Sukses

Sarankan Lansia Jepang untuk Bunuh Diri Massal, Profesor di Universitas Yale Dikecam

Seorang profesor Yale yang menyarankan lansia di Jepang untuk melakukan bunuh diri massal mendapat kecaman

Liputan6.com, Jakarta Seorang profesor di Universitas Yale telah memicu kemarahan karena menyarankan penduduk lanjut usia (lansia) Jepang harus melakukan "bunuh diri massal" untuk membantu negara tersebut menangani populasinya yang menua dengan cepat.

Menurut laporan New York Times, Yusuke Narita (37) yang merupakan asisten profesor ekonomi di Universitas Yale telah menuai kemarahan setelah menyampaikan solusi kontroversial tersebut dalam berbagai wawancara dan publikasi. Di sisi lain, ia juga  memperoleh ratusan ribu pengikut di media sosial berkat idenya yang tak biasa itu.

“Saya rasa satu-satunya solusi sudah cukup jelas,” kata Narita dalam program berita di akhir tahun 2021.

"Pada akhirnya, bukankah itu bunuh diri massal dan 'seppuku' massal orang tua?" tambahnya, merujuk pada praktik mengeluarkan isi perut yang digunakan oleh Samurai yang tidak dihormati pada akhir abad ke-19.

Tahun lalu, Narita menjawab pertanyaan seorang anak laki-laki tentang seppuku dengan memberi contoh sebuah adegan dari film “Midsommar”, di mana sekte Swedia itu mengirim salah satu anggota tertuanya untuk melompat dari tebing.

“Apakah itu hal yang baik atau tidak, itu pertanyaan yang lebih sulit untuk dijawab,” katanya. “Jadi, jika menurut Anda itu bagus, mungkin Anda bisa bekerja keras untuk menciptakan masyarakat seperti itu.”

Dia juga telah membahas eutanasia, memprediksi bahwa “kemungkinan menjadikannya wajib di masa depan” akan menjadi bagian dari wacana publik.

Ucapan kontroversial sang profesor menuai pro dan kontra di negara di mana aksi bunuh dri dengan seppuku dipuja. Hal ini dikarenakan orang yang melakukannya sama dengan mati dalam kemuliaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembelaan Narita

Narita mengatakan kepada  Times bahwa komentarnya telah "diambil di luar konteks" - dengan mengatakan dia merujuk pada upaya untuk mendorong orang tua keluar dari posisi kepemimpinan dalam bisnis dan politik.

"Saya seharusnya lebih berhati-hati tentang potensi konotasi negatifnya," katanya kepada surat kabar itu tentang frasa "bunuh diri massal" dan "seppuku massal", dengan mengatakan bahwa itu adalah "metafora abstrak".

“Setelah beberapa refleksi diri, saya berhenti menggunakan kata-kata itu tahun lalu,” tambah Narita.

Di Jepang, sang profesor telah mendapatkan pengikut di kalangan pemuda yang percaya bahwa kemajuan ekonomi mereka telah dihalangi oleh orang tua yang berkuasa. Meski demikian, orang-orang yang tidak sepaham dengan Narita menolak pernyataan kontroversial pria itu.

“Itu tidak bertanggung jawab,” kata jurnalis Masaki Kubota kepada Times. "Orang mungkin akan berpikir, ‘Oh, kakek nenek saya adalah orang yang hidup lebih lama dan kita harus menyingkirkan mereka.'”

Kolumnis Newsweek Jepang Masato Fujisaki mengatakan para pendukung Narita "percaya orang tua seharusnya sudah mati dan kesejahteraan sosial harus dipotong."

 

3 dari 3 halaman

Kekhawatiran terhadap pernyataan Narita

Beberapa orang khawatir pandangan Narita mendapatkan daya tarik di negara di mana generasi yang lebih tua secara tradisional dihormati. Pada tahun 2013, Menteri Keuangan saat itu Taro Aso mengatakan para lansia harus “cepat mati” untuk menghemat biaya perawatan medis mereka.

Tahun lalu, sebuah film distopia oleh pembuat film Jepang Chie Hayakawa disebut "Rencana 75" yang berkisah tentang penjual menawarkan insentif kepada warga lanjut usia untuk melakukan eutanasia sendiri dan tidak lagi menjadi beban masyarakat.

Alexis Dudden, seorang sejarawan di University of Connecticut yang mempelajari Jepang modern, mengatakan kepada Times bahwa Narita "tidak berfokus pada strategi yang membantu seperti akses yang lebih baik ke penitipan anak atau penyertaan perempuan yang lebih luas dalam angkatan kerja atau penyertaan imigran yang lebih luas."

Dia menambahkan: "Hal-hal itu padahal mungkin benar-benar akan memberi segar pada masyarakat Jepang."

Beberapa survei di Jepang menunjukkan bahwa mayoritas penduduk mendukung legalisasi eutanasia sukarela, menurut surat kabar tersebut.

Tetapi Fumika Yamamoto, seorang profesor filsafat di Universitas Kota Tokyo, mencatat bahwa setiap negara yang telah melegalkannya hanya “mengizinkannya jika orang tersebut menginginkannya sendiri.”

Narita mengirim email ke Times bahwa “eutanasia (baik sukarela atau tidak) adalah masalah yang kompleks dan bernuansa. Saya tidak menganjurkan pengenalannya." Ia juga menambahkan, “Saya memperkirakan ini akan dibahas secara lebih luas.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.