Sukses

Merayakan 3 November Sebagai One Health Day, Yuk Sehat Bersama!

3 November dijadikan sebagai satu hari kesehatan atau One Health Day dengan tujuan mengkampanyekan disiplin kesehatan yang memengaruhi manusia, hewan, dan lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentunya mendampakan hidup yang baik untuk diri sendiri, sesama, hewan, dan lingkungan sekitar.

Dilansir National Day Calendar, 3 November atau tepat pada hari ini, Kamis (3/11/2022) dijadikan sebagai satu hari kesehatan atau One Health Day. 

Apa sih One Health Day? Dilansir Centers for Disease Control and Prevention, One Health Day adalah pendekatan kolaboratif, multisektoral, dan trans disipliner yang bekerja di tingkat lokal, regional, nasional, dan global dengan tujuan mencapai hasil kesehatan yang optimal yang mengakui interkoneksi antara manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan bersama mereka.

Sederhananya dapat dikatakan sebagi bentuk kampanye dan kerja sama di seluruh dunia (global) untuk membahas dampak besar pada peningkatan kesehatan bagi manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan bersama. 

One health day ini juga lekat dengan penyakit yang disebarkan oleh hewan atau zoonitic dieases. Di antaranya malaria, Covid-19, rabies, salmonella, dan lain-lain.

Menengok sejarahnya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bersama dengan beberapa organisasi kesehatan di seluruh dunia menciptakan One Health Day.

Mereka menjadi tuan rumah acara pertama pada 3 November 2016 dan mendedikasikannya untuk John Payne Woodall, pelopor di bidang penyakit menular. 

John Payne Woodall kemudian meninggal hanya beberapa hari sebelum acara pada 24 Oktober 2016. Sekitar 37 negara berpartisipasi selama tahun pertama.

Ingin tahu lebih lanjut tentang One Health Day? Yuk simak artikel berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah One Health Day

Pada 3 November, One Health Day mengenalkan kepada seluruh dunia untuk menyatukan disiplin kesehatan yang mempengaruhi manusia, hewan, dan lingkungan. Pada hari itu juga dapat dilihat seberapa dekat lingkungan kita bersama berdampak pada kesehatan manusia.

Tahukah kamu bahwa hewan tertentu menyebarkan penyakit antara hewan dan manusia yang disebut penyakit zoonosis? Beberapa contoh penyakit zoonosis antara lain:

- Influenza zoonosis

- Salmonellosis

- Virus Nil Barat

- Rabies Brucellosis

- Penyakit Lyme

- Wabah Malaria

Coronavirus juga merupakan penyakit zoonosis. Menurut penyelidikan, SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak ke manusia. Virus Corona jenis lain, MERS-CoV, ditularkan dari unta ke manusia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit zoonosis menyebabkan jutaan kematian setiap tahun.

Sekitar 60 persen dari penyakit menular yang muncul adalah zoonosis. Jenis penyakit ini dapat ditemukan di setiap bagian dunia. Negara dengan jumlah penyakit zoonosis tertinggi antara lain Etiopia, Nigeria, Tanzania, dan India.

Negara-negara lain dianggap sebagai hotspot untuk penyakit zoonosis yang muncul. Negara-negara ini termasuk Amerika Serikat bagian timur laut, Inggris dan bagian lain dari Eropa Barat, dan Brasil.

Dibutuhkan kerjasama antara banyak kelompok orang untuk memerangi penyakit zoonosis. Dokter, dokter hewan, pemilik hewan peliharaan, petani, ahli ekologi, pembuat kebijakan, dan mereka yang memantau ancaman kesehatan masyarakat membentuk kelompok.

Kelompok-kelompok tersebut berharap dengan bekerja sama akan lebih memahami penyakit zoonosis. Pemahaman akan mengarah pada pengendalian penyakit zoonosis yang lebih baik dan lebih sedikit kasus di seluruh dunia.

Menengok sejarahnya, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bersama dengan beberapa organisasi kesehatan di seluruh dunia menciptakan One Health Day.

Mereka menjadi tuan rumah acara pertama pada 3 November 2016 dan mendedikasikannya untuk John Payne Woodall, pelopor di bidang penyakit menular. 

John Payne Woodall kemudian meninggal hanya beberapa hari sebelum acara pada 24 Oktober 2016. Sekitar 37 negara berpartisipasi selama tahun pertama.

 

3 dari 5 halaman

Cara Memperingati One Health Day

 

Cara memperingati One Health Day pada hari ini, organisasi kesehatan, perusahaan, universitas, dan individu di seluruh dunia mengadakan berbagai acara dan kegiatan. Ini termasuk lokakarya, seminar, webinar, presentasi, dan kontes.

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan dengan memajukan kesadaran akan konsep One Health.

Berikut sederet cara untuk berpartisipasi memperingati One Health Day:

1. Bagi Anda yang pelajar, ikuti perlombaan atau kompetisi tentang kesehatan (one health),

2. Anda bisa mempelajari tentang ancaman kesehatan yang ditularkan oleh manusia, hewan, dan lingkungan,

3. Biasa juga menghadiri webinar tentang kesehatan,

4. Abadikan momen tersebut di sosial media Anda dengan menggunakan hastag #OneHealthDay.

 

 

4 dari 5 halaman

10 Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor utama yang sangat berdampak bagi kesehatan manusia maupun hewan. Jika lingkungan bersih dan sehat maka makhluk hiudp yang tinggal di sana akan menjadi sehat pula.

Begitu juga sebaliknya, jika lingkungan kotor dan tidak sehat maka juga mempengaruhi siapa yang tinggal di sana.

Berikut 10 cara menjaga kesehatan lingkungan dilansir Every Day Health:

1. Gunakan kendaraan umum atau sepeda untuk untuk mengurangi karbon dioksida,

2. Gunakan botol atau alat makan yang bisa dipakai berkali-kali,

3. Menggunakan pakaian berbahan alami,

4. Membeli sayur dan buah dari petani langsung sehingga meminimalisir penggunaan pestisida,

5. Menggunakan filter air,

6. Menggunakan bahan bebas kimia untuk membersihkan tempat tinggal,

7. Menanam tumbuhan,

8. Mengkonsumsi vegetarian untuk mengurasi gas rumah kaca karena produksi daging,

9. Menggunakan detergen ramah lingkungan dan tubuh karena beberapa deterjen pemicu kanker,

10. Menanam bahan makanan sendiri.

 

 

5 dari 5 halaman

Juga Memperingari Hari Sandwich Nasional

3 November tak hanya diperingati sebagai One Health Day, namun juga diperingati sebagai Hari Sandwich Nasional.

Hal ini tentunya juga ada kaitannya dengan One Health Day yaitu menjaga pola makan sehat salah satunya snack sehat, sandwich.

Berikut resep sandwich yang dapat dibuat di rumah:

Bahan-bahan:

- 6-8 lembar roti tawar

- 1/2 buah tomat yang telah diiris-iris

- 1/2 buah mentimun yang telah diiris-iris

- Selada secukupnya

- 2-4 lembar keju slice

- 2-4 lembar daging asap

- 2 butir telur

- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng telur

- Mayonaise secukupnya

Cara membuat sandwich telur spesial:

1. Goreng telur dengan bentuk mata sapi satu persatu. Lalu sisihkan.

2. Matangkan daging asap tanpa minyak. Sisihkan.

3. Ambil roti tawar, lalu tumpuk dengan irisan tomat, irisan mentimun, selada, keju lembaran, daging asap, telur, dan mayonnaise. Jika ingin lebih tebal, lakukan langkah ini hingga dua kali.

4. Tumpuk kembali dengan menggunakan selembar roti tawar.

5. Pada tahap ini, kamu bisa memotong kulit pinggiran roti tawar sesuai selera.

6. Potong roti hingga membentuk segitiga dengan menggunakan pisau tajam agar potongannya rapi. Untuk mempermudah saat memotongnya, tancapkan tusuk gigi mengenai semua isian sandwich sebelum roti dipotong.

7. Sajikan sandwich di atas piring saji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.