Sukses

4 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Anda Mabuk Perjalanan

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika mengalami mabuk perjalanan, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah orang yang mudah mabuk perjalanan, perjalanan darat bisa sangat melelahkan. Dan jika anak-anak Anda yang mengalami masalah, Anda akan menghabiskan sebagian besar perjalanan dengan bertanya-tanya apakah Anda benar-benar perlu menepi. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika mengalami mabuk perjalanan, berikut ulasannya dilansir Lifehacker, Sabtu (14/1/2023). 

Perhatikan kaca depan

Melihat keluar jendela mobil bisa membuat mabuk perjalanan semakin parah. Melihat ke luar kaca depan jauh lebih baik. Cara Anda merasakan diri Anda bergerak cocok dengan cara Anda melihat diri Anda bergerak. 

Itu sebabnya mabuk perjalanan seringkali lebih buruk dialami orang yang duduk di kursi belakang. Anak-anak tidak boleh duduk di depan sampai mereka berusia 13 tahun atau lebih, tetapi kadang-kadang Anda dapat melakukan pengaturan tempat duduk sedemikian rupa sehingga anak yang mabuk perjalanan mendapatkan pandangan terbaik ke jalan di depan. Jika itu tidak memungkinkan, hal terbaik berikutnya adalah membuat mereka menutup mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencari udara segar

Udara sejuk dapat membantu meredakan beberapa perasaan tak enak yang timbul karena mabuk perjalanan. Para ilmuwan tidak sepenuhnya mengerti mengapa, tetapi kita tahu bahwa ketika kita merasa mual, tubuh kita sebenarnya mencoba mendinginkan kita. 

Itu sebabnya terkadang kita merasa panas dan kita berkeringat. Angin sejuk yang diarahkan ke wajah Anda dapat membantu membuat Anda lebih nyaman, jadi ini bisa menjadi saat yang tepat untuk membuka jendela atau menggunakan AC.

3 dari 4 halaman

Alihkan perhatian Anda

Gejala mual bersifat fisik, tetapi dikendalikan oleh otak kita. Mendengarkan musik dapat membantu mengalihkan perhatian kita dari sensasi visual dan gerak yang bertentangan. Begitu juga bermain game tetapi bukan video game atau teka-teki silang yang harus Anda lihat. Sekarang adalah saat yang tepat untuk melihat ke luar kaca depan dan memulai permainan tebak-tebakan tidak peduli berapapun usia Anda.

4 dari 4 halaman

Rencanakan yang terburuk

Sakit di dalam mobil (atau, lebih buruk lagi, angkutan umum) tentu adalah sebuah penderitaan. Anda merasa menjijikkan, tetapi Anda juga mungkin tidak akan berhenti dalam waktu dekat, dan apa yang terjadi jika Anda muntah? Jika Anda tahu bahwa Anda (atau anak Anda) rentan terhadap mabuk perjalanan, pastikan untuk mengemas semacam tas atau wadah yang bisa membantu Anda saat muntah. Terkadang, hanya mengetahui bahwa itu sudah cukup untuk membuat Anda tidak membutuhkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.