Sukses

7 Idol KPop yang Memilih Tidak Keluar Grup Meski Sudah Hengkang dari Agensi

Berikut tujuh idol K-pop yang keluar dari perusahaan tapi tidak dengan grup.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi idol KPop tentu bukan pekerjaan yang mudah. Meskipun para idola ini memiliki popularitas dan ribuan penggemar yang mendukung mereka dengan sepenuh hati, tidak dipungkiri ternyat mereka menanggung beban yang sangat banyak.

Selain harus melakukan pekerjaan dengan jadwal yang padat, para idol ini harus mengikuti setiap aturan yang dibuat oleh grup maupun agensinya.

Banyak peraturan-peraturan yang ketat sehingga para idol tidak bisa melakukan segala sesuatu dengan bebas sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Peraturan-peraturan ini mungkin yang membuat beberapa idol memilih untuk meninggalkan mimpi mereka sebagai penyanyi dalam sebuah grup.

Selama bertahun-tahun, banyak idol KPop telah meninggalkan agensinya dan grup mereka pada saat bersamaan, baik sebelum atau setelah berakhirnya kontrak eksklusif mereka.

Tapi, ada juga idol yang memutuskan untuk tetap berada di grup mereka meskipun meninggalkan agensinya.

Mungkin mereka sudah tidak melakukan rekaman dan bekerja dengan label perusahaan, akan tetapi para idol ini tetap mengikuti jadwal grup seperti biasanya, yaitu melakukan comeback untuk album baru, melakukan promosi dan mengikuti tur.

Aktivitas mereka berjalan seperti biasa meskipun mereka sudah tidak berada dalam agensi yang sama.

Mengutip dari laman Kpop Starz, Sabtu (19/11/2022), berikut tujuh idol KPop memilih tidak keluar grup meski sudah hengkang dari agensi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lay (EXO)

Lay EXO adalah salah satu idola KPop terbaru yang keluar dari agensinya tetapi bukan grupnya.

Pada 8 April 2022, penyanyi ini mengumumkan bahwa dia meninggalkan SM Entertainment setelah 10 tahun bersama agensi tersebut. Khususnya, itu adalah hari yang sama ketika EXO merayakan ulang tahun ke-10 debut mereka.

Dalam sebuah surat yang ditulisnya, dia mengatakan bahwa dirinya akan selalu menjadi Lay ketika para anggotanya membutuhkannya, dan menambahkan pada akhirnya "EXO, mari kita mencintai." Saat ini, Lay sedang aktif melakukan promosi di Tiongkok.

3 dari 6 halaman

2. Wheein (Mamamoo)

Pada Juni 2021, RBW mengumumkan bahwa sementara Hwasa, Moonbyul, dan Solar memperbarui kontrak eksklusif mereka dengan label, Wheein memilih untuk tidak memperbarui kontrak eksklusifnya.

Namun, karena "kasih sayang yang tidak berubah untuk Mamamoo," Wheein menandatangani perjanjian yang diperpanjang untuk berpartisipasi dalam beberapa aktivitas grup, termasuk album dan konser hingga Desember 2023.

Girl grup ini telah comeback pada 11 Oktober 2022, dengan EP ke-12 mereka "Mic On," yang menampilkan lagu utama "Illella."

4 dari 6 halaman

3. T.O.P (Big Bang)

T.O.P BIGBANG adalah idola KPop pria lain yang memutuskan untuk meninggalkan perusahaan aslinya.

Setelah bersama YG Entertainment selama lebih dari 16 tahun sejak masa trainee-nya, T.O.P mengakhiri kontraknya pada Februari tahun ini.

YG mengatakan bahwa ia akan mengambil berbagai tantangan baru baik sebagai artis maupun pengusaha.

Agensi lebih lanjut mengatakan bahwa selama kondisinya tepat, T.O.P akan selalu mengambil bagian dalam kegiatan BIGBANG kapan pun dia mampu.

Kepergiannya terjadi sebelum boy group ini melakukan comeback pada bulan April dengan lagu baru mereka "Still Life."

5 dari 6 halaman

4. Taecyeon (2PM)

Setelah debut pada tahun 2008, 2PM tetap aktif di dunia musik hingga tahun 2017 ketika para anggota hiatus sementara untuk menyelesaikan wajib militer mereka.

Pada tahun 2018, hanya enam anggota yang memperbarui kontrak eksklusif mereka dengan JYP Entertainment.

Taecyeon memutuskan untuk meninggalkan agensi dan menandatangani kontrak dengan 51K, tetapi dia meyakinkan penggemar bahwa dia akan terus berpromosi dengan 2PM.

Bahkan pada Juni 2021, Taecyeon berpartisipasi dalam comeback 2PM dengan album studio ketujuh mereka "MUST."

6 dari 6 halaman

5. Tiffany, Seohyun, Sooyoung (Girls Generation)

Idola KPop terakhir dalam daftar kali ini adalah anggota Girls Generation, Tiffany, Seohyun, dan Sooyoung.

Ketiganya meninggalkan SM Entertainment pada saat yang sama di Oktober 2017, sementara lima anggota yang tersisa yaitu YoonA, Taeyeon, Sunny, Yuri, dan Hyoyeon  memperbarui kontrak mereka dengan label tersebut.

Sejak saat itu, Girls Generation melakukan comeback grup penuh yang sangat dinanti-nantikan pada Agustus tahun ini untuk merayakan ulang tahun ke-15 debut mereka.

Mereka merilis album studio ketujuh mereka "FOREVER 1."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.