Sukses

Deretan Pesepak Bola dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia FIFA merupakan pertandingan puncak dari olahraga sepak bola. Hal ini membuat banyak pemain sepak bola dengan kemampuan dan bakatnya dalam olahraga itu turun untuk berpartisipasi acara tersebut.

Kehebatan para pemain dalam bermain sepak bola sering kali diukur dari hasil kinerja yang tinggi serta konsisten dalam jangka waktu yang lama. Catatan penampilan mereka dalam turnamen besar biasanya akan dijajarkan dengan para pemain dan negara yang paling sering memenangkan pertandingan.

Hal ini membuat nama Lothar Matthaus menjadi tidak asing untuk didengar berada di puncak daftar pesepak bola yang paling sering bertanding dalam pertandingan Piala Dunia.

Melansir situs Olympics (03/12/2022), Lothar Matthaus telah membuat 25 penampilan pertandingan, satu di depan sesama pemain Jerman, Miroslav Klose. Miroslav Klose pun memuncaki daftar lain sebagai pencetak gol sepanjang masa di edisi 21 Piala Dunia FIFA yang diadakan sejauh ini, dengan total 16 gol.

Daftar pesepak bola yang paling sering bertanding di Piala Dunia disambung dengan nama Diego Maradona. Diego merupakan pemegang trofi yang telah melakukan sebanyak 21 penampilan dalam pertandingan sepak bola. Namun, pencapaiannya ini telah disusul oleh Lionel Messi, rekan satu negaranya yang kini sedang bermain di Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kini, Lionel Messi diprediksi mampu mencuri predikat pesepak bola dengan penampilan terbanyak. Sejauh ini, pemain timnas Argentina ini telah memiliki catatan sebanyak 21 penampilan.

Hal ini bisa berubah menjadi 26 penampilan jika Messi bermain di tiga pertandingan grup, ditambah empat pertandingan fase gugur yang akan diikuti negaranya jika mereka berhasil mencapai final atau masuk ke babak posisi ketiga atau keempat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lothar Matthaus dan Miroslav Klose dari Timnas Jerman

Berdasarkan tabel dari situs Olympics (03/12/2022), tercatat beberapa nama pemain sepak bola yang paling sering muncul dan bermain dalam pertandingan Piala Dunia. Hitungan ini pun terhitung sampai pertandingan Piala Dunia 2022 yang masih berlangsung saat ini. Berikut ini lima nama pemain sepak bola yang paling sering tampil di ajang Piala Dunia:

1. Lothar Matthaus (Jerman) - 25 penampilan

2. Miroslav Klose (Jerman) - 24 penampilan

3. Paolo Maldini (Italia) - 23 penampilan

4. Lionel Messi (Argentina) - 21 penampilan dan masih bisa bertambah

5. Diego Maradona (Argentina) - 21 penampilan

Posisi pertama diduduki oleh Lothar Matthaus, pemain dari timnas Jerman. Matthaus telah menjadi kapten Jerman Barat dalam meraih gelar Piala Dunia 1990 di Italia, setelah kalah pada final Piala Dunia tahun 1982 dan 1986.

Dirinya juga mengambil bagian di ajang tahun 1994 dan 1998, membuatnya menjadi pemain urutan kedua yang bermain di lima turnamen Piala Dunia FIFA yang berbeda setelah Antonio Carbajal dari timnas Meksiko. Matthaus merupakan pemain yang paling banyak bermain untuk negaranya sepanjang masa, dengan jumlah 150 kali penampilan.

Selanjutnya ada Miroslav Klose. Pemain dengan posisi striker ini mencetak rekor gol terbanyak di Piala Dunia FIFA dalam sejarah, usai menghasilkan 15 gol dalam 24 penampilan di empat edisi Piala Dunia, yaitu di tahun 2002, 2006, 2010, dan 2014.

Pertandingan terakhirnya adalah saat Piala Dunia 2014 di Brasil. Saat itu, ia berusia 36 tahun dan mencetak dua gol dalam pertandingan dan membantu negaranya memenangkan trofi.

Posisi ketiga ada Paolo Maldini, pemain timnas Italia yang paling sering bermain, tetapi belum pernah memenangkan trofi. Sampai saat ini, dirinya sudah muncul sebanyak 23 kali penampilan.

3 dari 4 halaman

Legenda Pemain Sepak Bola di Tim Nasional Argentina

Legenda pesepak bola dari Argentina, Diego Maradona telah mencetak delapan gol dalam 21 pertandingan Piala Dunia FIFA yang ia mainkan dalam tiga masa, yaitu pada tahun 1982, 1986, dan 1994. Lima di antaranya tercipta di pertandingan Piala Dunia 1986 di Meksiko, saat Maradona terkenal membantu negaranya memenangkan pertandingan tersebut.

Jejak kariernya diikuti oleh Lionel Messi, yang memiliki catatan sebanyak 20 penampilan dan dengan melakukan penampilan yang mendalam di Qatar, dirinya tidak hanya dapat memuncaki daftar Argentina, tetapi juga menjadikannya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak dari pemain negara mana pun.

4 dari 4 halaman

Pesepak Bola yang Sering Tampil di Timnas Brasil dan Portugal

Daftar pemain sepak bola yang paling sering tampil di Piala Dunia banyak didominasi oleh pemain timnas Jerman. Namun, ada juga beberapa pemain yang berasal dari timnas Brasil, Portugal, sampai Prancis dalam daftar tersebut.

Salah satunya adalah Cafu, yang memiliki catatan 20 dari 142 penampilan nasionalnya di turnamen Piala Dunia. Pemain yang memenangkan Piala Dunia bersama timnas Brasil sebanyak dua kali ini, telah melampaui jumlah pertandingan yang dilakukan Cristian Ronaldo.

Sebelum ajang pertandingan Piala Dunia di Qatar, Ronaldo berada di urutan kedua dalam daftar pencetak gol sepanjang masa dengan jumlah 15 pertandingan. Setelah berpartisipasi di Piala Dunia tahun ini, ia telah bermain sebanyak 19 total penampilan dan jumlah ini kemungkinan dapat bertambah.

Pencapaian berbeda diraih oleh Pele yang memenangkan tiga trofi Piala Dunia, dengan jumlah pertandingan hanya 14 penampilan untuk Brasil. Ini ketika belum ada babak 16 besar dalam turnamen dan permainan hanya memiliki tiga pertandingan sistem gugur, usai tiga pertandingan penyisihan grup, dan pergantian pemain juga jauh lebih jarang.

Ada juga Neymar yang memiliki catatan 10 penampilan menuju turnamen 2022. Brasil kini menjadi pemenang Piala Dunia sebanyak lima kali dan menjadi satu-satunya negara yang telah berkompetisi di setiap ajang Piala Dunia. Sejauh ini, mereka telah bermain dalam 109 pertandingan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS