Sukses

4 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Mencuci Wajah Terlalu Sering

Berikut ini deretan alasan mengapa sebaiknya Anda tidak mencuci wajah setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci muka menjadi hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Ya, ini bisa menjadi awal yang menyegarkan untuk hari Anda, tetapi juga bisa mengeringkan kulit Anda. 

Anda ingin wajah Anda bersih, tetapi di pagi hari Anda mungkin bertanya-tanya, "Mengapa saya mencuci semua perawatan kulit yang saya gunakan sebelum tidur?" Inilah beberapa kabar baiknya, yaitu menurut beberapa ahli, Anda bisa berhenti mencuci muka.

Secara khusus, Anda dapat berhenti mencucinya setiap hari. Jika Anda tidak mencuci muka sama sekali, dokter kulit Leah Ansell memperingatkan, penumpukan hal-hal yang menjijikkan akan terjadi dan meninggalkan lapisan pada kulit Anda. Lebih buruk lagi, dapat menyebabkan infeksi bakteri seperti folikulitis atau jerawat.  

Namun, mencuci muka setiap hari mungkin tidak sepenuhnya diperlukan pada beberapa orang. Berikut ini deretan alasan mengapa sebaiknya Anda tidak mencuci wajah setiap hari dilansir dari Best Life Online. 

1. Melindungi penghalang alami kulit Anda

Selain berbagai serum dan krim yang mungkin Anda aplikasikan setiap hari (atau malam), kulit Anda sebenarnya memiliki pelindung alaminya sendiri. 

"Mencuci wajah secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alaminya, menyebabkan kekeringan, iritasi, dan bahkan berjerawat," kata Marina Sominsky, RN, pemilik dan pendiri Capital Aesthetics Clinic di Ottawa, Kanada. 

Dengan memberi istirahat pada wajah Anda, Anda memberi kulit Anda kesempatan untuk memulihkan minyak alaminya dan menjaga keseimbangan kelembapannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kulit bisa beristirahat

Mendapatkan rasa ekstra bersih dengan mencuci terlalu banyak dapat membuat kulit Anda terasa kering, kata dokter kulit yang berbasis di NYC, Barry Goldman. Jika Anda memiliki kulit kering, tidak mencuci muka setiap hari memberikan kesempatan untuk pulih dan menyerap produk pelembap yang Anda gunakan.

3. Kulit Anda tahu cara memperbaiki dirinya sendiri

Mencuci wajah bukan satu-satunya hal yang membuat kulit Anda sehat. Saat Anda tidur, tubuh Anda sibuk memulihkan kulit Anda, kata Valerie Aparovich, cosmetologist bersertifikat, ahli kecantikan, dan Science Team Lead di OnSkin. 

"Tubuh itu pintar. Sel-selnya dapat menyembuhkan dan memperbaiki, serta mengisi kembali kekurangan zat-zat penting yang mereka butuhkan."

Aparovich menjelaskan bahwa polusi udara, banyak bakteri dan virus, kerusakan akibat sinar matahari, tata rias, dan elemen lainnya menimbulkan tantangan bagi kesehatan umum kulit kita dan pelindung alaminya. Menjaga penghalang itu kokoh dan efisien adalah landasan yang diperlukan untuk kesehatannya, katanya.

3 dari 4 halaman

4. Anda masih bisa memiliki wajah yang bersih

Gagasan melewatkan mencuci muka beberapa hari menjadi menakutkan hanya karena Anda membayangkan bahwa Anda akan memiliki wajah yang kotor. Tetapi membilas, yang berbeda dari mencuci, dapat meredakan perasaan itu dan Aparovich mengatakan kulit beberapa orang mungkin baik-baik saja dengan hanya dibilas oleh air.

"Membilas berarti Anda mencuci muka hanya dengan air, sedangkan mencuci adalah menggunakan pembersih seperti sabun," jelas Aparovich, yang memperingatkan bahwa keefektifan rutinitas hanya bilas tergantung pada jenis kulit Anda. 

“Ini dapat bekerja untuk kulit kering dan normal untuk membantunya menyimpan lebih banyak minyak bermanfaat dan membuatnya lebih lembap. Tetapi kulit berminyak mungkin memerlukan pembersih yang dirancang khusus untuk menghilangkan sebum yang diproduksi secara berlebihan, katanya.

Tidak yakin apakah Anda mencuci terlalu banyak, terlalu sedikit, atau dalam jumlah yang tepat? Konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan Anda untuk melihat mana yang paling cocok untuk jenis kulit Anda.

4 dari 4 halaman

Mengetahui Kepribadian Seseorang Lewat Bentuk Wajahnya

Ada banyak aspek budaya Tionghoa yang mengejutkan dan unik. Banyak cerita rakyat yang sangat luar biasa dan banyak kearifan lokal kuno yang bertahan hingga hari ini. 

Kita bisa belajar banyak dari beberapa tradisi Tiongkok kuno. Salah satunya adalah gagasan bahwa bentuk wajah seseorang bisa mengungkapkan banyak hal tentang karakter mereka.

 Ide menarik lainnya adalah Anda dapat mengetahui seberapa autentik seseorang dengan melihat seperti apa bentuk wajah seseorang dengan perilakunya yang sebenarnya. 

Jelas sudut pandang yang sangat menarik dan sesuatu yang mungkin ingin Anda pertimbangkan jika Anda bertanya-tanya apakah orang yang berinteraksi dengan Anda bertindak secara alami atau tidak. 

Jelas, ini juga bisa sangat keras, karena kepercayaan kuno ini jelas tidak selalu benar. Namun, belajar tentang seseorang sebanyak mungkin bahkan selama interaksi pertama dapat membantu kita menghindari banyak masalah nantinya.

Pengetahuan ini sangat berguna dalam situasi kencan, di mana orang mencoba menunjukkan sifat terbaik mereka pada interaksi pertama. Nah, berikut ini cara mengetahui kepribadian seseorang dilihat dari bentuk wajahnya dilansir dari Home Tricks.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.