Sukses

Perhatikan, 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Perlu Dibersihkan Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Anda berpikir bahwa mandi secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk kesehatanmu secara keseluruhan, tapi mandi setiap hari sebenarnya tidak diperlukan bagi kebanyakan orang.

Faktanya, hanya beberapa bagian tubuhmu yang akan mendapat manfaat jika dibersihkan setiap hari, sementara yang lain hanya bisa dibersihkan beberapa kali seminggu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa bagian tubuh yang lebih baik tidak dibersihkan setiap hari, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (6/8/2022).

1. Rambut

Meskipun tidak ada yang bisa menandingi perasaan rambut yang beru dicuci, tidak semua jenis rambut perlu keramas setiap hari.

Hanya orang-orang dengan rambut halus yang bisa memperoleh manfaat dari keramas setiap hari karena cenderung terlihat lebih cepat berminyak.

Tapi jika rambutmu keriting atau bertekstur, Anda bisa dengan mudah keramas setiap minggu.

2. Ketiak

Meskipun berkeringat adalah hal yang normal, dan kita semua terkadang memiliki bau ketiak, tidak ada yang ingin bau badan yang tidak sedap mempengaruhi kehidupan sosialnya.

Mencuci ketiak setiap hari dan mengoleskan deodorant biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah ini.

3. Kaki

Banyak individu berpikir bahwa kakinya akan bersih dari sabun dan air kamar mandi, tapi itu sebenarnya tidak cukup untuk mencegah retakan dan keringat yang mengganggu.

Untuk menjaga kesehatan kaki, cuci dan gosok kaki sekali sehari menggunakan air hangat dan sabun untuk mencegah iritasi dan kapalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

4. Tubuh

Meskipun mandi air panas bisa membantumu rileks setelah hari yang panjang, mandi setiap hari tidak diperlukan dan bahkan bisa mengiritasi kulitmu.

Air panas dan sabun yang keras menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkannya lebih cepat kering.

Bagi kebanyakan individu, mandu dua hingga tiga kali seminggu saja sudah cukup untuk menjaga kebersihan.

 

3 dari 3 halaman

5. Lidah

Sementara menyikat gigi dengan benar dan merawat gusimu adalah langkah penting untuk senyum yang sempurna, membersihkan lidahmu juga penting untuk menjaga napas Anda segar lebih lama.

Lidah Anda memiliki banyak tonjolan kecil yang bisa menyembunyikan bakteri dan menggosoknya setiap hari setelah menyikat bisa membantu menghilangkan bau mulut.