Sukses

5 Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Anda bisa mencoba bahan alami yang bisa membantu folikel rambutmu menjadi sehat kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Kerontokan rambut sebagian besar terkait dengan pria, namun pada kenyataannya, lebih dari 55% wanita akan mengalami beberapa jenis kerontokan rambut dalam hidupnya.

Faktanya, sekitar 40% wanita akan mengalami rambut rontok permanen seumur hidupnya. Sementara genetika bisa memainkan peran besar dalam hal ini, di lain waktu, kebiasaan sehari-hari juga bisa membuat rambutmu rontok.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba bahan alami yang bisa membantu folikel rambutmu menjadi sehat kembali, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (25/1/2023).

1. Teh hijau

Dalam sebuah penelitian, peneliti menaruh ekstrak teh hijau pada kulit kepala peserta untuk melihat bagaimana hal itu akan membantu pertumbuhan kembali rambut.

Setelah 4 hari, terlihat bahwa aktivitas pertumbuhan rambut mereka meningkat pesat. Selain itu, teh hijau juga melindungi kulit kepala sekaligus memperbaiki folikel rambut.

Ini terutama berlaku bagi mereka yang menerimanya melalui suplemen, karena mereka akan melihat peningkatan aliran darah dan kadar oksigen.

2. Bawang bombay

Membayangkan baunya saja sudah tak tertahankan, tapi bawang terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini sangat efektif dalam tambalan alopecia areata, suatu kondisi di mana rambut seseorang rontok bercak di berbagai bagian tubuh.

Cara bawang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yakni dengan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala atau bagian tubuh lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan beberapa bawang bombay, meremas sarinya dan mengoleskannya ke kulit kepala selama 15 menit sebelum membilasnya dengan sampo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Masker kuning telur

Kuning telur mengandung belerang, yang sangat penting untuk rambut dan pertumbuhannya. Meskipun masih belum ada bukti bahwa kuning telur bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, tidak ada salahnya mencoba masker buata sendiri ini.

Yang perlu Anda lakukan yakni mencampur 2-3 kuning telur dengan 2-3 tetes perasan lemon. Lalu oleskan campuran itu dengan tangan ke kulit kepala.

Biarkan masker selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin atau hangat.

4. Gingseng

Gingseng memiliki banyak khasiat yang bermanfaat, termasuk memiliki efek positif pada pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut.

Cara mengonsumsi gingseng adalah dengan meminumnya dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan doktermu sebelum minum pil apa pun.

 

3 dari 3 halaman

5. Minyak biji labu

Dalam sebuah studi tahun 2014, para peneliti mengumpulkan pria yang memiliki riwayat alopecia atau pola kebotakan pria.

Mereka yang mengonsumsi 400 ml minyak biji labu selama 6 bulan mengalami peningkatan jumlah pertumbuhan rambut sebesar 40%. Sebaliknya, mereka yang menggunakan plasebo hanya mengalami peningkatan 10%.

Untuk mengaplikasikannya, Anda perlu menghangatkan sedikit minyak biji labu. Lalu oleskan di kulit kepalamu yang kering sambil memijatnya.

Kemudian diamkan minyak pada kulit kepalamu selama 20 menit. Setelah itu cuci rambutmu seperti biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.