Sukses

Profil Singkat Al Hilm, Bola Khusus Semifinal dan Final Piala Dunia Qatar 2022

Al Hilm bola khusus semifinal dan final Piala Dunia Qatar 2022 memiliki arti The Dream atau Mimpi.

Liputan6.com, Doha - FIFA pada Minggu, 11 Desember 2022, memperkenalkan bola resmi yang akan digunakan di semifinal dan final Piala Dunia Qatar 2022.

Bola yang akan digunakan di empat pertandingan tersisa tersebut dinamakan Al Hilm dan diproduksi secara resmi oleh Adidas. Al Hilm akan menggantikan bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar sebelumnya, Al Rihla.

Seperti diketahui bahwa kompetisi Piala Dunia Qatar 2022 sudah hampir sampai pada bab terakhir. Setelah gugurnya Brasil, Belanda, Portugal, dan Inggris, kini hanya tersisa Kroasia, Argentina, Maroko, dan Prancis.

Keempat negara tersebut nantinya akan bersaing pada babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa pun yang menang akan maju ke babak final untuk membawa pulang piala empat tahunan sekali tersebut.

Dilansir situs resmi FIFA, Al Hilm memiliki arti The Dream atau Mimpi. Al Hilm yang berwarna dasar emas ini mengambil inspirasi dari 'padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi kota Doha' dan 'warna piala Piala Dunia FIFA'.

Sedangkan untuk pola segitiga berwarna merah maroon yang menghiasi bola, merujuk pada bendera Qatar, tuan rumah Piala Dunia saat ini.

"Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh hasrat mereka terhadap permainan ini," kata Manajer Umum – Sepak Bola, Adidas, Nick Craggs.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi

Bola Al Hilm dirancang dengan memperhatikan kesehatan lingkungan. Semua komponen telah dipertimbangkan dengan cermat dan dibuat hanya menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Seperti Al Rihla, untuk mendorong ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat selama di lapangan, Al Hilm juga menggunakan teknologi 'Connected Ball'.

Ini adalah teknologi sama yang mengklarifikasi gol kedua Portugal saat melawan Uruguay di babak Grup H pada 28 November 2022, mengenai kontroversi apa Cristiano Ronaldo melakukan sentuhan terhadap bola atau tidak.

 

3 dari 4 halaman

Debut Semifinal

Al Hilm akan melakukan debutnya di pertandingan Kroasia vs Argentina yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Lusail Iconic Stadium pada Rabu 14 Desember pukul 02.00 WIB. Pertemuan kedua tim ini akan menjadi pertandingan besar yang sangat ditunggu.

Sebagai catatan, Kroasia berhasil melaju sampai babak ini setelah keluar di posisi kedua dari Grup F yang berisikan Belgia, Kanada, dan Maroko, mengalahkan Jepang di babak 16 besar, dan Brasil di babak 8 besar.

Terakhir Kroasia berhasil maju ke babak final pada Piala Dunia 2018 Rusia, tapi kalah di hadapan Prancis.

Untuk Argentina, Lionel Messi cs telah melalui rintangan Grup C yang berisikan Meksiko, Arab Saudi, dan Polandia. Lalu mengalahkan Australia di babak 16 besar dan Belanda di babak 8 besar.

Argentina terakhir maju ke babak final di Piala Dunia 2014 Brasil. Saat itu mimpi Argentina dihentikan Jerman.

 

 

4 dari 4 halaman

Semifinal Lain

Semifinal lainnya adalah pertemuan kuda hitam Piala Dunia kali ini, Maroko, melawan sang juara bertahan, Prancis. Pertandingan ini dijadwalkan akan diselenggarakan di Al Bayt Stadium pada Kamis 15 Desember pukul 02.00 WIB.

Maroko bernasib sama seperti lawannya di Grup F, Kroasia, dengan berhasil maju ke babak semifinal. Sebelumnya mereka telah mengalahkan Spanyol di babak 16 besar dan Portugal di babak 8 besar.

Perlu diketahui bahwa Maroko menjadi negara Afrika pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia. 

Untuk Prancis, mereka lolos ke babak penyisihan setelah menjuarai Grup D yang berisikan Tunisia, Denmark, dan Australia.

Di babak 16 besar Prancis mengalahkan Polandia dan kemudian di babak 8 besar mengalahkan raksasa Eropa lainnya, Inggris. Mbappe dan kawan-kawan sangat ingin mempertahankan title juara dunia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.