Sukses

Mengenal Gynophobia, Ketakutan Berlebih pada Wanita

Gynophobia didefinisikan sebagai ketakutan yang intens dan irasional terhadap wanita. Fobia ni dapat dicirikan sebagai bentuk fobia spesifik.

Liputan6.com, Jakarta - Gynophobia didefinisikan sebagai ketakutan yang intens dan irasional terhadap wanita. Fobia ni dapat dicirikan sebagai bentuk fobia spesifik.

Fobia spesifik melibatkan ketakutan yang berpusat pada objek atau situasi pemicu tertentu, yang dalam kasus gynofobia adalah wanita.

Ketakutan yang dialami orang yang memiliki fobia ini jauh di luar proporsi bahaya nyata yang mereka hadapi, dan orang dengan fobia ini mungkin menyadari bahwa kecemasan mereka berlebihan.

Memahami bahwa ketakutan itu tidak rasional, bagaimanapun, jangan cegah orang dengan fobia spesifik merasa sangat cemas dan bahkan panik.

Gynophobia tidak berhubungan dengan misogini, yang merupakan kebencian, penghinaan, atau prasangka terhadap wanita atau anak perempuan. Misogini adalah sikap budaya yang dipelajari yang berbahaya, sementara gynophobia didasarkan pada kecemasan dan melibatkan respons rasa takut.

Gynophobia tidak diakui sebagai gangguan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), tetapi berpotensi masuk dalam kriteria diagnostik untuk fobia spesifik.

Meskipun penyebab pasti gynophobia tidak dipahami dengan baik, seperti fobia spesifik lainnya, faktor genetik dan lingkungan dapat memainkan peran yang berkontribusi. Gynophobia kemungkinan besar dipengaruhi oleh lingkungan dan pengalaman.

Pengalaman negatif atau traumatis yang melibatkan wanita sering memainkan peran terbesar dalam timbulnya fobia ini. Pelecehan mental, fisik, atau seksual yang melibatkan wanita, misalnya, dapat menyebabkan perasaan takut atau cemas berada di dekat wanita.

Ada juga sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang akan mengembangkan gynophobia. Beberapa di antaranya adalah:

  • Usia: Secara umum, anak-anak lebih rentan terhadap perkembangan sebagian besar fobia.
  • Genetika: Orang juga lebih mungkin mengembangkan fobia jika mereka memiliki kerabat dekat dengan gangguan kecemasan atau fobia lainnya.
  • Temperamen: Orang yang lebih sensitif daripada orang lain atau memiliki pandangan pesimis secara umum mungkin memiliki peningkatan risiko pengembangan fobia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala

Beberapa gejala yang mungkin dialami seseorang dengan gynophobia meliputi:

  • Rasa takut yang luar biasa saat berada di sekitar atau memikirkan wanita
  • Menghindari aktivitas untuk mencegah kemungkinan interaksi dengan wanita
  • Meningkatkan kecemasan saat Anda semakin dekat dengan seorang wanita atau saat Anda mendekati situasi di mana Anda mungkin harus berinteraksi dengannya

Kondisi ini juga dapat menyebabkan serangan panik, yang biasanya mencakup beberapa gejala fisik berikut:

  • Berkeringat
  • Sakit dada
  • Mual atau sakit perut
  • Sulit bernapas
  • Pusing atau pingsan
  • Detak jantung cepat

Seperti fobia spesifik lainnya, gejala ini bertahan lama dan cukup parah dalam memengaruhi aktivitas sehari-hari seperti sekolah, pekerjaan, pendidikan, atau kehidupan pribadi Anda. Meskipun gejala biasanya muncul pada usia 10 tahun, mereka dapat berlanjut hingga dewasa jika tidak ditangani.

Diagnosa

Ketakutan terhadap wanita sering kali tidak muncul secara terpisah, dan mungkin mencerminkan masalah emosional, kepribadian, atau psikiatri yang lebih luas.

Sementara gynophobia tidak terdaftar dalam DSM-5 dan oleh karena itu tidak diakui sebagai gangguan yang berbeda dan dapat didiagnosis, gejalanya mungkin memenuhi kriteria diagnostik untuk fobia tertentu:

  • Ketakutan yang tidak masuk akal, berlebihan
  • Respons kecemasan langsung terhadap sumber ketakutan (dalam hal ini wanita)
  • Menghindari objek atau tekanan ekstrem saat ditemui
  • Sebuah dampak yang signifikan pada kehidupan individu dan kemampuan untuk berfungsi

Diagnosis juga memerlukan gejala yang telah ada setidaknya selama enam bulan dan tidak disebabkan oleh kondisi lain.

3 dari 5 halaman

Perawatan

Gynophobia dapat menyebabkan banyak kesulitan dalam kehidupan sehari-hari seseorang, dan jika tidak diobati, itu bisa sangat melumpuhkan. Kabar baiknya adalah penyakit ini dapat diobati, jadi penting untuk mencari bantuan profesional sesegera mungkin.

Sama seperti tidak ada penyebab spesifik, gynophobia juga tidak ada protokol perawatan yang dirancang khusus untuk kondisi ini. Namun demikian, masih ada perawatan yang dapat membantu Anda memperbaiki banyak gejala gynophobia, termasuk terapi dan pengobatan.

