Sukses

19 Makanan Ini Baik untuk Dikonsumsi Bila Anda Tengah Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal pada dasarnya tidak semudah yang kita pikirkan. Terlebih, bila Anda mengalami berat badan berlebih.

Butuh kerja keras dan keseimbangan antara istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, dan diet yang tepat. Sebab, makanan yang Anda makan dapat menentukan kandungan lemak tubuh Anda.

Berikut ini daftar makanan sehat yang bisa membakar lemak dan membantu Anda menurunkan berat badan. Apa saja? Dihimpun dari TimesofIndia, ini dia.

1. Kentang

Kentang tampaknya kehilangan popularitas karena beberapa alasan. Namun, mereka memiliki sejumlah kualitas yang menjadikannya makanan ideal untuk menurunkan berat badan dan kesehatan yang baik. Mereka mengandung berbagai nutrisi yang sangat luas. Jika Anda tengah menurunkan berat badan, ada baiknya mengganti asupan karbohidrat dari nasi ke kentang.

2. Daging tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak dan dada ayam adalah makanan yang tinggi protein. Bila Anda sedang berjuang dengan berat badan berlebih, lebih baik bila menambah asupan protein agar tidak mudah lapar. Tentunya, ini juga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

3. Sayuran cruciferous ​

Brokoli, kembang kol, kol, dan kubis Brussel adalah kelompok sayuran cruciferous. Mereka cenderung cukup mengenyangkan dan tinggi serat serta mengandung protein dalam jumlah yang baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

4. Salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya membuat Anda kenyang selama beberapa jam dengan hanya mengandung sedikit kalori. Salmon kaya akan protein berkualitas tinggi, lemak bermanfaat, dan beberapa elemen penting.

5. Biji chia

Salah satu makanan tersehat di dunia adalah biji chia. Meskipun mengandung banyak karbohidrat, makanan ini lebih banyak mengandung serat.

6. Cabai

Mengonsumsi cabai bisa bermanfaat saat mencoba menurunkan berat badan. Cabai memiliki kandungan capsaicin, yang telah dibuktikan dalam penelitian tertentu untuk mengurangi rasa lapar dan meningkatkan pembakaran lemak.

 

3 dari 6 halaman

7. Telur

Telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dimakan jika Anda perlu menurunkan berat badan, meskipun faktanya konsumsi yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL "jahat" pada beberapa orang. Mereka cukup mengenyangkan dan tinggi protein dan lemak.

8. Grapefruit

Anda mungkin bisa merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan jika Anda makan setengah buah ini 30 menit sebelum makan harian.

9. Sayuran berdaun hijau

Bathua, bayam, sawi adalah beberapa sayuran lain yang merupakan contoh sayuran hijau. Mereka ideal untuk diet penurunan berat badan karena sejumlah faktor, termasuk fakta bahwa mereka tinggi serat dan rendah kalori dan karbohidrat.

 

4 dari 6 halaman

10. Biji-bijian utuh

Meskipun beberapa jenis biji-bijian sereal akhir-akhir ini memiliki citra buruk, yang lain tidak diragukan lagi menyehatkan. Millet, quinoa, beras merah, dan gandum mengandung serat tinggi dan mengandung protein dalam jumlah yang layak.

11. Cuka Sari Apel ​

Dunia kesehatan alami sangat menyukai cuka sari apel. Ini sering dimasukkan dalam dressing dan vinaigrettes, dan beberapa orang bahkan meminumnya setelah mengencerkannya dengan air.

12. Keju Cottage ​

Kandungan protein seringkali tinggi pada produk susu. Salah satu yang terbaik adalah keju cottage, yang terutama mengandung protein dan hanya mengandung sedikit karbohidrat dan lemak per kalori.

13. Yoghurt ​

Bakteri probiotik hadir dalam beberapa varietas yoghurt, yang dapat membantu fungsi usus Anda lebih baik. Resistensi leptin, salah satu penyebab hormonal utama obesitas, dan peradangan dapat dicegah sampai batas tertentu dengan memiliki usus yang sehat.

 

5 dari 6 halaman

14. ​Alpukat​

Sementara sebagian besar buah mengandung karbohidrat tinggi, alpukat penuh dengan lemak baik. Mereka memiliki tingkat asam oleat tak jenuh tunggal yang sangat tinggi yang ditemukan dalam minyak zaitun.

15. Ikan tanpa lemak

Ikan tanpa lemak memiliki sedikit lemak. Saat memotong kalori dan lemak, tuna menjadi favorit di kalangan binaragawan dan atlet karena merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan konsumsi protein.

16. Kacang-kacangan

Kacang dapat menjadi camilan yang enak karena memberikan tingkat protein, serat, dan lemak baik yang proporsional. Konsumsi kacang telah dikaitkan dengan kesehatan metabolisme yang lebih baik dan bahkan penurunan berat badan.

 

 

6 dari 6 halaman

17. Minyak Kelapa

Asam lemak baik banyak terdapat pada minyak kelapa. Lemak ini telah terbukti meningkatkan rasa kenyang lebih efektif daripada lemak lain dan meningkatkan pengeluaran kalori.

18. Buah-buahan

Orang yang paling banyak mengonsumsi buah (dan sayuran) cenderung lebih sehat daripada mereka yang tidak, demikian menurut banyak penelitian populasi. Buah memang mengandung kualitas yang membantu menurunkan berat badan.

19. Legumes dan beans

Lentil, kacang hitam, kacang merah, dan kacang lainnya dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan ini biasanya memiliki kadar serat dan protein yang signifikan, dua nutrisi yang dikaitkan dengan rasa kenyang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS