Sukses

8 Fakta Menarik Tentang Kucing Persia

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu kucing Persia yang memiliki mata cemerlang, bulunya yang lebat, sifat yang ramah, dan sikap elegan hampir seperti bangsawan. Tak heran jika kucing Persia menjadi salah satu ras kucing paling populer saat ini.

Meskipun si kucing pemilik bulu halus ini membutuhkan perawatan setiap hari yang dapat berakibat menguras isi dompetmu, tapi mereka adalah salah satu hewan peliharaan terbaik, yang mampu menjalin pertemanan istimewa seumur hidup.

Melansir laman All about cats, Rabu (7/12/22) berikut beberapa fakta menarik kucing Persia, di antaranya:

1. Kucing Persia memiliki asal usul yang misterius

Kucing Persia pertama kali diimpor ke Eropa dari Persia pada awal 1600-an. Memiliki bulu yang lebat dan panjang sehingga tampak cantik, dengan penampilan eksotis itu membuat mereka dihargai dan diberi nama sesuai dengan tanah air mereka.

Namun, asal usul mereka yang sebenarnya tidak jelas, dan tidak ada yang tahu sudah berapa lama mereka ada.

2. Ratu Victoria punya kucing Persia

Ratu Victoria adalah seorang fanatik binatang yang menyukai kucing Persia. Dia memiliki banyak kucing Persia, sebab keanggunan dan kemuliaan kucing itu.

3. Kucing Persia ada di pertunjukan kucing pertama di dunia

Diketahui kucing Persia dipamerkan dalam pertunjukan kucing pertama di dunia pada tahun 1871 di Crystal Palace di London.

Ada sebanyak kurang lebih 20.000 orang berbondong-bondong ke pertunjukan untuk menyaksikan seekor anak kucing Persia yang memenangkan penghargaan "Best in Show".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. Kucing Persia merupakan salah satu kucing ras pertama

Kucing Persia dianggap sebagai salah satu ras keturunan paling awal,tiba di Amerika Serikat sekitar tahun 1875.

Pada tahun 1906, Asosiasi Pemelihara Kucing dibentuk di Amerika, dan seekor Persia adalah salah satu kucing pertama yang terdaftar. Persia adalah trah (sekelompok individu yang memiliki hubungan) keturunan paling populer di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

5. Lukisan Kucing Terbesar di Dunia Menampilkan Kucing Persia

Lukisan unik yang berjudul "My Wife's Lovers", yang menampilkan 42 kucing Persia. Dan diketahui lukisan tersebut membutuhkan waktu tiga tahun untuk diselesaikan. Dimensinya 6′ x 8,5,’ dan beratnya 227 pon (102,965 gram), sehingga disebut-sebut sebagai lukisan kucing terbesar di dunia. Dan dijual seharga $ 826.000 atau setara dengan saat ini 12,9 milyar rupiah.

3 dari 4 halaman

6. Perawatannya mahal

Terkenal dengan bulunya yang panjang dan tebal, kucing Persia adalah ras yang memiliki pemeliharaan atau perawatan tinggi, dengan penyisiran dan pencabutan bulu yang diperlukan setiap hari.

Sebab jika tidak, kamu akan melihat kekacauan dengan bulunya yang kusut dan menjadi rontok di tanganmu. 

7. Kucing Persia bukan hewan peliharaan terbaik untuk anak kecil

Kucing persia adalah makhluk yang tenang dan lembut yang tidak menyukai suara keras dan gangguan terus-menerus. Mereka sangat menyayangi pemiliknya. Tetapi sifat mereka yang tenang dan pendiam membuat mereka akan lebih ideal atau cocok untuk rumah yang lebih tenang tanpa anak kecil. 

 

4 dari 4 halaman

8. Kucing Persia Adalah Lapcat Sempurna

Diketahui Persia sangat malas, sehingga sangat cocok jika mereka disebut kucing pangkuan yang sempurna.

Mereka sering dijuluki "furnitur berbulu" karena sifatnya yang tenang, mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam di tempat yang sama tanpa gentar.

Mereka termasuk kucing yang amat menyenangkan untuk berada di sekitar. Sebab, meskipun mereka juga sama dengan kucing lain menyukai interaksi dan waktu bermain, tetapi hebatnya Persia tidak akan mencakar furnitur atau bahkan memiliki rasa penasaran yang membuat dia mengkacaukan isi rumah.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS