Sukses

9 Alasan Anda Harus Bersepeda daripada Mengemudi Kendaraan

Berikut ini beberapa alasan Anda sebaiknya bersepeda ketimbang daripada mengemudi kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua telah melihat berapa banyak mobil yang mencemari lingkungan, menurunkan kualitas udara, membuat macet, dan bahkan merusak lapisan Ozon. Dengan demikian, semakin banyak orang menjadi sadar lingkungan dan mengadopsi sarana transportasi yang ramah seperti menggunakan angkutan umum atau bersepeda. Mengendarai sepeda akan bermanfaat bagi lingkungan, membantu Anda menghemat uang, dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mengendarai sepeda juga merupakan bentuk latihan, sehingga membantu Anda tetap bugar sambil memperkuat otot, mengatur jantung, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, tinggalkan mobil Anda dan mulailah bersepeda ke kantor, dan Anda akan melihat peningkatan dramatis dalam kesehatan dan keuangan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat bersepeda ketimbang naik kendaaran bermotor:

1. Ramah Lingkungan

Sepeda tidak mengeluarkan asap karena sepeda hanya mengandalkan pedal Anda untuk bergerak, ini menjadikannya sarana perjalanan yang paling ramah lingkungan. Diperkirakan setiap galon bensin yang digunakan mobil melepaskan sekitar 2,33 kg CO2. Jadi jika tempat kerja atau toko kelontong Anda tidak jauh dari rumah, gunakan sepeda dan kurangi jejak karbon Anda.

2. Tidak Mengakibatkan Pembunuhan Jalan

Setiap tahun, ribuan hewan mati di jalan karena tertabrak mobil, yang sebagian besar adalah rusa. Namun, Anda belum pernah mendengar tentang sepeda yang membunuh binatang. Jadi, bersepeda adalah cara yang bagus untuk melestarikan satwa liar kita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Alat Transportasi yang Lebih Murah

Dengan sepeda, satu-satunya biaya yang akan Anda keluarkan adalah biaya pembelian dan perawatan. Namun, Anda harus mengisi bahan bakar kendaraan terus-menerus, yang cukup mahal. Dan biaya perawatan dan perbaikan mobil tidak sebanding dengan biaya sepeda, karena bisa menjadi sangat mahal, terutama jika Anda perlu mengganti beberapa suku cadang.

4. Cepat

Tanpa lalu lintas, mobil akan membawa Anda ke tujuan lebih cepat. Namun, selama jam sibuk, bersepeda adalah cara terbaik untuk bepergian, terutama jika Anda memiliki jalur khusus untuk bersepeda. Ini akan membantu Anda menghindari terjebak dalam lalu lintas selama berjam-jam.

Setelah sampai di tujuan, menemukan tempat parkir sepeda lebih mudah diakses daripada mobil, karena Anda membutuhkan ruang yang lebih kecil. Ruang yang ditempati oleh satu mobil dapat digunakan untuk memarkir sekitar sepuluh sepeda. Jadi pengusaha harus mendorong karyawannya untuk bersepeda ke tempat kerja dengan membangun area parkir untuk sepeda.

 

3 dari 6 halaman

5. Tidak Perlu Beli Asuransi

Dengan mobil, Anda perlu membeli asuransi untuk melindungi diri sendiri dan kendaraan jika terjadi kecelakaan. Dan tidak ada negara di mana Anda dapat mengemudi tanpa asuransi. Namun, dengan sepeda, Anda harus membeli helm dan mempraktikkan tindakan pencegahan keselamatan saat bersepeda.

6. Cara Terbaik Berolahraga

Jika Anda ingin tetap bugar tanpa pergi ke gym, bersepedalah secara teratur. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan tetapi juga membantu Anda tetap bugar dengan memperkuat otot dan melatih seluruh tubuh Anda.

Ini karena Anda perlu menggunakan inti Anda untuk keseimbangan dan tangan serta kaki Anda untuk mengontrol sepeda. Ini berarti bahwa sebagian besar tubuh Anda akan terlibat dalam olahraga. Trail bersepeda gunung adalah cara yang populer namun menyenangkan untuk mendapatkan latihan yang diperlukan. Lihat sepeda gunung trail khusus untuk memilih sepeda terbaik untuk kebutuhan bersepeda gunung trail Anda.

 

4 dari 6 halaman

7. Lebih Sosial

Saat bersepeda, Anda dapat berhenti dan berbicara dengan orang yang Anda temui di jalan. Namun, jika Anda mencobanya saat mengemudi, Anda akan membuat kemacetan di jalan, dan mobil di belakang Anda akan mulai membunyikan klakson. Anda perlu menemukan tempat untuk memarkir kendaraan Anda, yang mungkin tidak dekat.

Saat bersepeda, Anda dapat berhenti dan menikmati keajaiban lingkungan, seperti landmark atau bunga yang indah, tetapi hal ini tidak mungkin dilakukan dengan kendaraan.

8. Lebih Sedikit Kebisingan

Sepeda tidak terlalu berisik, dan pengendara hanya perlu membunyikan klakson saat ada orang di depannya. Namun, mobil sangat bising karena volume klakson tunggal sekitar 80 desibel, dibandingkan dengan sepeda dengan sekitar 20 desibel. Dan beberapa kendaraan dibuat sedemikian rupa sehingga membuat kebisingan bahkan tanpa membunyikan klakson, yang merupakan gangguan besar.

 

5 dari 6 halaman

9. Terbaik untuk Kesehatan Anda

Bersepeda memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Ini termasuk:

Pengendalian berat badan: Bersepeda adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan karena membantu meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan, pada saat yang sama, membakar lemak dan mengencangkan otot Anda. Namun, akan lebih baik bila Anda juga melengkapinya dengan diet sehat dan seimbang.

Hal terbaik tentang bersepeda adalah Anda dapat mengubah intensitas berdasarkan preferensi. Jika Anda ingin membakar lebih banyak kalori, Anda bisa menaiki bukit, tetapi mulailah dengan perlahan dan tingkatkan daya tahan Anda. Anda dapat mengendarai sepeda Anda setiap pagi, dan saat Anda maju, Anda dapat melakukannya pagi dan sore selama 30 menit.

Penyakit Jantung: Bersepeda sesuai dengan jantung Anda karena semakin sering Anda bersepeda, semakin banyak jantung yang memompa darah, sehingga memperkuat otot jantung Anda. Ini membantu mengurangi kemungkinan stroke dan menurunkan kadar lemak darah. Ini juga membantu meningkatkan fungsi paru-paru Anda.

 

6 dari 6 halaman

Manfaat bagi kesehatan berikutnya:

Diabetes: Kurangnya olahraga mengarah ke pengembangan penyakit gaya hidup seperti diabetes tipe 2, masalah kesehatan yang parah. Namun, bersepeda ke tempat kerja atau sekitar lingkungan selama 30 menit hingga satu jam setiap hari membantu meminimalkan terjadinya penyakit ini.

Jadi, selama liburan, jangan biarkan anak Anda duduk di depan TV atau PS sepanjang hari. Ambil sepeda Anda, minta mereka mengambilnya, dan bersepeda mengelilingi blok beberapa kali. Ajari mereka bagaimana hidup aktif untuk mencegah perkembangan penyakit gaya hidup.

Penyakit Psikologis: Mengendarai sepeda adalah cara terbaik untuk mengatasi stres, kecemasan, dan depresi. Ini karena bersepeda membantu Anda menghirup udara segar, yang membantu menghilangkan semua pikiran negatif.

Perkuat Sendi Anda: Melalui bersepeda, Anda dapat melatih persendian saat mengayuh. Dan bagian terbaiknya adalah itu tidak keras pada persendian Anda karena ini adalah olahraga tekanan rendah, menjadikannya bentuk latihan terbaik untuk orang yang kelebihan berat badan dengan masalah persendian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.