Terapi Paparan

Terapi pemaparan adalah salah satu perawatan yang paling efektif untuk fobia. Melalui terapi pemaparan, Anda dapat mengembangkan mekanisme koping yang sehat dan mengurangi rasa takut Anda dengan dukungan.

Dalam kasus gynophobia, seseorang secara bertahap akan dipaparkan pengetahuan tentang wanita sampai perasaan takut yang berhubungan dengan wanita berkurang atau dihilangkan.

Terapi pemaparan dilakukan secara bertahap dan dimulai dengan langkah-langkah kecil. Misalnya, prosesnya mungkin dimulai dengan didorong untuk berpikir tentang wanita atau dengan melihat gambar wanita.

Selama latihan, terapis Anda akan memandu Anda dalam mempraktikkan teknik relaksasi untuk membantu meringankan gejala kecemasan yang muncul.

Prosesnya akan berlanjut selangkah demi selangkah, berkembang menjadi lebih banyak rangsangan yang menghasilkan kecemasan, seperti mendengar suara wanita berbicara, menonton video wanita, dan, akhirnya, pergi ke tempat-tempat di mana wanita hadir.

Terapi Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif (CBT) menggabungkan terapi paparan dan teknik terapi lainnya untuk mengubah keyakinan mendasar Anda. Ini dapat membantu Anda mengubah cara Anda berpikir, merasa, dan berperilaku ketika berhubungan dengan wanita.

Menantang rasa takut Anda secara bertahap dan menguasai teknik relaksasi dapat membuat pengidap gynophobia merasa dapat mengontrol kecemasannya saat berhadapan dengan wanita.

4 dari 5 halaman

Pengobatan

Pendekatan pengobatan seperti terapi paparan dan CBT biasanya merupakan pendekatan yang direkomendasikan untuk mengobati gynophobia. Namun, dokter Anda mungkin meresepkan obat jika gynophobia menyebabkan kecemasan yang signifikan.

Saat ini, ada tiga kelas obat yang dianggap berguna dalam mengelola gejala fobia:

Antidepresan: Umumnya digunakan untuk mengobati gangguan suasana hati, inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) juga dapat membantu mencegah serangan panik dan mengurangi gejala kecemasan yang terkait dengan gynophobia.

Beta blocker: Kelompok obat ini kadang-kadang digunakan untuk mengobati gejala fisik kecemasan, seperti detak jantung yang cepat, tekanan darah tinggi, dan tremor (gemetar).

Mereka bekerja dengan mengubah cara tubuh Anda bereaksi terhadap adrenalin, hormon yang berhubungan dengan stres. Penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa beta blocker juga dapat mengubah cara tubuh mengingat dan merespons ingatan yang menakutkan.

Obat penenang: Obat penenang seperti benzodiazepin kadang-kadang dapat digunakan untuk waktu yang singkat untuk mengurangi kecemasan akut yang terkait dengan fobia.

Pengobatan terutama berfokus pada penanganan gejala fobia, bukan penyebab yang mendasarinya.

5 dari 5 halaman

Komplikasi

Gynophobia mungkin tidak tampak seperti masalah serius, tetapi dapat menghambat aktivitas sehari-hari Anda dan membuat tidak mungkin untuk menjalani kehidupan normal. Beberapa komplikasi gynophobia meliputi:

Depresi: Frustrasi dan isolasi yang terkait dengan gynophobia dapat menyebabkan perasaan depresi.

Isolasi sosial: Seseorang dengan gynophobia mungkin tidak hanya menghindari situasi sosial di mana wanita mungkin hadir, tetapi mereka juga mungkin menghindari mencari perawatan medis karena alasan yang sama.

Penyalahgunaan zat: Orang dengan gejala gynophobia mungkin mulai menggunakan obat-obatan atau zat berbahaya lainnya untuk mencoba mengendalikan kecemasan mereka.

Prognosis dan Pencegahan

Tidak ada data yang secara khusus terkait dengan efektivitas pengobatan untuk gynophobia, tetapi prognosis jangka panjangnya mungkin serupa dengan fobia lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perawatan berbasis paparan bisa sangat efektif dalam pengobatan fobia spesifik seperti gynophobia.

Semua bentuk perawatan ini lebih baik daripada tidak sama sekali, tetapi paparan in vivo (atau kehidupan nyata) terbukti lebih efektif daripada paparan yang dibayangkan dalam banyak kasus.

Tidak ada cara untuk mencegah fobia. Namun, mencari bantuan segera setelah pengalaman traumatis atau pada tanda pertama gejala kecemasan dapat membantu memastikan bahwa ketakutan yang berkepanjangan tidak meningkat menjadi fobia.

Semakin cepat Anda mencari perawatan profesional, semakin baik peluang Anda untuk berhasil mengatasi fobia.

Orang tua juga dapat membantu menghindari menularkan fobia kepada anak-anak mereka dengan mempelajari teknik yang efektif untuk mengelola stres mereka dengan cara yang sehat.

Saat Anda belajar bagaimana menoleransi stres, Anda pada gilirannya akan mengajari anak Anda cara mengatasi situasi yang memicu kecemasan.

Ingatlah bahwa pemulihan dari gynophobia adalah proses yang membutuhkan waktu. Memiliki sistem pendukung, mencari perawatan yang tepat, dan bersabar dengan diri sendiri dapat memastikan bahwa Anda mengambil langkah-langkah untuk mengatasi rasa takut Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.