Sukses

5 Restoran Fast Food Terbesar di Dunia, Mana Favorit Kamu?

Deretan 5 restoran fast food terbesar di dunia, kamu paling suka yang mana?

Liputan6.com, Jakarta - Saat kamu mendengar kata makanan cepat saji, biasanya kamu langsung tergambar dengan sajian berupa ayam goreng, hamburger, hingga spaghetti. Restoran fast food digemari banyak orang karena disajikan dengan cepat, harga terjangkau, dan rasanya enak. 

Banyaknya peminat terhadap makanan cepat saji membuat berbagai merek merilis gerai masing-masing. Bisnis makanan cepat saji pun begitu menjanjikan dengan omzet miliaran dolar. 

Popularitas merek makanan cepat saji di satu daerah pun dengan cepat terdengar di berbagai tempat lain. Hal ini membuat pengusaha makanan cepat saji melakukan ekspansi di seluruh dunia. Menilik kehadirannya di berbagai belahan dunia, berikut adalah 5 restoran cepat saji yang terbesar di unia, sebagaimana dilansir All Top Everything, Selasa (20/12/2022). 

1. Mcdonald's

Salah satu restoran cepat saji yang paling terkenal di dunia adalah Mcdonalds. McDonald's dapat dilihat sebagai kekuatan utama yang membentuk budaya makanan cepat saji di seluruh dunia.

McDonald's pertama dibuka pada tahun 1940 oleh kakak beradik asal Amerika, Maurice dan Richard McDonalds di San Bernardino, California (AS).

Pada tahun 1948, pengusaha Ray Kroc bergabung dengan perusahaan dan di bawah bimbingannya, McDonald's berevolusi dari rantai hamburger lokal California menjadi merek mega makanan cepat saji global yang inovatif.

McDonald's akhirnya berekspansi ke hampir setiap sudut dunia dan menjadi simbol globalisasi itu sendiri. Saat ini, McDonald's Corporation memiliki sekitar 38.700 waralaba di seluruh dunia. Perusahaan ini sekarang berkantor pusat di Chicago, Illinois.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Subway

Subway adalah toko sandwich yang didirikan pada tahun 1965 di Bridgeport, Connecticut (AS) oleh teman Fred DeLuca dan Peter Buck. Nama asli restoran ini adalah "Pete's Super Submarines", tetapi diubah namanya menjadi Subway pada tahun 1968.

Toko roti lapis ini dengan cepat berkembang di seluruh Eastcoast AS dan pada akhir tahun 1970-an, Subway juga tiba di Westcoast AS. Popularitas gelar sandwich cepat saji ini membuat sang pemilik mendirikan waralaba di seluruh Amerika Serikat. Selanjutnya pada 1996, Subway berekspansi ke Kanada dan ke luar Amerika Utara. 

Saat ini, Subway memiliki sekitar 36.800 lokasi di seluruh dunia. Hebatnya, merek multi-miliar ini, yang berkantor pusat di Milford, Connecticut, masih merupakan bisnis milik keluarga. Sepenuhnya dimiliki oleh keluarga DeLuca.

 

 

3 dari 5 halaman

3. KFC

Restoran cepat saji terbesar keempat di dunia ini termasuk restoran tertua yang masih aktif di dunia. KFC adalah singkatan dari Kentucky Fried Chicken.

KFC dibuka pada tahun 1930 oleh Harland Sanders dari Amerika di Kentucky, tepatnya di sebuah kota kecil bernama North Corbin, Kentucky. Sanders adalah mantan tentara di angkatan darat AS. Meskipun dia bukan seorang kolonel, "Kolonel Sanders" menjadi nama panggilannya yang kemudian dikenal di seluruh dunia.

KFC mungkin satu-satunya merek global yang menggambarkan pendirinya dalam logonya. Memang, Sanders sendiri menjadi duta besar yang paling berharga dan terbaik dari jaringan toko ayamnya.

Sanders meninggal pada tahun 1980, tetapi merek KFC tetap hidup dan berkembang dengan baik di luar Kentucky dan Amerika Serikat. Saat ini, KFC dimiliki oleh perusahaan makanan cepat saji Kentucky 'Yum! Brands' dan berkantor pusat di Louisville, Kentucky. Sekarang ada sekitar 24.100 lokasi KFC di seluruh dunia.

4 dari 5 halaman

4. Pizza Hut

Pizza Hut menduduki peringkat ke-5 dalam makanan cepat saji terbesar kelima berdasarkan jumlah lokasi di dunia. Pizza Hut didirikan pada tahun 1958 oleh kakak beradik Amerika, Dan dan Frank Darney di Wichita, Kansas, AS.

Pizza Hut berhasil dengan cepat berkembang di seluruh Amerika Serikat. Pada tahun 1977, Darney bersaudara menjual waralaba ke PepsiCo, yang memperluas Pizza Hut ke pasar global.

Saat ini, ada sekitar 18.700 tempat waralaba Pizza Hut di seluruh dunia, menjadikan Pizza Hut sebagai satu-satunya pembuat dan penjual pizza terbesar di planet ini.

Perusahaan dan rantai makanan cepat saji ini sekarang berbasis di Plano, Texas. Seperti KFC, perusahaan ini juga merupakan anak perusahaan dari 'Yum! Brands', yang memisahkan diri dari PepsiCo pada tahun 1997.

5 dari 5 halaman

5. Burger King

Burger King menduduki sebagai peringkat ke-5 dalam waralaba restoran cepat saji di seluruh dunia. Pertama kali didirikan di tahun 1 Desember 1954 di Miami, Florida, Amerika Serikat. 

Mengutip laman resmi Burger King, setiap hari, setidaknya lebih dari 11 juta tamu mengunjungi restoran Burger King di seluruh dunia. Restoran cepat saji ini terkenal karena menyajikan makanan berkualitas tinggi, bercita rasa lezat, dan terjangkau.

Ada pun Burger King merupakan jaringan hamburger makanan cepat saji terbesar kedua di dunia. Sebagai rumah asli Whopper, Burger King memiliki komitmen untuk terus memberikan pengamalam ramah keluarga selama lebih dari 50 tahun. Kini, Burger King telah mengoperasikan total 19.247 restoran di seluruh dunia pada tahun 2021. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.