Sukses

Cara Mudah dan Efektif Memutihkan Leher yang Hitam Secara Alami

Salah satu penyebab utama memiliki leher gelap adalah kebersihan yang buruk. Sekalipun Anda mandi setiap hari, tetapi tidak membersihkan bagian belakang leher Anda, itu dapat menyebabkan kotoran menumpuk di leher Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki leher yang gelap bukanlah fenomena yang langka. Hiperpigmentasi di sekitar leher bisa terjadi karena berbagai alasan.

Salah satu penyebab utama memiliki leher gelap adalah kebersihan yang buruk. Sekalipun Anda mandi setiap hari, tetapi tidak membersihkan bagian belakang leher Anda, itu dapat menyebabkan kotoran menumpuk di leher Anda.

Melansir dari Health Shots, Minggu (30/10/2022), sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas, mengidap Polycystic Ovay Syndrome, memiliki kondisi kulit atau mengalami diabetes juga menjadi beberapa alasan yang dapat menyebabkan leher gelap.

Selain itu, kulit di sekitar leher sangat sensitif. Jadi, selain perubahan hormonal juga mudah terpengaruh oleh paparan sinar matahari. Disarankan juga untuk mengoleskan tabir surya di bagian belakang leher sebelum keluar rumah.

Kegelapan di sekitar leher adalah masalah yang sangat umum yang dapat diselesaikan dengan beberapa tindakan pencegahan sederhana dan pengobatan rumahan.

Jika Anda ingin menghilangkannya, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan rumahan untuk membersihkan leher gelap Anda. Bagaimana cara membersihkan leher Anda yang gelap?

Berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu mencerahkan leher yang gelap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Eksfoliasi

Pada umumnya, penyebab leher hitam adalah kotoran atau daki serta sel kulit mati yang menumpuk. Maka, eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati dapat menjadi cara untuk mencerahkan leher.

Sangat penting juga bagi Anda untuk membersihkan bagian belakang leher Anda dengan sabun dan air setiap kali Anda mandi.

Wajar jika Anda biasanya melupakan membersihkan daerah itu saat mandi. Itulah sebabnya tempat itu tetap kotor dan warnanya menjadi gelap, jadi ingatlah untuk menggosok bagian belakang leher Anda dengan baik.

Anda bisa menggosokkan permukaan kulit leher dengan scrub lebih baik jika Anda bisa menggunakan scrub alami dari bubuk kopi yang dicampurkan dengan air hangat dan minyak kelapa, tetapi ingatlah untuk melakukanya dengan lembut, menggosok terlalu keras tidak akan menghilangkan kotoran.

3 dari 4 halaman

2. Kentang

Penelitian telah menunjukkan bahwa kentang adalah agen pemutih alami yang juga bisa digunakan untuk membantu memutihkan kulit leher yang hitam. Kentang dipercaya memiliki efek mencerahkan kulit sekaligus menghilangkan bercak gelap. 

Kentang kaya akan zat besi, vitamin C, dan riboflavin yang juga berkontribusi terhadap perawatan kulit Anda.

Gunakan kentang berukuran kecil dan parut. Kemudian, peras kentang yang sudah diparut. Oleskan sari kentang pada permukaan leher yang menghitam dan diamkan sampai mengering selama 10-15 menit. 

Anda juga dapat menggunakan teknik lain dengan cara ambil irisan kentang dan gosokkan pada area gelap leher Anda dengan gerakan memutar selama sekitar 5 menit lalu bilas. Anda dapat mengulangi cara mengatasi leher hitam ini 1-2 kali setiap hari. 

4 dari 4 halaman

3. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata dapat digunakan sebagai cara memudarkan leher yang menghitam. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan aktif lidah buaya, aloin menyebabkan pengurangan melanin yang bertanggung jawab untuk penggelapan kulit yang kemudian mengarah pada pencerah kulit.

Kandungan flavonoid-nya diyakini membantu untuk mencerahkan kulit dengan menghambat aktivitas enzim yang menjadi penyebab pigmentasi kulit.

Tidak hanya membantu dalam pencerah kulit, lidah buaya dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Gel dingin melembabkan kulit dan memberikan bantuan dari segala jenis gatal atau kekeringan yang disebabkan oleh penggelapan kulit.

Cara memudarkan hitam di kulit leher yang menghitam dengan lidah buaya cukup mudah. Anda bisa langsung mengoleskan gel yang diperas dari daun lidah buaya pada area leher, kemudian diamkan selama 10 menit. 

Setelah itu, bilas area kulit leher dan ulangi setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.