi air, kemudian diletakkan di dekat dinding, lemari, atau area di mana kecoa sering muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.