Sukses

Masuk Empat Nominasi di Grammy Awards 2023, BTS Kembali Bikin Bangga Korsel

BTS masuk empat nominasi Grammy Awards 2023

Liputan6.com, Jakarta - Kepopuleran dan prestasi yang dicetak oleh BTS kembali membuat bangga Korea Selatan (Korsel) dan ARMY–sebutan bagi penggemarnya.

BTS telah dinominasikan dalam dua kategori Penghargaan Grammy 2023 dan menjadi artis KPop pertama yang menerima nominasi Grammy Awards selama tiga tahun berturut-turut.

Dilansir dari laman Yonhap, Kamis (17/11/2022), boy group asal Korsel itu dinominasikan untuk penampilan duo atau grup pop terbaik untuk lagu My Universe, bersama dengan band rock asal Inggris, yakni Coldplay.

Selain itu, Yet to Come juga masuk menjadi nominasi video musik terbaik selama upacara nominasi Grammy Awards ke-65 resmi yang disiarkan langsung oleh Akademi Rekaman AS pada Selasa 15 November 2022.

Namun, jumlah total penghargaan yang diterima BTS kali ini bisa meningkat menjadi tiga apabila Music of the Spheres dari album Coldplay tahun ini juga dihitung masuk ke dalam nominasi.

Album tahun ini merupakan salah satu dari empat penghargaan besar Grammy dalam kategori record of the year, song of the year, dan juga best new artist.

Jika Coldplay memenangkan penghargaan, BTS akan terdaftar sebagai penerima berdasarkan perubahan aturan kelayakan hadiah yang diumumkan oleh Recording Academy tahun lalu.

Aturan baru mengatakan, artis, artis unggulan, penulis lagu, dan teknisi musik berhak menjadi nominasi dan penerima.

Tiga anggota BTS, yaitu RM, Suga, dan J-Hope, yang berpartisipasi dalam penulisan lagu, juga akan terdaftar sebagai pemenang dalam kategori tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Masuk Nominasi

Pada 2020 dan 2021 silam, BTS juga pernah masuk ke dalam nominasi di kategori penampilan duo/grup pop terbaik untuk lagu Dynamite dan Butter.

Akan tetapi, BTS gagal memenangkan penghargaan di kategori tersebut. Lalu, pada 2021 kemarin, grup ini juga naik panggung untuk tampil di upacara penghargaan.

Saat ini, lagu kolaborasi mereka dengan Coldplay yang bertajuk My Universe telah menerima banyak ulasan positif dari para penggemar dan juga penikmat musik karena melodinya dan liriknya yang indah.

Lagu tersebut memulai debutnya di tangga lagu Billboard Hot 100 dan bertahan di tangga lagu utama AS serta Inggris untuk waktu yang lama.

3 dari 4 halaman

Masuk Nominasi Musik Video

Karena kepopulerannya yang melejit, lagu yang eargasm, serta penyajian visual yang menarik, Yet to Come berhasil membawa BTS masuk nominasi dalam kategori musik video terbaik.

Musik video dari Yet to Come ini bersaing dengan video dari musisi-musisi besar lainnya seperti ratu galau Adele, Doja Cat, Kendrick Lamar, Harry Styles, dan juga si cantik Taylor Swift.

Video musik Yet to Come bercerita mengenai perjalanan sembilan tahun BTS sejak debut hingga saat ini.

Syuting musik video yang dilakukan di padang pasir di Amerika Serikat itu berhasil mendapat banyak ulasan positif karena keindahan visual dan juga storytelling yang memikat.

Yet to Come menjadi sejarah BTS selanjutnya dalam dunia musik, karena berhasil mencapai sebanyak 100 juta penayangan di YouTube hanya dalam 10 hari sejak pertama kali video tersebut diunggah.

4 dari 4 halaman

Ungkapan Terima Kasih

Dikala tengah menjalankan aktivitas individu, BTS tetap membuat kagum para penggemar karena nama dan karya mereka tetap bertengger di ajang bergengsi Grammy Awards 2023.

Melalui kicauan di akun Twitter resmi mereka, BTS mengungkapkan rasa terima kasih kepada para penggemar yang telah mendukung karya mereka.

"Kami merasa terhormat dan bersyukur bahwa My Universe, lagu kolaborasi kami, dinominasikan untuk Grammy, bersama dengan Yet to Come," kata BTS.

Penghargaan Grammy ke-65 ini, nantinya akan dilaksanakan pada 5 Februari 2023 mendatang di Los Angeles, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.