Sukses

Demi Pantau Karyawan, Perusahaan Ini Nekat Pasang Kamera di Toilet

Perusahaan ini memasang kamera di atas bilik toilet untuk memantau aktivitas karyawannya selama di toilet

Liputan6.com, China - Pergi ke toilet menjadi kebutuhan setiap individu. Ketika berada dalam toilet, seseorang tentu tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang dihabiskan di dalam bilik sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, apa jadinya jika aktivitas di toilet dipantau oleh perusahaan? Nyatanya hal tersebut dilakukan oleh sebuah perusahaan di China.

Penggunaan toilet selama jam kerja memang telah menjadi topik kontroversial di China. Melansir dari Oddity Central, Rabu (21/9/2022), salah satu perusahaan teknologi di Xiamen, Provinsi Fujian, dilaporkan memasang kamera di atas bilik toilet karyawannya untuk memantau penggunaan telepon selama istirahat di toilet.

Foto-foto yang diambil dari rekaman kamera toilet baru-baru ini beredar di media sosial China, hingga menjadi perbincangan viral warganet.

Tidak lama kemudian seseorang mengenali latar belakang sebagai toilet China Aviation Lithium Battery Technology Co., Ltd di Xiamen, sebuah perusahaan milik negara yang mengkhususnya diri dalam produksi baterai lithium.

Dalam foto-foto yang beredar secara online tersebut, menunjukkan “tindakan disiplin” yang diduga disarankan oleh departemen sumber daya manusia.

Rupanya, dua karyawan dipecat, dan yang ketiga dipukul dengan hukuman berat dan skor kinerja bulanan mereka dipotong menjadi nol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan klaim untuk memantau karyawan yang merokok di toilet

Setelah foto menjadi viral dan kantor berita lokal mulai menghubungi perusahaan tersebut untuk klarifikasi, perusahaan itu mengeluarkan pernyataan, mengakui bahwa foto yang bocor telah direkam oleh sistem pengawasannya.

Namun, ditambahkan bahwa kamera tersebut baru dipasang tahun ini, dengan tujuan tunggal untuk memantau karyawan yang merokok di toilet kantor.

Memang benar bahwa dua orang yang berada dalam foto tampak memegang rokok yang menyala di tangan mereka. Selain itu, mereka juga terlihat sambil memegang smartphone mereka.

 

 

3 dari 4 halaman

Dikecam warganet

Terlepas dari motif perusahaan, untuk sebagian masyarakat, memasang kamera pengintai di bilik toilet sama sekali tidak bisa diterima. 

“Ya Tuhan! Bagaimana dengan privasi?” tanya seorang pengguna Weibo. 

“Mereka memperlakukan orang seperti binatang, tanpa rasa hormat dan kemanusiaan sedikit pun,” sahut akun lainnya. 

 

4 dari 4 halaman

Tengah dalam penyelidikan

Brigade Pengawasan Keamanan Tenaga Kerja Distrik Xiamen Xiang’an dikatakan sedang melakukan penyelidikan dalam kasus ini. Namun para ahli hukum mengklaim bahwa perusahaan tersebut perlu dimintai pertanggungjawaban, karena memasang kamera di arena non-publik toilet sangat melanggar privasi karyawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.