Sukses

8 Kemampuan Unik yang Dimiliki Anjing

Liputan6.com, Jakarta - Anjing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara individu karena dianggap setia dan juga pintar.

Di samping itu, ternyata anjing merupakan hewan yang memiliki banyak kelebihan yang mungkin tidak dipunyai manusia atau hewan lain.

Mau tahu apa saja kelebihan yang dimiliki hewan pintar ini? Melansir laman Reader's Digest, Jumat (2/12/22), berikut beberapa kemampuan unik yang dimiliki anjing.

1. Pelacak super

Diketahui indra penciuman anjing 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif daripada manusia. 

“Jika Anda membuat analogi dengan penglihatan, apa yang Anda dan saya dapat lihat pada jarak sepertiga mil, seekor anjing dapat melihat lebih dari 3.000 mil jauhnya," kata mantan direktur Sensory Research Institute di Florida State University, James Walker kepada PBS

Sehingga, jangan coba-coba menyembunyikan camilan dari anjingmu. Sebab, hidungnya tahu kamu memiliki itu. Dan terlebih, jangan biarkan dia menyentuh makanan apa pun yang tidak bisa dimakan anjing.

2. Pelacak badai internal

Mungkin terdengar meragukan, tetapi dikatakan bahwa anjing bisa merasakan kapan cuaca buruk akan datang.

Para peneliti memiliki beberapa teori yang disebutkan bahwa anjing peka terhadap penurunan tekanan barometrik yang datang dengan badai hebat, dan mereka dapat mendengar frekuensi rendah yang tidak dapat didengar manusia, seperti guntur yang jauh dan gemuruh gempa bumi.

Meskipun begitu, tidak dianjurkan sepenuhnya mengandalkan hewan peliharaan (anjing) daripada ahli meteorologi, tetapi perilaku aneh mereka juga jangan dibiarkan luput dari perhatian. Sebab, mungkin itu bisa saja menyelamatkan hidup kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Ekor sebagai kode rahasia

Anjing seringkali menggunakan ekornya untuk berkomunikasi. Mereka menurunkan ekornya saat merasa takut atau gugup. Adapun saat mereka waspada atau terangsang, ekornya akan bergoyang lebih tinggi. Jika seekor anjing agresif atau merasa terancam, ekornya akan menjulur ke atas.

 4. Diagnosis anjing 

Disebutkan bahwa anjing dapat mengetahui saat kamu tidak 100 persen dalam keadaan sehat. Bahkan sebelum kamu menyadarinya.

Berkat indra penciumannya yang kuat, anjing dapat menangkap senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dalam tubuh manusia, salah satunya penyakit seperti kanker.

Seperti yang terjadi pada tahun 2006, anjing yang dilatih di In Situ Foundation mampu mendeteksi kanker paru-paru dengan akurasi 97 persen dan kanker payudara dengan akurasi 88 persen, hanya dengan mengendus sampel napas pasien. 

3 dari 4 halaman

5. Telepati

Mungkin anjing tidak bisa membaca pikiranmu dengan tepat, tetapi mereka tahu bagaimana perasaanmu.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Biology Letters, para peneliti menunjukkan foto wajah anjing yang menampilkan ekspresi yang berbeda sambil memutar klip audio yang menunjukkan emosi yang berbeda.

Menariknya, anjing-anjing itu melihat wajah yang sesuai dengan jenis suara yang diperdengarkan, seperti wajah marah ketika klip audio adalah suara marah.

Jadi, jika anjingmu tidak dapat memproses kata-kata seperti manusia, tetapi dia dapat menggunakan ekspresi wajah dan nada suaramu untuk mengetahui bahwa suasana hati kamu sedang tidak baik. 

6. Empati

Tidak hanya disebut mampu memahami perasaan, tetapi anjing juga dapat berempati denganmu.

Psikolog dari Goldsmiths College London melakukan penelitian pada 18 anjing. Setiap anjing akan mengawasi, sementara pemiliknya duduk bersama orang asing. Kedua orang itu berbicara, kemudian berpura-pura menangis.

Psikolog beralasan bahwa ketika pemiliknya menangis, hewan peliharaan akan berbaring di atasnya, mencium, menjilat, atau mencoba menghibur mereka.

Tetapi anjing-anjing itu juga menghibur orang-orang asing yang menangis, meskipun mereka tidak memiliki hubungan emosional, hanya karena anjing melihat bahwa mereka sedang tertekan. 

4 dari 4 halaman

7. GPS bawaan

Mungkin kita pernah mendengar kisah tentang hewan peliharaan, khususnya anjing yang menemukan jalan pulang meskipun berada pada tempat yang jaraknya jauh.

Tapi sekali lagi, ini sebab kelebihan indra penciuman mereka. Anjing dapat mengikuti jejak aroma mereka sendiri sejauh bermil-mil untuk menelusuri kembali langkah mereka, dan jika anginnya tepat, mereka bahkan dapat menggunakan aroma pemiliknya juga.

8. Memiliki kecepatan super

Diketahui rata-rata anjing memiliki kecepatan sekitar 19 mil per jam, tetapi banyak yang dapat mencapai lebih dari 35 mph jika mereka berlari dalam waktu singkat.

Adapun yang diklaim sebagai anjing tercepat adalah anjing jenis greyhound, yang bisa mencapai 45 mph. Sebagai perbandingan, manusia tercepat hanya bisa berlari 28 mph.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS