Sukses

Bikin Badan Hangat, Ini 6 Makanan yang Baik Dimakan Sebelum Tidur

Berikut ini 6 makanan yang baik dimakan sebelum tidur

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca kerap kali tak dapat diprediksi. Kini, Anda tak bisa berpedoman pada bulan berakhiran '-ber' yang berarti musim hujan dan sebaliknya pada musim kemarau. Pada malam-malam tertentu, Anda bisa merasakan cuaca yang begitu dingin.

Amat penting untuk menjaga tubuh tetap hangat selama tidur. Ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Faktanya, para ahli telah menjelaskan bagaimana mengonsumsi makanan tertentu juga dapat membantu Anda mengatasi suhu dingin.

Pakar tidur Ashley Hainsworth dari Bed Kingdom telah mengungkapkan makanan yang secara alami dapat menghangatkan tubuh Anda dan menyebabkan tidur.

Dari kayu manis hingga wortel, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu Anda tetap hangat. Dihimpun dari Mirror, ini dia.

1. Kayu manis

Rempah-rempah yang populer ini sering ditemukan dalam produk roti dan bahkan kari, tetapi sifat termogeniknya juga dapat meningkatkan panas tubuh.

Ashley memberi tahu Express: "Memiliki taburan kayu manis dalam segelas susu di malam hari tidak hanya akan membuat Anda hangat, tetapi karena triptofan dalam susu yang menyebabkan rasa kantuk, Anda juga akan merasa lebih mudah untuk beristirahat."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Oats

Sementara oat sering dikaitkan dengan makanan sarapan, ahli tidur menjelaskan bahwa oat juga memberikan manfaat sebelum tidur.

Dia berkomentar: “Mereka lambat terurai dalam tubuh Anda karena mengandung dedak dan serat yang tinggi, dan pencernaan yang lambat ini melepaskan energi pemanasan."

Ditambah lagi, makanan ini juga mengandung melatonin untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Kacang-kacangan

“Makan kacang-kacangan sebelum tidur, seperti kacang tanah, almond, dan pistachio, dapat meningkatkan kecepatan metabolisme dan meningkatkan panas tubuh, sehingga menghangatkan tubuh untuk tidur,” katanya.

“Selain itu, kacang ini mengandung melatonin, hormon alami yang membantu mengontrol siklus tidur Anda dan karena itu membantu Anda menutup mata.”

 

3 dari 5 halaman

4. Pisang

Buah yang enak ini sering dikonsumsi untuk memberikan energi instan, tetapi ahli tidur telah mengungkapkan bagaimana buah ini juga membantu mengatur suhu.

Dia menjelaskan: “Dipenuhi dengan vitamin B dan magnesium, pisang membantu fungsi kelenjar tiroid dan adrenal Anda, sehingga mengatur suhu tubuh Anda dalam cuaca dingin."

Faktanya, kadar magnesium yang tinggi tidak hanya membuat Anda tetap hangat, tetapi juga membantu otot Anda untuk rileks dan menenangkan tubuh Anda untuk memastikan Anda tidur dengan mudah.

 

 

4 dari 5 halaman

5. Wortel

Banyak orang menikmati wortel sebagai bagian dari makan malam panggang mereka, tetapi sayuran ini juga dapat menghangatkan Anda “karena membutuhkan lebih banyak energi selama pencernaan”.

Pakar mengatakan: "Dan sementara beberapa sayuran mungkin bukan hal terbaik untuk dikonsumsi sebelum Anda mencoba untuk menutup mata, wortel adalah salah satu sayuran yang akan meningkatkan kualitas tidur karena mengandung nutrisi alfa-karoten serta potasium."

6. Jahe

Minum secangkir teh jahe telah menjadi pengobatan tradisional untuk mengatasi pilek, flu, dan batuk.

"Jahe adalah makanan luar biasa lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk menghangatkan Anda sebelum Anda terserang kantuk," kata Ashley.

“Dengan sifat vasodilatasi pada jahe, pembuluh darah Anda menjadi rileks yang berkontribusi pada peningkatan aliran darah yang membantu tubuh Anda memanas."

"Pilihlah teh jahe - dan jika Anda menderita hidung tersumbat karena cuaca, ini akan memudahkannya untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak."

 

5 dari 5 halaman

Makanan pendingin yang harus dihindari sebelum tidur

Ada beberapa makanan yang bisa membuat Anda tetap terjaga pada malam-malam dengan cuaca yang dingin, tetapi ada juga makanan lain yang justru sebaliknya.

"Saat Anda mencoba menghangatkan diri sebelum tidur, ada beberapa makanan tertentu yang harus Anda hindari," kata Ashley.

1. Buah dan sayur kaya air

"Buah dan sayur kaya air dikenal dapat mendinginkan tubuh, termasuk semangka, persik, jeruk, seledri, dan mentimun," jelasnya.

2. Buah berry

"Berry bersifat basa, artinya mereka menghasilkan energi dingin dan melepaskan kelebihan panas tubuh."

3. Makanan pedas

"Anehnya, makanan pedas membuat kita lebih sejuk dengan mengaktifkan reseptor saraf di lidah kita yang dapat mengenali panas, sehingga menyebabkan kita berkeringat dan mendinginkan kita."

4. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan kol

"Mereka mungkin sehat, tapi sebaiknya hindari ini sebelum tidur karena efek pendinginannya pada tubuh."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.