Sukses

7 Cara Belajar Efektif untuk Menghadapi Ujian Tengah Semester

Simak strategi dan metode belajar yang bisa membantu kamu menghadapi ujian tengah semester.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan pelajar sangat bingung saat akan menghadapi ujian, terlebih lagi dalam waktu dekat ini merupakan bulan-bulan akan diselenggarakannya ujian, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS).

Bagi yang yang belum tahu, UTS adalah suatu jenis tes atau penilaian yang diberikan kepada siswa atau mahasiswa di tengah semester akademik.

Dibandingkan dengan kuis, ujian, atau beberapa makalah praktik, UTS berdampak lebih besar pada nilai keseluruhan kamu di kelas. Dengan kata lain, nilai ujian tengah semester memiliki bobot yang cukup besar. Dengan demikian, diperlukan persiapan dan belajar yang sungguh-sungguh untuk menghadapinya. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara belajar yang efektif untuk menghadapi ujian tengah semester, seperti melansir dari Shorelight, Senin (14/11/2022).

1. Pahami Gaya Belajar 

Memahami gaya belajar kamu sangat penting untuk bisa menentukan apa yang harus kamu lakukan agar kamu cepat memahami materi yang ingin dipelajari. Sehingga kamu mengetahui metode belajar yang efektif untuk kamu. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengetahui gaya belajar yang efektif sangat membantu kamu untuk dapat belajar lebih cepat dan produktif. Ada tiga jenis gaya belajar yang perlu kamu ketahui, di antaranya: 

  • Visual

Untuk gaya belajar ini konsep seperti gambar, grafik, dan peta pikiran, digunakan untuk memproses informasi. 

  • Auditori

Gaya belajar ini menggunakan suara dan musik untuk belajar. Pelajar auditori dapat belajar dengan efektif dengan cara, membaca catatan, mendengarkan rekaman, atau berpartisipasi dalam diskusi. 

  • Kinestetik

Pelajar yang cocok dengan gaya belajar ini menyukai teknik pembelajaran langsung, seperti melakukan eksperimen, dan mengerjakan suatu proyek. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengerjakan Tugas

Dengan mengerjakan tugas, kamu bisa melatih kemampuan kamu, sambil mengingat semua yang sedang kamu pelajari. Kamu juga akan mengetahui kelebihan dan kelemahan kamu. 

3. Membentuk Kelompok Belajar 

Membentuk kelompok belajar, sangat efektif untuk bisa mengerjakan suatu masalah secara bersama-sama. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan teman baru. 

4. Buat Rencana Belajar 

Dengan rencana belajar, kamu bisa memulai lebih awal untuk persiapan belajar, dan bisa menggunakan waktu dengan bijak. Misalnya, kamu bisa memutuskan mata pelajaran mana yang akan diprioritaskan dan merencanakan berapa banyak waktu yang ingin kamu habiskan untuk mempelajari setiap mata pelajaran.  

3 dari 4 halaman

5. Belajar dengan Cerdas

Setelah mengatur rencana belajar, kamu harus bisa memanfaatkan waktu kamu sebaik mungkin, yaitu dengan cara :

  • Membuat panduan belajar

Dalam panduan belajar yang kamu buat, buatlah daftar dan uraikan konsep, fakta dan persamaan yang kemungkinan akan menjadi bahan ujian. 

  • Gunakan kartu flash

Dengan menggunakan kartu flash atau karti indeks yang kecil (sticky notes), dapat membantu kamu untuk menghafal rumus. Ada juga aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti, Chegg, Prep, Cram, dan Quizlet. 

  • Kerjakan soal latihan

Soal latihan dapat membantu kamu belajar lebih cepat, karena kamu menjadi lebih akrab atau menjadi terbiasa dengan soal latihan dan cara penyelesaian yang kamu gunakan. 

4 dari 4 halaman

6. Pelajari Kurikulum Kelas (Silabus)

Melansir dari Research, silabus pembelajaran sangat efektif dalam memfasilitasi pembelajaran. Menurut sebuah penelitian tahun 2002, oleh Pakes dan Harris, dengan belajar mengacu pada silabus, bisa membantu siswa untuk memahami apa yang harus dipelajari. Akan tetapi dengan mengetahui silabus kamu akan lebih siap menghadapi ujian secara fisik dan mental. 

7. Menjaga Kesehatan 

Menurut American Psycological Association, saat bekerja semalam untuk belajar, ingatan akan sulit untuk diaplikasikan di keesokan harinya, yang berarti kemungkinan besar kamu akan sulit mengingat materi yang saat kamu benar-benar mengikuti ujian tengah semester (UTS).

Menjaga kesehatan, dan istirahat yang cukup bisa membuat kamu mengerjakan ujian dengan maksimal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.