Sukses

Rekomendasi 4 Aplikasi Penerjemah Terbaik, Selain Google Translate

Beberapa nama aplikasi penerjemah ini banyak digunakan sebagai pilihan alternatif dari Google Translate.

Liputan6.com, Jakarta - Google Translate merupakan salah satu layanan terjemahan yang menjadi pilihan utama banyak orang ketika berurusan dengan bahasa asing yang tidak dimengerti artinya. Google Translate mendukung sejumlah besar bahasa dan secara umum cukup akurat untuk mengartikan bahasa-bahasa tertentu yang dipilih.

Akan tetapi, bukan berarti layanan ini menjadi satu-satunya layanan terbaik dalam hal menerjemahkan bahasa secara spesifik. Kita mungkin lebih baik menggunakan layanan yang berbeda untuk bahasa-bahasa tertentu atau mungkin adanya batasan biaya menjadi faktor dalam memilih aplikasi.

Jadi, walau aplikasi penerjemah dari Google ini umumnya sangat akurat, kita bisa menemukan layanan-layanan lain yang lebih akurat secara konteks dan idiom lokal untuk bahasa-bahasa tertentu. Misalnya untuk menerjemahkan bahasa Korea, bahasa Jepang, atau bahasa Mandarin dalam berbagai konteks.

Saat ini juga terdapat beberapa aplikasi penerjemah dengan layanan berbayar. Akan tetapi, kalau biaya yang kita miliki terbatas dan memerlukan akses API terjemahan, kita bisa memakai layanan penerjemah gratisan atau mencari paket langganan yang lebih murah. 

Kalau kamu mencoba aplikasi atau layanan penerjemah lainnya selain Google Translate, sejumlah layanan di bawah ini muungkin bisa dipertimbangkan. Berikut rinciannya:

1. Naver Papago

Papago Translate (Naver Papago)

Dikembangkan oleh search engine terkenal di Korea, Naver, Papago Translate termasuk sebagai aplikasi penerjemah baru dibandingkan dengan aplikasi pendahulunya.

Jumlah bahasa yang disediakan masih terbatas, tetapi Naver Papago benar-benar merupakan aplikasi kelas berat untuk Android, jika berkaitan dengan kasus penerjemahan bahasa Asia Timur. Misalnya bahasa Korea, Jepang, Mandarin (simplified/traditional), Vietnam, Thailand, Indonesia, dan banyak lagi.

Hal ini membuat Papago cocok digunakan saat kita ingin menerjemahkan bahasa-bahasa Asia. Terjemahan tersedia dalam bentuk teks dan suara, serta tersedia untuk penerjemahan offline dan juga memiliki kamus atau buku frasa.

Kita juga bisa melakukan percakapan menggunakan aplikasi ini, ketika dua orang bisa berbicara secara bersamaan dan aplikasi ini secara otomatis menerjemahkan bahasa masing-masing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Microsoft Translator

Aplikasi ini layaknya versi Microsoft dari Google Translate. Microsoft Translator mendukung banyak bahasa dan mampu berfungsi secara offline. Satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah kita bisa menerjemahkan percakapan dua arah hingga mencapai 100 orang sekaligus.

Aplikasi ini dilengkapi dengan buku frasa, dukungan pengucapan, dan opsi terjemahan alternatif. Aplikasi penerjemah ini gratis tanpa iklan dan cocok untuk aplikasi yang dibawa saat bepergian. Beberapa fitur utama yang dimiliki Microsoft Translator adalah sebagai berikut.

  • Menerjemahkan teks dari aplikasi lain
  • Menerjemahkan menggunakan kamera untuk foto atau tangkapan layar
  • Menerjemahkan percakapan lebih dari dua orang
  • Menerjemahkan lewat suara dan secara offline

 

3 dari 4 halaman

3. DeepL Translator

DeepL merupakan salah satu alternatif Google Translate terbaik untuk orang-orang yang membutuhkan akurasi, terutama dalam hal memahami konteks dan idiom lokal. Selain dalam bentuk teks, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan konten teks dalam format .docx dan .pptx.

Jadi, ketika kita lebih membutuhan keakuratan saat menerjemahkan bahasa, menggunakan DeepL bisa menjadi jalan utama yang bisa dipilih. Namun, kelemahan dari aplikasi penerjemah ini adalah pilihan bahasa yang terbatas.

Saat Google Translate mendukung lebih dari 100 bahasa yang berbeda, DeepL hanya mendukung sekitar 24 bahasa. Akan tetapi, hal ini kemungkinan bisa terus bertambah seiring perbaruan dari aplikasi ini.

Secara keseluruhan, DeepL bisa menjadi alternatif yang bagus selain Google Translate karena keakuratannya. Hanya saja tidak banyak pilihan bahasa yang mereka sediakan, juga memiliki paket berbayar.

 

4 dari 4 halaman

4. SayHi Translate

SayHi Translate mampu menerjemahkan suara ke dalam 90 bahasa dan dialek. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk merekam suara dan menyesuaikannya dengan kecepatan terjemahan. Kita juga bisa memilih model suara yang akan menanggapi, yaitu dengan suara pria atau wanita.

Di samping menggunakan suara, kita juga bisa mengetikkan kata-kata yang ingin diterjemahkan dalam SayHi Translate ketika situasi di sekitar terlalu berisik. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi penerjemah gratis terbaik untuk smartphone yang tersedia dan layak untuk dicoba.

Kita bisa mengunduh SayHi Translate lewat Google Play Store dan App Store. Selain mendukung lebih dari 90 bahasa dan dialek, ada beberapa fitur utama dari aplikasi penerjemah ini, di antaranya sebagai berikut.

  • Fitur ketuk untuk mengubah bahasa
  • Fitur kontrol kecepatan percakapan
  • Fitur antarmuka modern dan user-friendly
  • Aplikasi gratis tanpa iklan dalam aplikasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.