Sukses

5 Cara Menghindari Mimpi Buruk yang Patut Dicoba

Sederet tips untuk menghindari mimpi buruk.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti pernah bermimpi dalam tidurnya. Mimpi adalah pengalaman alam sadar manusia yang turut serta melibatkan panca indera seperti pendengaran dan penglihatan serta pikiran dan perasaan.

Ada dua jenis mimpi yakni mimpi indah dan mimpi buruk. Mimpi buruk mungkin mencerminkan kumpulan pikiran, pengalaman, trauma dan hal-hal yang membuat seseorang stres. 

Jangan khawatir. Mimpi buruk adalah hal yang normal dialami, terutama pada anak-anak yang berada di bawah usia 10 tahun. Faktanya, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa tidak yang dapat mengendalikan mimpi sepenuhnya.

Namun, ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur sehingga seseorang dapat bermimpi lebih indah. Selain itu, bila mimpi buruk terlalu sering menghampiri dan dirasa cukup mengganggu, ada baiknya Anda pergi mengkonsultasikannya dengan dokter Anda. 

Kira-kira hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya mimpi buruk? Yuk, intip sederet tips untuk menghindari mimpi buruk berikut, seperti melansir dari Healthline, Sabtu (8/10/2022).

1. Kelola Kecemasan

Perasaan cemas adalah hal yang wajar. Sebagian orang merasa rasa cemas bisa mengganggu aktivitas, termasuk kualitas tidur. Studi menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki gangguan kecemasan rentan mengalami banyak mimpi buruk.

Anda dapat mencoba meditasi, membaca, menyalakan lilin aromaterapi, journaling, atau pun melakukan hal-hal yang Anda sukai untuk menekan rasa cemas. Ketika badan dan pikiran sudah ada di fase rileks, mimpi buruk pun akan pergi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Jauhi Alkohol

Minum minuman beralkohol memang bikin cepat mengantuk dan tidur. Namun, alkohol justru berisiko membuat tidur Anda tidak berkualitas dan berisiko mengalami mimpi buruk. Untuk memancing mimpi indah jangan konsumsi alkohol sebelum tidur.

3 dari 5 halaman

3. Konsumsi Makanan Sehat

Melatonin adalah hormon alami tubuh yang dapat mendorong kualitas tidur. Hormon ini membuat tidur jauh lebih lelap.

Anda dapat mengusir mimpi buruk dengan banyak makan makanan yang dapat mendorong melatonin seperti susu, telur, ikan, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4 dari 5 halaman

4. Membuat Jurnal Mimpi

Cobalah untuk menulis detail mimpi sesaat setelah Anda bangun. Jangan lupa pula tuliskan emosi seperti apa yang Anda rasakan.

Latihan ini membantu Anda untuk mengevaluasi mimpi buruk dengan situasi di kehidupan nyata. Menghadapi masalah dalam kehidupan nyata dapat membantu meningkatkan mimpi yang lebih indah. 

5 dari 5 halaman

5. Tidur Pada Posisi Nyaman

Jika Anda sering mengalami mimpi buruk, cobalah mengubah posisi tidur Anda. Penelitian menemukan bahwa orang yang tidur miring menghadap kiri lebih banyak mengalami mimpi buruk dibandingkan orang yang tidur miring ke kanan. Selain itu, tidurlah dengan posisi yang nyaman dan tidak sempit agar tubuh tidak merasa sesak. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk

  • Mimpi