Sukses

5 Negara Termiskin di Dunia pada 2022

Liputan6.com, Jakarta - Negara termiskin di dunia dapat disebut sebagai negara-negara dengan berpenghasilan ekonomi paling rendah.

Dikutip dari globalfinance, Senin (21/11/2022), hal tersebut terjadi karena negara-negara tersebut menderita perang saudara, perselishan etnis dan sektarian, atau dampak Covid-19 yang membuat situasi menjadi lebih buruk. 

Menurut worldpopulationreview , menghitung rerata penghasilan dari sebuah negara dilihat dari Pendapatan Nasional Bruto (PNB), kedua daya beli dolar internasional (mata uang Amerika Serikat). 

Di bawah sistem Bank Dunia, negara berpenghasilan rendah adalah negara yang memiliki PNB kurang dari $1.046 atau kurang lebih setara Rp. 16 juta (dikonversikan kurs per 21/11/2022).

Berikut negara termiskin di dunia menurut worldpopulationreview dan Globalfinance, Senin (21/11/2022):

 

1. Burundi

Burundi atau Republik Burundi adalah sebuah negara terkurung daratan di daerah Danau Besar di tengah benua Afrika.

Burundi yang dilanda konflik etnis Hutu-Tutsi dan perang saudara, menduduki peringkat teratas dalam peringkat kemiskinan dunia.

Dengan sekitar 90 persen dari hampir 12 juta warganya bergantung pada pertanian subsisten (dan sebagian besar dari mereka hidup dalam kemiskinan ekstrem), kelangkaan pangan menjadi keprihatinan utama, dan tingkat kerawanan pangan hampir dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata negara-negara Afrika sub-Sahara.

Lebih jauh lagi, akses ke air dan sanitasi masih sangat rendah, dan kurang dari 5 persen penduduk yang memiliki listrik. Semua masalah ini, tidak perlu dikatakan lagi, hanya diperburuk oleh pandemi dan perang di Ukraina.

Bagaimana keadaan bisa sampai seperti ini, meskipun perang saudara secara resmi berakhir 15 tahun yang lalu? Kurangnya infrastruktur, korupsi endemik, masalah keamanan: bahan-bahan yang menyebabkan kemiskinan ekstrem sering kali menjadi biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sudan Selatan dan Somalia

2. Sudan Selatan

Sudan Selatan adalah negara terbaru di dunia. Negara ini lahir pada 9 Juli 2011 atau enam tahun setelah perjanjian yang mengakhiri konflik dengan Sudan, perang saudara terlama di Afrika.

Namun, kekerasan terus melanda negara bagian yang terkurung daratan berpenduduk sekitar 11 juta jiwa ini.

Dibentuk oleh 10 wilayah paling selatan Sudan dan rumah bagi sekitar 60 kelompok etnis asli, konflik baru pecah pada 2013 ketika Presiden Salva Kiir menuduh mantan wakilnya, pemimpin pemberontak Riek Machar, melakukan kudeta.

Akibatnya, diperkirakan sebanyak 400.000 orang tewas dalam bentrokan dan hampir 4 juta orang telah mengungsi secara internal atau melarikan diri ke negara-negara tetangga.

 

3. Somalia

Tiga dekade kekerasan dan konflik internal yang mengakibatkan pengungsian ratusan ribu orang, seringnya kekeringan dan banjir yang diikuti oleh kelaparan dan penyakit, kurangnya akses ke layanan kesehatan, tingkat pengangguran yang sangat besar di kalangan terutama kaum muda -Somalia semakin putus asa.

Pertumbuhan PDB berkelanjutan yang ditunjukkan pada bagian akhir dekade terakhir terputus pada 2020 oleh efek gabungan dari pandemi virus korona, serangan belalang yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern dan banjir yang semakin intensif, yang menyebabkan ekonomi berkontraksi.

Kemudian, ketika pemulihan yang lemah sedang berlangsung, blokade ekspor gandum Ukraina menjerumuskan negara itu lebih jauh ke dalam keputusasaan, memenuhi fasilitas kesehatan setempat dan dengan anak-anak yang kekurangan gizi parah.

3 dari 4 halaman

Mozambik

4. Mozambik

Bekas jajahan Portugis ini memiliki banyak tanah dan air yang subur, serta sumber daya energi dan mineral yang cukup.

Mozambik juga berlokasi strategis, karena empat dari enam negara yang berbatasan dengannya terkurung daratan dan bergantung padanya sebagai saluran perdagangan global, dan selama dekade terakhir ini sering membukukan tingkat pertumbuhan PDB rata-rata lebih dari 7 persen.

Namun, negara ini tetap berada di antara 10 negara termiskin di dunia, dengan sektor besar penduduk yang terus hidup jauh di bawah garis kemiskinan.

Meskipun perang saudara selama 15 tahun berakhir pada tahun 1992, kondisi iklim yang parah, korupsi, dan ketidakstabilan politik tidak pernah hilang.

Lebih buruk lagi, sejak 2017, serangan yang dilakukan oleh kelompok pemberontak Islam telah melanda bagian utara negara yang kaya gas itu - hingga 4.000 orang tewas dan 800.000 lainnya mengungsi.

4 dari 4 halaman

Madagaskar

5. Madagaskar

Terletak 400 kilometer di lepas pantai Afrika Timur, Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. 

Mayoritas penduduknya masih bergantung pada pertanian untuk mata pencaharian mereka, membuat ekonomi negara ini sangat rentan terhadap bencana yang berhubungan dengan cuaca.

Sejak merdeka dari Prancis pada 1960, Madagaskar telah mengalami ketidakstabilan politik, kudeta dengan kekerasan, dan pemilihan umum yang disengketakan.

Presiden Andry Rajoelina dan pendahulunya Hery Rajaonarimampianina telah menjadikan pengurangan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama. Pertumbuhan meningkat dengan baik, reformasi struktural sedang berlangsung dan investor asing kembali berdatangan.

Tetapi semua itu hanyalah janji, sebagian besar. Rajoelina, kata para pengkritiknya, terbukti korup dan tidak efektif (meskipun baru-baru ini dia memecat semua menterinya dengan menyalahkan mereka karena alasan yang sama).

Pandemi memicu resesi yang tajam, terutama memukul keras penduduk yang bekerja di sektor pariwisata dan manufaktur. Lebih buruk lagi, wabah ini juga menguras ketersediaan sumber daya fiskal untuk investasi prioritas dan program sosial.

Madagaskar juga tidak bisa lepas dari konsekuensi terburuk dari perang yang terjadi lebih dari 7.000 kilometer jauhnya. Jatuhnya pengiriman biji-bijian dari Ukraina dan Rusia telah membuat harga pangan meroket, meningkatkan risiko kelaparan di negara yang sudah memiliki salah satu tingkat kekurangan gizi dan stunting anak tertinggi di dunia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS