Sukses

Deretan Masalah Kulit Wajah yang Sering Dialami dan Cara Menanganinya

Liputan6.com, Jakarta - Tiap individu pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan terhindari dari berbagai macam permasalahan kulit. Namun, tak menutup kemungkinan kamu akan mengalaminya.

Khususnya untuk wanita yang setiap bulan akan mengalami menstruasi. Umumnya, sebelum dan saat menstruasi mereka akan mengalami perubahaan hormon.

Perubahan ini dapat berdampak pada kondisi kulit wajahnya. Tak hanya perempuan saja, laki-laki pun akan memiliki permasalahan kulit yang sama.

Walaupun laki-laki tak melewati masa menstruasi, akan tetapi, mereka kemungkinan akan mengalami hal serupa. Contohnya, minyak berlebih yang dapat menimbulkan jerawat hingga kulit kusam karena sering terpapar sinar matahari.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan kondisi kulit wajahmu. Kamu wajib menggunakan tabir surya saat berpergian keluar rumah.

Selain itu, kamu juga harus peduli terhadap kesehatan skin barrier. Apa itu skin barrier? Dilansir dari Cosmopolitan, Selasa (11/10/2022), skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai pelindung wajah.

Skin barrier berperan melindungi kulit dari iritasi, peradangan dan mempertahankan kondisi baik kulit, seperti kelembapan.

Perkuatlah skin barrier-mu karena dapat meminimalisasi berbagai macam permasalahan kulit. Lantas, apa saja permasalahan kulit yang sering kali terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jerawat

Hampir semua orang mungkin pernah mengalami masalah kulit satu ini. Jerawat bisa muncul di wajah, leher, dada bahkan punggung.

Muncul jerawat di wajah sangatlah menyebalkan. Bagaimana tidak, jerawat dapat mengganggu penampilanmu dan membuat orang salah fokus sehingga selalu memperhatikan si kecil satu ini.

Lonjakan hormon seks akan terjadi di masa pubertas. Perubahan hormon ini menyebabkan kelenjar minyak di wajah memproduksi terlalu banyak sebum.

Selain itu, ketika pori-porimu tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak, komedo serta jerawat akan sering muncul.

Cara mengatasi permasalahan satu ini, dapat ditangani dengan salicylic acid. Melansir dari Healthline, salicylid acid dapat efektif bekerja untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu menggunakannya selama beberapa minggu secara konsisten.

3 dari 4 halaman

Kusam

Permasalahan kulit kusam adalah salah satu kondisi yang sering menjadi keluhan. Pasalnya, kulit kusam sangat mengganggu penampilan fisikmu.

Penyebab kulit kusam umumnya disebabkan oleh kondisi kulit kering dan dehidrasi. Selain itu, menumpuknya sel kulit mati yang jarang dibersihkan juga memengaruhi kekusaman pada kulit wajah.

Upaya terbaik untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk adalah dengan melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu.

Kamu bisa memilih bahan aktif seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA), Salicylic Acid dan Lactic Acid. Bahan aktif tersebut perlu kamu kondisikan sesuai jenis kulitmu.

Penggunaan AHA lebih cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal. Sedangkan, salicylic acid efektif untuk kulit berminyak dan berjerawat. Lactic Acid akan bekerja baik bagi kamu yang mempunyai kulit wajah kering.  

Adapun, bahan aktif lainnya untuk mengatasi kulit kusam, yaitu serum dengan kandungan vitamin c, niacinamide dan alpha arbutin.

4 dari 4 halaman

Kerutan dan Penuaan

Coba perhatikan wajahmu di depan cermin, apakah kamu menemukan garis halus? Jika iya, kamu harus segera mengatasinya.

Garis halus merupakan tanda awal kerutan yang akan semakin terlihat nyata jika dibiarkan begitu saja. Selain itu, permasalahan kulit yang sulit dihindari adalah penuaan. Masalah ini timbul karena penurunan produksi kolagen kulit wajah.

Meskipun kamu tidak bisa menghindari kerutan dan penuaan karena pertambahan usia, namun kamu bisa memperhambat permasalahan satu ini.

Salah satu bahan aktif yang efektif untuk mengatasi kedua permasalahan ini adalah retinol. Bahan aktif ini merupakan turunan vitamin A yang bermanfaat untuk memperbaiki penampilan kulit wajah.

Penggunaan retinol tidak bisa sembarangan. Hal ini dikarenakan retinol merupakan bahan aktif yang cukup kuat. Biasanya, retinol digunakan 2-3 kali dalam seminggu dan digunakan di malam hari. Pagi harinya kamu diharuskan untuk menggunakan tabir surya.

Bagi kamu yang berusia 20 tahun sudah bisa menggunakan bahan aktif satu ini loh. Namun, kamu perlu memperhatikan kondisi kulit wajahmu.

Salah satu rekomendasi retinol yang bisa dipakai mulai dari usia 20 tahun adalah Somethinc Level 1% Retinol dan Avoskin Miraculous Retinol Ampoule.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS