Sukses

Niclas Fullkrug, Pahlawan yang Bikin Jerman Masih Punya Napas di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan besar antara Spanyol dan Jerman pada Grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor diselenggarakan Senin (28/11/2022) dini hari. Hasil dari pertandingan tersebut kedua tim imbang dengan skor 1-1.

Dikutip dari laman FIFA, statistik pertandingan pada babak pertama, Spanyol menguasai 55 persen bola, sedangkan Jerman hanya kebagian 28 persen dan sisanya 17 persen bola netral yang mengalir dalam permainan.

Dikutip dari Sportbible, pada babak kedua, kedua tim tersebut semakin panas, terutama pada menit ke 62, Morata akhirnya menembus gawang pertahanan Jerman.

Mendekati akhir pertandingan, yakni di menit 83, pemberi harapan dan pahlawan Jerman pun muncul.  Tendangan dari Niclas Fullkrug, yang awalnya menjadi pemain cadangan, melesat masuk ke gawang Spanyol.

Hal tersebut membuat Jerman menyamakan kedudukan 1-1 hingga akhir pertandingan. Striker berumur 29 tahun itu membuat dunia heboh lantaran debut internasionalnya tidak terlalu dikenal dan kini ia datang sebagai penyelamat Jerman.

"Fullkrug melaju dengan kecepatan penuh," dikutip dari laman Twitter akun resmi @BBCSport, Senin (28/11/2022).

Optimisme dari salah satu mantan head coach Jerman yaitu Jurgen Klinsmann mengatakan bahwa gol Niclas Fullkrug tersebut berpengaruh besar bagi Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Gol ini sangat besar bagi Jerman. Saya sangat yakin bahwa Spanyol akan berhasil melawan Jepang dan Jerman akan lolos ke babak berikutnya," kata Klinsmann mengenai perjalanan Jerman di Piala Dunia 2022, dikutip dari laman BBC. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Karier Niclas Fullkrug

Dilansir laman resmi bundesliga, Niclas Fullkrug merupakan striker berkebangsaan Jerman. Fullkrug adalah pemain klub SV Wender Bermen yang baru berusia 29 tahun. 

Sportbible menyebut, Fullkrug telah memainkan sebagian besar kariernya di Bundesliga 2. Sebagian besar musim terakhirnya berada di kasta teratas Jerman, baik dengan Werder Bremen atau Hannover 96.

Werder berada di divisi dua musim lalu, mendapatkan promosi kembali ke Bundesliga, dengan sang penyerang mencetak 19 kali dalam 33 penampilan.

Musim ini merupakan musim terbaik bagi Fullkrug. Pasalnya, ia telah mencetak 10 kali hanya dalam 14 pertandingan liga dan timnya berada di posisi ke-sembilan di liga.

3 dari 4 halaman

Dipanggil ke Squad Timnas

Hal baik belum cukup di situ, Fullkrug mendapat panggilan kejutan ke skuad Piala Dunia 2022 dan mencetak gol dalam debutnya, pertandingan persahabatan pra-turnamen vs Oman.

Fullkrug bermain pertama kali di Piala Dunia 2022 dalam pertandingan perdana Jerman melawan Jepang dengan hasil Jerman tumbang dari sang macan Asia. 

Tanpa gol dari Fullkrug di pertandingan melawan Spanyol, Jerman dipastikan berakhir angkat kaki dari Piala Dunia 2022, mengikuti tuan rumah Qatar dan Kanada. Namun, Fullkrug telah membuat dampak bagi Jerman di turnamen sepak bola empat tahunan ini.

Kini untuk tetap bisa bertahan di Grup F, Fullkrug perlu membantu timnya mencetak angka sebanyak-banyaknya di pertandingan melawan Kosta Rika. 

 

4 dari 4 halaman

Bisakah Jerman Lolos di Fase Grup?

Gol Niclas Fullkrug membuat tim Jerman mendapatkan poin yang sangat dibutuhkan. Dengan hasil imbang melawan Spanyol, jalan Jerman ke babak 16 besar masih terbuka, meski tidak sepenuhnya berada di tangan mereka.

Dengan skenario Spanyol menang lagi di pertandingan berikutnya melawan Jepang, Jerman harus mengalahkan Kosta Rika pada pertandingan Kamis mendatang. 

Jika tim Jepang berhasil sekali lagi mendapatkan hasil positif, masih mungkin bagi Jerman untuk lolos, berkat gol Fullkrug.

Sementara, hasil imbang antara Jepang dan Spanyol akan membuat Jerman harus menang dengan setidaknya dua gol atas Kosta Rika. Atau setidaknya satu gol, selama Spanyol mencetak lebih banyak gol dari Jepang. 

Di sisi lain, Kosta Rika juga masih belum lolos. Negara Amerika Tengah ini membutuhkan kemenangan melawan Jerman untuk lolos ke babak 16 besar. Sementara, jika Kosta Rika dan Jepang menang dalam pertandingan melawan Jerman dan Spanyol, kedua tim Eropa ini akan tersingkir.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS