Sukses

Hadirkan Nuansa Futuristik di Hunian dengan 5 Teknologi Smart Home Ini!

Sejumlah eknologi smart home yang perlu kamu miliki untuk membantu kehidupan sehari-hari lebih mudah dan praktis

Liputan6.com, Jakarta Pernah membayangkan tinggal di hunian yang sejumlah peralatan elektronik rumah tangga, mulai dari lampu, air conditioner, TV, sampai pembersih lantai bisa dikendalikan dengan smartphone? 

Itu adalah konsep yang ditawarkan oleh Smart Home System atau teknologi rumah pintar. Teknologi ini menawarkan peralatan elektronik rumah tangga yang dapat dikontrol menggunakan smartphone, melalui aplikasi yang terkoneksi dengan internet. 

Inovasi ini memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada si pemilik rumah. Tak heran, belakangan ini ramai masyarakat yang membeli peralatan smart home. Penasaran apa saja peralatannya?

Berikut lima peralatan rumah tangga yang dapat menghadirkan nuansa futuristik dengan teknologi smart home yang dilansir dari berbagai sumber.

Smart Lock System

Mengunci dan membuka pintu rumah jadi semakin mudah dengan bantuan smart lock. Bisa dioperasikan secara keyless atau tanpa kunci, karena digantikan dengan kode atau sensor sidik jari melalui aplikasi. Memakai inovasi ini juga lebih memudahkan si pemilik rumah, dalam memonitor siapa saja orang yang masuk ke rumah. Karena hanya orang yang diberi izin untuk dapat mengakses smart lock.

Smart Lamp System

Pencahayaan adalah faktor yang penting demi memiliki hunian yang nyaman. Dengan smart lamp system atau smart lightning akan lebih memudahkan kalian dalam mematikan dan menyalakan lampu. 

Cukup menggunakan aplikasi di smartphone untuk mematikan lampu. Tidak perlu berjalan ke saklarnya terlebih dahulu. Kalian juga bisa mengatur kapan waktu tidur, dan smart lamp akan meredup dengan sendirinya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi Smart Home

Smart AC 

Selanjutnya, ada smart air conditioner yang dapat memudahkan dan meringankan beban biaya pengeluaran kalian dalam menggunakannya. Telah hadir AC pintar yang sudah memiliki inovasi smart cleaner juga, yang berfungsi membersihkan dan mencairkan evaporator agar angin yang dihasilkan selalu bersih. Selain itu, dapat juga menekan pertumbuhan bakteri pada udaranya, menghilangkan bau tak sedap pada ruangan, juga dapat menyebarkan udara dingin yang lebih maksimal. 

Smart TV 

Smart TV memiliki banyak kelebihan dibandingkan TV biasa. Lebih banyak hiburan yang bisa dinikmati karena smart tv terhubung dengan internet. Kamu bisa streaming film dan seria favorit melalui beberapa aplikasi populer. Termasuk juga mendengarkan musik secara online.

Dengan smart tv, kamu juga bisa menampilkan layar smartphone ke televisi dan juga bisa menjalankan sejumlah fitur dengan perintah suara. Selain itu, desain smart tv lebih elegan dan sebagian besar memiliki kualitas menonton 4K.

Smart CCTV

Untuk kamu yang sering bepergian dalam waktu lama dan ingin hunian selalu aman, maka lengkapi hunian kamu dengan smart cctv. Kamera ini akan mengirimkan peringatan ketika seseorang memasuki kamar atau pintu saat dibuka dan juga menawarkan sistem dua arah yang dapat dihubungkan ke perangkat smart home lainnya.

Itulah beberapa peralatan rumah tangga yang dapat mengubah hunian kamu menjadi smart home. Apakah kamu sudah memiliki? Share di kolom komentar mengenai kemudahan apa saja yang sudah dirasakan. Untuk yang belum, jangan ragu untuk segera memilikinya.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.