Sukses

Patut Dicoba! Ternyata Ini Manfaat Berkuda Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Berkuda sudah menjadi salah satu olahraga yang sudah ditandingkan di level internasional.

Liputan6.com, Jakarta Jauh sebelum ada mobil, motor, dan kendaraan lainnya, kuda menjadi alat transportasi yang digunakan sebagian besar masyarakat. Seiring berkembangnya zaman, kuda tidak lagi dijadikan alat transportasi, namun sudah menjadi pilar penting dalam sebuah olahraga. 

Ya, berkuda sudah menjadi salah satu olahraga yang sudah ditandingkan di level internasional. Berkuda merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh dan mental.

Berkuda juga dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk orang yang melakukannya. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari "olahraga kelas atas" tersebut, seperti yang dijelaskan di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Olahraga ini dibutuhkan kerja sama semua bagian otot tubuh untuk menjaga agar badan tetap seimbang dan tidak terpental di pelana ketika berkuda.

Tak hanya itu, dengan berkuda, Anda juga dapat melatih bagian paha dan pinggul. Dengan melatih sekujur tubuh untuk bekerja sama, itu ditujukan untuk menjaga postur dan posisi agar tetap seimbang.

2. Menjaga Kesehatan Mental

Tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik belaka, berkuda juga dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan rasa cemas. Menunggang kuda juga dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri karena lebih merasa dihargai.

Menurut studi yang dilakukan oleh British Horse Society mengungkapkan dengan menunggang kuda, akan mengurangi depresi hingga 30 persen dan menurunkan demensia sebesar 30 persen.

3 dari 3 halaman

3. Tingkatkan Kecepatan Berpikir

Berkuda juga dapat memperkuat pikiran dan melatih seluruh tubuh dan otot untuk menyesuaikan gerakan saat berkuda. Kuda merupakan salah satu hewan alami yang gerakannya tak bisa ditebak. Dengan penyesuaian gerakan tersebut, mengajak Anda untuk berpikir jauh lebih cepat.

4. Melatih Fleksibilitas Otot

Karena menggunakan otot sekujur tubuh, berkuda dapat melatih otot Anda untuk lebih fleksibel. Bagaimana tidak? Saat berkuda, Anda harus memosisikan jongkok ketika menunggang dan duduk ketika ingin menyesuaikan dengan irama kuda berjalan. 

5. Membakar Kalori

Sama seperti olahraga lainnya, berkuda juga dapat membakar kalori tubuh. Olahraga berkuda dapat memberikan tingkat latihan latihan kardiovaskular yang baik.

Ketika berkuda selama 30 menit, Anda bisa membakar 600 kalori per perjalanan. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 35 persen.

5 manfaat dari berkuda dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh dan juga mental bukan? Untuk itu, tak ada salahnya Anda mencoba olahraga satu ini ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini