Sukses

Sinopsis dan Fakta Menarik Film Pinocchio yang Rilis di Netflix Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Jumat (9/12/2022), film terbaru mengenai adaptasi cerita anak-anak terkenal Pinokio akan dirilis di layanan media streaming Netflix. Film Pinokio terbaru ini berjudul Guillermo del Toro's Pinocchio (2022).

Sama seperti adaptasi cerita Pinokio sebelum-sebelumnya, Guillermo del Toro's Pinocchio (2022) atau yang bisa disebut Pinocchio saja juga berfokus kepada kehidupan bocah kayu dan hubungannya dengan sang ayah, Geppetto.

Film berdurasi sekitar 114 menit ini bermula saat Gepetto, sang master pembuat ukiran kayu, kehilangan anaknya. Karena tidak sanggup menghadapi kehilangan buah hatinya itu, Geppetto menebang pohon pinus dan berencana membuat anak laki-laki baru dari pohon itu. Tidak disangka, keinginannya itu terwujud.

Bagi yang penasaran bagaimana akhir cerita adaptasi terbaru tentang bocah kayu tersebut, kalian dapat langsung menyaksikan film Pinocchio (2022) tersebut. Namun, bagi yang masih ragu, berikut beberapa fakta unik film Pinocchio yang dapat membuat kalian tertarik menonton.

1. Film Stop Motion

Salah satu niai jual dari film Pinocchio (2022) ini adalah jenis animasi yang dipilih. Berbeda dengan fim-film tentang Pinokio sebelumnya, Pinocchio (2022) akan full animasi stop motion.

Dilansir situs Nashville Film Institute, Jumat (9/12/2022), stop motion adalah teknik pembuatan film animasi di mana sebuah objek yang menjadi fokus kamera akan dipindahkan sedikit demi sedikit mengikuti rangkaian pose yang telah ditentukan. Saat setiap pose tersebut difoto dan hasil fotonya disatukan serta diputar cepat, akan terbentuk film stop motion.

Beberapa animasi stop motion terkenal antara lain serial Shaun The Sheep (2007-sekarang), The Nightmare Before Christmas (1993), dan Chicken Run (2000).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Dua Sutradara

Sesuai judulnya, Pinocchio (2022) merupakan garapan sutradara Meksiko terkenal Guillermo del Toro. Beberapa karya terkenal Guillermo del Toro antara lain duologi Hellboy (2004, 2008), Pacific Rim (2013), dan The Shape of Water (2017) yang berhasil memenangkan nominasi Best Picture di Academy Oscar 2018.

Dalam menghadirkan animasi stop motion yang berkelas, Pinocchio (2022) tidak hanya digarap Guillermo del Toro tapi juga Mark Gustafson. Perlu diketahui Mark Gustafson sebelumnya sudah sering terlibat dengan proyek animasi stop motion, misalnya yang paling terkenal adalah serial The PJs (1999-2001) yang dibuat oleh Eddie Murphy.

3 dari 5 halaman

3. Projek Impian

Guilermo Del Toro sendiri mengaku bahwa cerita Pinokio sudah sangat terlibat dalam kehidupan karier film-nya. Guilermo Del Toro sendiri memang dikenal sebagai sutradara film khusus cerita fantasi dongeng.

"Tidak ada bentuk seni yang memengaruhi hidup dan karya saya lebih dari animasi dan tidak ada karakter tunggal dalam sejarah yang memiliki hubungan pribadi yang mendalam dengan saya seperti Pinokio," ucap Guilermo Del Toro seperti dilansir dari Arthive.

Maka dari itu, Guilermo Del Toro berusaha mati-matian untuk mengangkkat kisah Pinokio ini. Perlu diketahui bahwa awalnya film ini dijadwalkan akan dirilis pada 2013 atau 2014, tetapi karena tidak ada perkembangan apa-apa film pun berhenti dikembangkan. Barulah pada 2018 lalu saat Netflix terlibat film Pinokio versi Guilermo Del Toro ini kembali dikembangkan. 

4 dari 5 halaman

4. Banyak Bintang Besar

Pinocchio (2022) melibatkan banyak bintang besar. Misalnya David Bradley yang muncul dalam seri Harry Potter (2001-2011) dan Game of Thrones (2011-2019) sebagai pengisi suara ayah Pinokio, Gepetto.

Lalu ada juga Ewan McGregor sebagai pengisi suara Sebastian J. Cricket, kriket tua yang bertugas sebagai narator cerita. Tentunya kita paling kenal Ewan McGregor dalam film trilogi prekuel Star Wars (1999, 2002, 2005).

Selain David Bradley dan Ewan McGregor, Pinocchio (2022) juga menggandeng Christoph Waltz (Inglourious BasterdsDjango Unchained), Tilda Swinton (trilogi The Chronicles of NarniaDoctor Strange), Ron Perlman (Hellboy), Finn Wolfhard (Stranger Things, It), dan Cate Blanchett (trilogi Lord of the RingsThor: Ragnarok).

5 dari 5 halaman

5. Ada Banyak Kisah Pinokio Lainnya

Pinocchio (2022) keluaran Netflix ini bukan satu-satunya kisah Pinokio yang dirilis tahun ini.

Sebelumnya sudah ada Pinocchio versi live-action keluaran Disney+. Film ini digarap oleh Robert Zemeckis dan dibintangi oleh Tom Hanks, Joseph Gordon-Levitt, dan Luke Evans.

Lalu ada juga Pinocchio: A True Story. Film animasi 3D ini keluaran Rusia dan digarap oleh Vasiliy Rovenskiy. Bercerita mengenai Pinokio muda yang melarikan diri dari pencipta jeniusnya Jepetto dan bergabung dengan sirkus keliling.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS