Sukses

Di Masa Pandemi COVID-19, Teknologi Canggih Bantu Event Tetap Aman

Teknologi Canggih Bantu Wujudkan Event yang Berjalan Aman dan Nyaman

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang menyebut bahwa 2022 adalah tahunnya event bersinar lagi. Lihat saja dalam dua bulan terakhir, event musik terbesar berhasil dihelat di Jakarta. Meski ada konser yang harus berakhir pidana.

Kenyamanan pengunjung dalam event pameran, konser, olahraga, festival kuliner, dan acara lainnya perlu mendapat perhatian khusus. GOERS, Start Up di bidang experience yang turut memproses tiket untuk berbagai acara, mencatat jumlah pengunjung event meningkat hampir 2,5x lipat pada 2022 dibandingkan dengan tahun lalu.

Dengan kembali menggeliatnya perhelatan acara di Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno ,baru-baru ini dengan tegas mengingatkan kembali seluruh pelaku event untuk terus mematuhi CHSE, yaitu Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keselamatan), dan Environment Sustainability (keberlanjutan lingkungan).

Nugroho dari Barcode Organizer, mengungkapkan bahwa lingkup kerja event organizer (EO) tidak hanya sebatas melaksanakan kegiatan dan bermitra dengan promotor yang mengumpulkan pendukung acara.

Menurutnya EO juga wajib menyusun detil alur penikmat acara, mulai dari proses booking hingga event selesai diadakan. EO juga wajib memastikan bahwa event berlangsung sesuai kaidah CHSE yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan bantuan teknologi.

"Awalnya, teknologi hanya digunakan untuk promosi event. Sekarang teknologi digunakan untuk penjualan tiket dan pengaturan kuota sesuai dengan kapasitas venue. Semakin banyaknya event yang kembali digelar dan meningkatnya jumlah pengunjung acara, penggunaan teknologi yang salah satu fiturnya adalah mengontrol jumlah pengunjung makin dibutuhkan," katanya.

Dengan mengetahui jumlah pengunjung real time, lanjut Nugroho, pengelola event dapat menerapkan sistem peringatan dini dan melakukan langkah mitigasi lainnya, jika dibutuhkan. Mengingat saat ini pun masih di situasi pandemi COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur GOERS App

GOERS turut mengembangkan fitur-fitur mutakhir untuk membantu kelancaran event dalam berbagai skala --- mulai dari perhelatan nasional hingga acara lokal.

Co-founder & CEO GOERS, Sammy Ramadhan, menjelaskan, saat ini teknologi canggih telah mengubah wajah industri event tanah air. Mulai dari menghadirkan manajemen ticketing digital untuk mengurangi penjualan tiket palsu, hingga sistem check-in yang minim kontak langsung.

"Kini kami menghadirkan teknologi crowd control guna mencegah over kapasitas. Teknologi GOERS memiliki sistem indikasi yang menunjukan jumlah pengunjung secara real-time dan akurat," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com pada Kamis, 10 November 2022.

"Kami memutakhirkan fitur ini untuk membantu pengelola mewujudkan perhelatan yang aman dan nyaman," dia menambahkan.

Selain mencegah over kapasitas, lanjut Sammy, GOERS juga menghadirkan manajemen ticketing digital dengan solusi terintegrasi, seperti marketing dan penjualan tiket online, hingga rekonsiliasi data yang akurat dan efisien.

"Ada juga fitur analitik untuk memberikan insight bagi pengelola event," pungkasnya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini