Sukses

4 Alasan Mengapa Kucing Sering Menjilati Rambut Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Lidah kucing ditutupi ratusan duri kecil yang disebut papila, hal ini dibuat khusus untuk perawatan diri kucing. Papila berfungsi seperti sisir yang sangat canggih, lidah mereka mampu menjaga bulu kucing bebas dari kutu, kusut, dan kotoran.

Namun, pernahkah kalian memikirkan mengapa kucing tiba-tiba menggunakan lidah mereka untuk menjilati rambut kita. Amelia Wieber, pemilik Caring Behavior Animal Behavior Consulting di Colorado menjelaskan bahwa, kita sudah tidak asing lagi dengan perilaku kucing yang aneh. Sama seperti manusia, kucing dapat mengatakan banyak hal tanpa benar-benar mengatakan apapun.

Kita hanya perlu seseorang untuk membantu menerjemahkan perilaku aneh mereka ke dalam bahasa manusia yang sederhana. Jadi, ketika kucing Anda menjilati atau mengunyah rambut Anda, mungkin kucing tersebut ingin mengatakan sesuatu kepada Anda. Melansir Daily Paws, Rabu (23/11/2022), berikut alasan kucing sering menjilati rambut para pemiliknya.

1. Menunjukkan Kepeduliannya Terhadap Majikannya

Mungkin tidak terasa seperti mereka peduli kepada kita ketika menjilati rambut Anda, tetapi bagi kucing, bulu atau rambut adalah hal yang pribadi. Menurut Wieber, kucing akan menggunakan lidah mereka untuk merawat kucing lain yang mereka anggap sebagai "rekan yang disukai" dan itu dianggap sebagai bentuk ikatan. Istilah teknis untuk perilaku ini adalah allogrooming, dan biasanya berpusat di sekitar kepala dan leher kucing sehingga, masuk akal jika kucing Anda juga mencoba untuk melakukan allogrooming pada Anda.

"Jadi jika kucing Anda menjilati rambut Anda, mereka mungkin menunjukkan kasih sayang," ujar Wieber. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Mereka Ingin Bermain

Pernahkah Anda memerhatikan bahwa kucing menyukai fitur mainan yang menjumbai? Kucing Anda mungkin berpikir bahwa helaian rambut Anda adalah mainannya sehingga ia ingin mengajak main Anda. 

Ada kemungkinan besar jika kucing Anda melihat rambut Anda yang indah sebagai "taman bermain" pribadi mereka, Anda akan melihat perilaku yang sama yang mereka gunakan saat bermain dengan mainan kucing yang dibeli di toko, seperti memukul-mukul kaki mereka dan menerkam. 

3 dari 4 halaman

3. Mereka Ingin Perhatian Anda

Jika kucing Anda sangat tertarik untuk menjilati atau mengunyah rambut Anda di malam hari atau di dekat waktu makan, itu mungkin pertanda bahwa mereka hanya menginginkan perhatian.

Dan begitu teman berbulu Anda melihat bahwa hal itu berhasil, maka umpan balik positif akan diperkuat yang membuat mereka akan lebih mungkin melakukannya lagi.

 

4 dari 4 halaman

4. Mereka Ingin Menenangkan Diri Sendiri

Sayangnya, mungkin ada penyebab yang lebih serius di balik kucing Anda yang menjilati atau mengunyah rambut Anda. "Menjilati yang tidak normal terutama menjilati secara berlebihan pada diri sendiri (kucing) sering kali merupakan tanda stres atau dermatitis pada kucing," kata Wieber.

Ia mengatakan bahwa, jika kucing Anda menjilati diri mereka sendiri botak atau titik tertentu secara terus-menerus, inilah saatnya untuk mendapatkan bantuan profesional untuk menyelidiki masalah fisik atau emosional yang mendasarinya.

Pasalnya, mereka adalah makhluk sensitif yang menyukai prediktabilitas. Jadi, jika Anda baru saja pindah atau menambahkan anggota keluarga lain (dari spesies apapun) ke dalam rumah kemudian mereka mulai menjilati diri sendiri secara terus menerus, kemungkinan besar kucing Anda terjangkit stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.