Sukses

Kenali 6 Tanda yang Jadi Gejala Herpes Zoster Mata

Dengan herpes zoster di mata, ada risiko yang lebih besar karena bisa berlama-lama dan mempengaruhi penglihatan pasien.

Liputan6.com, Jakarta - Herpes zoster disebabkan oleh virus varicella-zoster yang juga menyebabkan cacar air. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja yang pernah terkena cacar air dalam hidupnya.

Setelah mengalami cacar air, virus bisa tetap berada di dalam tubuh individu dan muncul kembali beberapa dekade kemudian dalam bentuk herpes zoster, menyebabkan rasa sakit dan ruam pada kulit.

Individu yang tidak pernah terpapar virus varicella-zoster atau yang tidak pernah mengalami cacar air cenderung aman dari herpes zoster.

Herpes zoster ditandai dengan ruam yang menyakitkan dan melepuh yang berkembang di seluruh tubuh dan, dalam beberapa kasus, di kaki dan wajah.

“Meskipun tidak menyenangkan dan tidak nyaman untuk mengalami herpes zoster di bagian tubuh mana pun, herpes zoster di mata bisa menjadi salah satu pengalaman terburuk bagi siapa pun,” kata Chairman dan Managing Director, Center for Sight, Prof. Dr. Mahipal Singh Sachdev, seperti melansir dari Times of India, Senin (20/2/2023).

“Jenis herpes zoster yang terjadi di dalam dan sekitar mata disebut herpes zoster keratitis dan herpes zoster Ophthalmicus,” lanjutnya.

Dengan herpes zoster di mata, ada risiko yang lebih besar karena bisa berlama-lama dan memengaruhi penglihatan pasien. Gejala herpes zoster yang paling umum adalah ruam, sementara gejala lain dari herpes zoster di mata meliputi:

1. Rasa panas atau nyeri pada mata

Pasien sering merasakan mata seperti terbakar atau nyeri di sekitar area mata saat terkena herpes zoster atau akan terkena herpes zoster.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kemerahan dan gatal

Bagian dalam mata atau area sekitar mata berubah warna menjadi merah disertai rasa panas dan nyeri yang mengakibatkan rasa gatal terus menerus. 

3. Mata berair

Karena rasa gatal dan sensasi terbakar, pasien sering mendapatkan air di mata mereka ketika didiagnosis dengan herpes zoster. 

4. Iritasi pada mata

Pasien merasakan iritasi terus-menerus pada mata yang tidak mudah hilang bahkan setelah mencuci muka dan akibatnya mereka mulai menggosoknya dan iritasi meningkat. 

 

3 dari 3 halaman

Gejala lainnya

5. Penglihatan buram

Jika pasien mengalami Keratitis (Sirap di daerah depan mata), bisa menyebabkan mati rasa pada kornea yang bisa menyebabkan penglihatan kabur atau bahkan kebutaan dalam kasus yang ekstrim.

6. Sensitivitas terhadap cahaya 

Mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, bisa jadi saat pasien keluar di bawah sinar matahari atau menonton layar yang cukup terang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.