Sukses

Catat! Ini 6 Manfaat Penting Yoghurt bagi Wanita

Liputan6.com, Jakarta - Siapa nih wanita pecinta yoghurt? Tahukah Anda selain rasanya yang enak, ternyata yoghurt memiliki banyak manfaat bagi wanita loh..

Yoghurt kaya akan protein, kalsium, potasium, fosfor, magnesium, seng, dan vitamin B-12, menjadikannya makanan padat nutrisi. 

Melansir laman marham.pk, Jumat (9/12/2022), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 di Nutrition Research, wanita yang mengonsumsi yoghurt secara teratur memiliki kualitas diet secara keseluruhan yang lebih baik daripada mereka yang tidak. 

Hal yang sama juga terdapat pada laman National Library of Medicine, bahwa yoghurt kaya akan kalsium, seng, vitamin B, dan probiotik.

Kandungan tesebut merupakan sumber protein yang baik serta itu dapat dilengkapi dengan vitamin D dan probiotik tambahan yang mempengaruhi hasil kesehatan yang positif.

Pasalnya wanita yang rutin mengonsumsi yoghurt menuai sejumlah manfaat, baik secara seksual maupun medis.

Kandungan tersebut juga tidak lepas dari bakteri baik dalam yogurt. Seperti diketahui, yogurt merupakan olahan susu melalui fermentasi.

Melansir foodunfolded, fermentasi adalah proses alami yang digunakan mikroorganisme tertentu untuk mendapatkan energi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Terdapat dua bakteri yang digunakan dalam produksi yoghurt yaitu Lactobacillus delbruekii sp. bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Keduanya saling membantu pertumbuhan hingga mencapai keseimbangan yang stabil. Sehingga mengubah laktosa yang secara alami ada dalam susu menjadi asam laktat, menciptakan yoghurt.

Berikut 6 manfaat yoghurt bagi wanita yang perlu kamu ketahui:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Kebersihan Vagina

Yoghurt membantu menjaga vagina kamu tetap bersih bila dikonsumsi dalam jumlah yang teratur setiap harinya. 

Saluran vagina menampung ribuan mikroorganisme bermanfaat yang melawan patogen berbahaya memasuki tubuh kamu melalui vagina.

Apa yang dilakukan yoghurt adalah meningkatkan jumlah bakteri sehat di saluran vagina dan meningkatkan kebugaran vagina dengan menormalkan atau menyeimbangkan PH sekresi vagina. 

 

 

3 dari 7 halaman

2. Mengurangi Risiko Penyakit Vagina

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013 menyatakan bahwa konsumsi yoghurt secara teratur membantu mengurangi risiko menderita infeksi vagina dibandingkan wanita yang tidak.

Beberapa yoghurt mengandung bakteri yang membantu memulihkan bakteri normal di vagina, yang mengobati infeksi vagina.

Wanita yang rutin mengonsumsi yoghurt memiliki daya tahan lebih tinggi terhadap penyakit vagina.

 

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Yoghurt kaya akan probiotik, kalsium, dan vitamin D yang membantu mempercepat proses ovulasi pada wanita.

Juga, yoghurt kaya akan protein yang membantu meningkatkan peluang kamu untuk hamil, sehingga membuat kamu memiliki siklus ovulasi yang lebih tepat.

 

5 dari 7 halaman

4. Baik untuk Wanita Hamil

Produk susu, seperti yoghurt, adalah pilihan yang cocok untuk wanita hamil. Yoghurt dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan protein dan kalsium yang meningkat, yang terjadi selama kehamilan.

Yoghurt adalah sumber folat, serat, seng, fosfor, vitamin B, dan kultur probiotik yang luar biasa. Folat adalah nutrisi yang sangat penting selama kehamilan.

 

6 dari 7 halaman

5. Mengurangi Risiko Kekurangan Vitamin

Yoghurt adalah minuman padat nutrisi yang mengandung kalium, seng, kalsium, magnesium, dan vitamin B-12 dan B-2 tingkat tinggi yang menempatkan wanita pada risiko lebih rendah menderita kekurangan vitamin.

Yoghurt sangat kaya protein, yang kemungkinan akan memenuhi kebutuhan protein harian kamu

 

7 dari 7 halaman

6. Membantu Menjaga Berat Badan

Yoghurt kaya akan protein yang membantu wanita memiliki kontrol yang lebih baik atas konsumsi kalori mereka dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Yoghurt adalah makanan yang mengenyangkan, bergizi tinggi, dan kaya protein, yang berarti dapat membantu mendukung berat badan yang sehat.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa konsumsi yogurt dikaitkan dengan lemak tubuh yang lebih rendah, kenaikan berat badan yang lebih sedikit, dan lingkar pinggang yang lebih kecil.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS