Sukses

Cegah Diabetes Sejak Muda dengan Melakukan 5 Hal Penting Ini

Liputan6.com, Jakarta - Diabetes melitus menjadi salah satu penyakit yang sangat ingin dihindari oleh banyak orang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik tua ataupun muda. Diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kadar gula dalam darah begitu tinggi.

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (8/8/2022), umumnya, orang yang mengidap diabetes akan mengalami rasa haus dan lapar yang begitu sering dan tidak tertahankan, sering buang air kecil, menurunnya berat badan, cepat lelah dan marah, penglihatan menjadi kabur, dan sulit sembuh dari luka fisik.

Diabetes merupakan penyakit yang dijuluki sebagai "silent killer" karena dapat terjadi perlahan bahkan tanpa adanya gejala. Jika tidak segera ditangani, diabetes bisa mengakibatkan komplikasi yang berakibat pada kematian. 

Melihat jumlah pengidap diabetes yang kian meningkat setiap tahunnya, maka penting bagi semua orang tahu bagaimana cara mencegah diabetes sejak masa muda. Terlebih, menurut WHO, diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Dan jika dibiarkan berkepanjangan, gula darah tinggi yang tidak terkontrol ini dapat menimbulkan sejumlah komplikasi yang berbahaya.

Pola makan dan gaya hidup sehat merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mencegah diabetes. Karena itu, penting untuk melakukan pencegahan penyakit diabetes sejak muda.

Berikut ini 5 hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diabetes sejak muda, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Terapkan Pola Makan Sehat

Untuk mencegah diabetes, Anda perlu membiasakan diri untuk menerapkan pola makan sehat. Biasakan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat, buah-buahan, dan sayuran. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kalori, dan lemak, misalnya makanan olahan, kue, es krim, dan makanan cepat saji.

Rutin Berolahraga

Olahraga rutin bisa membantu tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif, sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol. Dengan begitu, Anda bisa terhindari dari penyakit diabetes.

Sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga jenis apa pun, asalkan dilakukan dengan rutin, bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes.

3 dari 4 halaman

Kurangi Asupan Gula

Dilansir dari Diabetes.org, biskuit, keripik, cokelat, kue, es krim, mentega, dan minuman manis rata-rata mengandung kadar kalori yang tinggi. Kalori tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah.

Anda bisa membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut atau mencari camilan yang rendah kalori. Untuk memilih camilan yang lebih sehat, Anda bisa memilih camilan yang mencantumkan keterangan 'rendah kalori', 'rendah gula', 'low sugar', 'no sugar', atau 'unsweetened' pada kemasannya.

Batasi Konsumsi Makanan Bertepung

Makanan bertepung seperti pasta, kentang, dan roti juga bisa menjadi penyebab diabetes. Pasalnya, itu semua mengandung karbohidrat tinggi, sehingga ketiga bahan tersebut dapat menaikkan kadar gula merah dengan cepat. Apalagi roti, karena memungkinkan kita untuk mengolesnya dengan selai, keju, krim, dan bahan-bahan dengan citarasa manis lainnya agar lebih lezat. 

4 dari 4 halaman

Kelola Stres dengan Baik

Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa meningkatkan risiko diabetes. Pasalnya, saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, saat stres tubuh juga akan cenderung lebih mudah lapar dan terdorong untuk makan lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda harus pandai dalam mengelola stres agar tidak melampiaskannya pada makan atau ngemil secara berlebihan.

Di samping melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat lainnya, seperti berhenti merokok, membatasi konsumsi minuman beralkohol atau bersoda, serta tidur yang cukup setidaknya 7 jam setiap hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS