Sukses

Alasan Ilmiah Orang Bertubuh Tinggi Lebih Mungkin Meninggal Dini

Menurut sains, orang yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata berisiko menderita berbagai komplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda selalu lebih tinggi dari semua teman Anda? Jika demikian, Anda mungkin salah satu dari grup temanmu yang selalu harus mengeluarkan barang-barang dari rak paling atas.

Dan, menurut sains, Anda mungkin menjadi orang pertama di grup teman Anda yang lebih cepat meninggal. Terdengar menakutkan? Jangan panik.

Tidak semua orang tinggi meninggal lebih awal, tetapi ada banyak ilmu pengetahuan yang mendukung fakta bahwa mereka yang lebih tinggi dari biasanya terkadang mengalami komplikasi terkait tinggi badan yang pada akhirnya menyebabkan kematian mereka.

Dilansir dari Yourtango, Rabu (1/2/2023), di sinilah Gigantisme dan Akromegali muncul. Meski berbeda penyakit, keduanya bermula dari kelenjar hipofisis. Anak-anak yang mengalami Gigantisme memiliki kelenjar hipofisis yang menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan alami, menyebabkan tulang dan pelat pertumbuhan tumbuh, dan percepatan pertumbuhan yang tidak biasa.

Akromegali serupa, tetapi juga sangat jarang. Penyakit ini terjadi pada orang dewasa, dan meskipun ditandai dengan produksi hormon pertumbuhan yang terlalu banyak, penyakit ini tidak terkait dengan tinggi badan, karena pelat pertumbuhan melebur setelah pubertas.

Namun, dalam kedua kasus, kelenjar pituitari ditekan oleh tumor jinak, yang menyebabkan pelepasan hormon ekstra. André René Roussimoff atau yang lebih dikenal dengan nama Andre the Giant, adalah seorang pegulat dan aktor profesional Prancis dan terkenal karena ukuran tubuhnya yang besar. 

Mulai dari usia muda, ia mengalami Gigantisme dan seiring bertambahnya usia, ia juga mengalami Akromegali juga. Berdiri setinggi 7 kaki 4 inci, Andre the Giant meninggal pada usia 46 tahun karena tinggi badannya.

Meskipun akhirnya mengakibatkan kematian di usia muda, kedua penyakit ini sebenarnya dapat diobati melalui pembedahan yang mengangkat tumor jinak dari kelenjar hipofisis, obat yang menghentikan produksi hormon pertumbuhan, dan terapi radiasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berisiko mengalami komplikasi

Faktanya, dokter di University of Virginia Medical Center mampu menghentikan pria tertinggi di dunia, Sultan Kosen, untuk tumbuh dengan memberinya radiosurgery Gamma Knife.

Penyakit-penyakit ini bisa sulit untuk didiagnosa, yang menyebabkannya terlalu lama tidak diobati. Beberapa tanda seseorang terkena penyakit ini antara lain kaki dan tangan besar, bibir tebal, dan alis yang menonjol.

Jika terlalu lama tidak terdiagnosa, pasien dapat mengalami komplikasi seperti hipertensi, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian tentang kematian dini akibat akromegali, sekitar 60 persen pasien akromegali meninggal karena penyakit kardiovaskular, 25 persen karena penyebab pernapasan, dan 15 persen karena neoplasias atau tumor.

Menurut penelitian lain dari Karolinska Institutet dan The University of Stockholm, tinggi badan merupakan faktor risiko kanker yang sangat besar. Studi ini berfokus pada 5,5 juta orang di Swedia antara tahun 1938 dan 1991 dan menemukan bahwa untuk setiap 4 inci orang yang melebihi tinggi rata-rata, risiko kanker meningkat sebesar 18 persen untuk wanita dan 11 persen untuk pria.

3 dari 4 halaman

Jumlah sel dalam tubuh orang yang tinggi bertambah

Menjadi tinggi sebenarnya berarti jumlah sel dalam tubuh kita bertambah, yang membuat seseorang lebih mungkin terkena kanker. Ini juga berarti organ lebih besar, yang dapat menyebabkan komplikasi seperti masalah pernapasan, pembekuan darah, penyakit jantung, dan kematian mendadak.

Jika Anda selalu menyukai tinggi badanmu, tetapi sekarang Anda membencinya setelah membaca ini, jangan khawatir. Anda tidak dapat mengubah seberapa tinggimu, tetapi yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kesehatanmu dengan lebih baik.

Cintai tubuhmu, cintai tinggi badanmu, tetapi pastikan untuk mengingat komplikasinya. Sering-seringlah melakukan pemeriksaan dan banyak berolahraga.

4 dari 4 halaman

Studi: Tinggi Badan Dapat Memberi Tahu Jika Anda Berisiko Terkena Kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh Anda. Itu terjadi ketika sel-sel dalam tubuh tumbuh tak terkendali dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Menurut Cancer.Net, usia tua, riwayat kanker pribadi atau keluarga, penggunaan tembakau, konsumsi alkohol, dan paparan radiasi dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Namun, menurut laporan terbaru, tinggi badan kita juga dapat menentukan seberapa rentan kita terhadap kanker. 

Penelitiannya

Menurut World Cancer Research Fund International, tinggi badan Anda dapat menentukan risiko kanker. Tim peneliti melihat bukti global tentang hubungan antara diet, berat badan, aktivitas fisik, dan kanker.

Ditemukan bahwa semakin tinggi Anda, semakin berisiko Anda terkena kanker ovarium, prostat, pankreas, kolorektal, payudara, dan ginjal.

Rincian temuan studi

Studi tersebut menyimpulkan bahwa setiap tambahan lima sentimeter tinggi badan seseorang dapat membuat Anda berisiko terkena kanker tertentu bersama dengan kekhususannya, yakni:

Ginjal - 10 persen peningkatan risiko

Kanker payudara sebelum dan sesudah menopause - masing-masing sembilan dan 11 persen

Ovarium - delapan persen

Pankreas - tujuh persen

Kolorektal - lima persen

Prostat - empat persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.