Sukses

7 Kebiasaan Ini Bisa Buat Anda Lebih Cepat Menua

Berikut ini adalah deretan kebiasaan yang nyatanya bisa buat Anda lebih cepat terlihat tua.

Liputan6.com, Jakarta Kecuali anak-anak dan remaja, hampir semua orang ingin terlihat lebih muda. Namun, meskipun skincare mahal dan perawatan kosmetik pasti dapat mempercantik penampilan Anda, investasi yang paling dapat diterima adalah mengubah aktivitas sehari-hari Anda.

Ternyata rahasia terbesar anti-penuaan mungkin ada dalam kebiasaan Anda sehari-hari. Nah, berikut ini adalah deretan kebiasaan yang nyatanya bisa buat Anda lebih cepat terlihat tua. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya:

1. Anda menggunakan sedotan setiap hari

Sedotan tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga berbahaya bagi wajah kita. Para ilmuwan menunjukkan bagaimana penggunaan sedotan meningkatkan pembentukan garis-garis halus dan kerutan di sekitar bibir. Selain itu, berulang kali menggunakan otot yang sama dapat merusak kolagen dari waktu ke waktu, yang mungkin membuat Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Anda makan banyak makanan manis 

Menurut para peneliti, kue-kue panggang dan makanan manis lainnya seringkali mengandung gula dan lemak tambahan yang tinggi, berkontribusi terhadap penambahan berat badan dan kesehatan mulut yang buruk. Selain mempromosikan mikrobiota yang tidak sehat, gula bersifat pro-inflamasi. Atribut-atribut ini dapat mempercepat seseorang untuk menua, membuat Anda terlihat lelah, bengkak, dan keriput.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Anda tidak cukup tidur

Menurut penelitian ilmiah, tidur kurang dari 7 jam setiap malam dapat mengurangi umur Anda. Selain itu, itu akan membuat Anda terlihat dan merasa jauh lebih tua dari Anda.

Pertama, kurang tidur menghabiskan stamina mental dan fisik yang diperlukan untuk menyelesaikan hari-hari biasa sampai-sampai membuat kesuksesan pribadi dan profesional menjadi sangat menantang. Kedua, kurang tidur merugikan tubuh, terutama jantung dan otak. Ketiga, hormon pertumbuhan manusia juga dibuat selama tidur, menghasilkan tonus otot yang sehat.

4. Anda tidak memakai kacamata hitam

Meskipun cahaya di luar mungkin tidak terlalu terang, Anda harus selalu mengenakan kacamata hitam. Melindungi mata Anda dari sinar matahari membantu menjaga penglihatan. Selain itu, sering menyipitkan mata dalam cahaya yang intens mempercepat pembentukan garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan dahi.

Karena berjemur dapat memberikan cahaya yang tampak sehat, tanning menjadi sangat populer. Namun, paparan sinar matahari yang terlalu lama atau tanning bed dapat menyebabkan ketidakteraturan pigmentasi, terutama di sekitar mata.

3 dari 4 halaman

5. Anda tidak memberi diri Anda cukup waktu

Ini tampaknya tidak dapat dipahami oleh banyak dari kita, tetapi kenyataannya adalah tidak ada yang akan meluangkan waktu untuk Anda. Jadi itu adalah sesuatu yang harus Anda lakukan untuk diri Anda sendiri, dan ini merupakan tindakan anti-penuaan yang penting. Mulailah dengan mengembangkan rutinitas kecil waktu saya sehari-hari, seperti menulis catatan harian singkat sebelum tidur atau lari sore. Tindakan kecil self-love ini berkontribusi secara signifikan terhadap kepuasan diri dan kesehatan jangka panjang.

6. Anda mengabaikan kesehatan mental Anda

Penelitian menunjukkan bahwa depresi mempercepat kerusakan otak, yang pada gilirannya mempercepat proses penuaan. Jadi, jika Anda mengalami hari-hari yang suram selama lebih dari 2 minggu, Anda harus mencari bantuan profesional untuk kesehatan mental Anda. Kebahagiaan Anda dapat dipulihkan lebih cepat jika Anda menjalani terapi perilaku-kognitif.

4 dari 4 halaman

7. Anda tidak cukup berolahraga selama seminggu

Dengan sangat tulus Anda memutuskan untuk berolahraga lebih banyak. Namun, jadwal Anda sangat padat sehingga olahraga terhenti. Sayangnya, kurangnya aktivitas fisik adalah salah satu cara tercepat untuk menua tubuh. Jalan-jalan, pergi ke gym, atau berlatih yoga minimal 3 kali seminggu untuk meredakan ketegangan. Latihan yang sukses memang membutuhkan banyak usaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.