Sukses

Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Pakaian Berdasarkan Jenis Bahannya

Penting untuk Anda mengetahui cara membersihkan noda pada pakaian sesuai dengan jenis bahannya.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua dari kalian tentu pernah mengalami hari yang sial dengan baju Anda terkena tinta yang bocor bukan? Kita semua tahu bahwa noda tinta yang tidak sedap dipandang itu sangat sulit dihilangkan. Apakah tintanya hitam, biru, atau merah, menghilangkan noda dari pakaian, furniture, linen, dan lainnya merupakan masalah yang umum. 

Sayangnya, tidak ada hanya satu cara yang bekerja untuk semua kain. Untuk menghilangkan noda, Anda perlu mengetahui jenis larutan apa yang cocok dengan kain dan teknik aplikasi apa yang akan menghilangkan noda tinta dari permukaan pakaian.  

Teknik menghilangkan noda terbaik bergantung pada bahannya, jadi penting untuk Anda mengetahui cara membersihkan noda tinta pada pakaian sesuai dengan jenis bahannya. Nah, berikut ini deretan ulasannya dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (26/1/2023).

Cara Menghilangkan Tinta dari Pakaian Kanvas atau Linen

Untuk menghilangkan noda tinta dari linen atau kanvas yang bisa dicuci, uji alkohol dengan menggosok pada tempat yang tidak mencolok untuk memastikannya itu tidak merusak kain. 

Kemudian tempatkan area bernoda menghadap toples atau gelas, pegang kain dengan kencang agar noda tinta tidak menyebar. Teteskan alkohol dan gosok melalui noda. Alkohol akan menarik tinta saat jatuh ke dalam toples atau gelas. Bilas bersih dan keringkan, lalu periksa apakah noda telah hilang sebelum dicuci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta dari Baju Berbahan Cotton

Semprotkan sedikit kain dengan semprotan rambut untuk melonggarkan noda tinta. Kemudian rendam selama 30 menit dalam larutan 1/2 sendok teh deterjen pencuci piring dan satu sendok makan cuka putih yang diencerkan dalam satu liter air hangat. Bilas dengan air dan biarkan mengering. Jika noda tetap ada, tekan dengan kain penyerap yang dibasahi alkohol. Ganti kain saat noda terangkat. Setelah noda hilang, lap dengan air, lalu lap kering.

 

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Jeans

Jaga kondisi jaket denim favorit Anda dengan proses sederhana ini untuk menghilangkan noda tinta dari jeans. Mulailah dengan segera menghapus kelebihan tinta dengan tisu atau kain. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok noda lebih jauh ke jeans Anda. Jika Anda terkena noda tinta pada jeans saat jauh dari rumah, bersihkan tinta kering dengan beberapa tetes air sebelum mengeringkannya. 

Dengan handuk kertas atau kain bersih yang diletakkan di bawah jeans Anda, oleskan alkohol gosok isopropil (beberapa tetes cukup) ke noda dan gosok perlahan dengan kapas atau sikat gigi berbulu lembut. Bilas noda tinta dengan air dingin sebelum mencuci jeans Anda. Gantung hingga kering setelah bersih.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Tinta dari Baju Berbahan Velvet

Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label pakaian sebelum mencoba menghilangkan noda tinta dari bahan velvet. Untuk mengatasi noda bolpoin pada kain velvet yang dapat dicuci, pertama-tama rendam barang tersebut selama 30 menit dalam larutan 1/2 sendok teh sabun cuci piring bening dan satu sendok makan cuka putih yang diencerkan dalam satu liter air hangat. Bilas dengan air, dan keringkan di udara. Jika noda tetap ada, olesi dengan alkohol gosok (tes pada tempat yang tidak mencolok terlebih dahulu). Bilas dengan air, dan cuci. Keringkan dan periksa untuk memastikan noda telah hilang sebelum dikeringkan sepenuhnya.  

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Tinta dari Spandex dan Lycra

Untuk menghilangkan tinta bolpoin dari spandex atau Lycra, uji perawatan pada sudut atau jahitan tersembunyi terlebih dahulu untuk memeriksa kerusakan warna. Kemudian renggangkan area bernoda di atas toples atau gelas. 

Teteskan alkohol gosok perlahan melalui noda, gunakan toples untuk menampung sisa tinta. Bilas dan keringkan kain, lalu cuci, menggunakan pemutih yang aman untuk warna. Keringkan dan pastikan noda tinta sudah hilang sebelum Anda mengeringkan sepenuhnya.

Cara Menghilangkan Noda Tinta untuk Kain Suede

Untuk menghilangkan noda bolpoin dari suede, uji di area yang tidak mencolok dengan setetes pelarut pembersih, lalu oleskan sedikit pada noda, selanjutnya cuci seperti biasa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.