Sukses

Hasil SMMPTN Barat 2022 Sudah Diumumkan, Ini Deretan Link Daftar Ulangnya

Untuk daftar ulang sendiri, calon mahasiswa bisa mengakses laman web masing-masing universitas tujuan.

Liputan6.com, Jakarta ​​Hasil SMMPTN Barat 2022 atau Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia telah diumumkan secara online mulai pukul 16.00 WIB Senin (18/7/2022) sore tadi.

Sebagai informasi, SMMPTN Barat 2022 merupakan salah satu penyelenggaraan seleksi masuk PTN jalur mandiri selain lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Seleksi ini melibatkan 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia WIlayah Barat.

Peserta memiliki opsi memilih maksimum 2 (dua) program studi, termasuk di perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMMPTN Barat 2022. Beberapa PTN yang bergabung dalam seleksi ini adalah Universias Syiah Kuala, Universitas Jambi, Universitas Lampung, UNTIRTA, UNRI, UIN Jakarta, USU, IPB, dan UPI.

Usai melihat pengumuman hasil seleksi, peserta yang telah dinyatakan lulus SMMPTN Barat 2022 dapat melanjutkan proses daftar ulang mahasiswa baru. Untuk daftar ulang sendiri, calon mahasiswa bisa mengakses laman web masing-masing universitas tujuan. Berikut ini daftar lengkapnya: 

  1. Universitas Syiah Kuala : https://pmb.unsyiah.ac.id/
  2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa : https://pmb.untirta.ac.id/
  3. Universitas Bengkulu : https://regmaba.unib.ac.id
  4. Universitas Jambi: https://regis.unja.ac.id/
  5. Universitas Lampung : https://simanila.unila.ac.id/
  6. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang http://smmptn.isi-padangpanjang.ac.id/
  7. Universitas Palangka Raya : https://pmb.upr.ac.id/tata-cara-pendaftaran-ulang-calon-mahasiswa-baru-upr-jalur-smmptn-tahun-2022
  8. Universitas Malikussaleh : https://pmb.unimal.ac.id
  9. Universitas Maritim Raja Ali Haji : https://penerimaan.umrah.ac.id/
  10. Universitas Bangka Belitung : https://ubb.siakadcloud.com/spmbfront/login
  11. Universitas Teuku Umar : https://pmb.utu.ac.id/login
  12. Institut Teknologi Sumatera : https://pmb.itera.ac.id
  13. Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh : https://pmb.isbiaceh.ac.id
  14. Universitas Samudra : https://camaba.unsam.ac.id
  15. Univeritas Riau : https://pendaftaranulang.unri.ac.id
  16. Universitas Siliwangi : https://pmb.unsil.ac.id/validasi-smmptn
  17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : https://spmb.uinjkt.ac.id
  18. Universitas Sumatera Utara : https://registrasi.usu.ac.id
  19. Universitas Andalas : https://pmb.unand.ac.id/
  20. Universitas Negeri Padang : http://spmb.unp.ac.id
  21. Universitas Tanjungpura : https://scmb.untan.ac.id/
  22. Institus Pertanian Bogor : https://registrasi.admisi.ipb.ac.id
  23. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau : https://sireg.uin-suska.ac.id/
  24. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar : http://pmb.iainbatusangkar.ac.id
  25. Universitas Pendidikan Indonesia : https://pmb.upi.edu/

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBMPTN adalah Singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini Alurnya

SBMPTN adalah istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para calon mahasiswa. Bahkan, setiap tahunnya SBMPTN merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh lulusan SMA/MA/SMK/MAK. 

 SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. SBMPTN merupakan jalur seleksi yang berbasis pada ujian tulis dan diselenggarakan secara terbuka. Selain itu, ada pula jenis seleksi masuk PTN lainnya, yaitu SNMPTN dan jalur mandiri. 

SBMPTN adalah seleksi yang membuka kesempatan terbesar untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Jadi bagi calon mahasiswa, SBMPTN adalah seleksi yang harus dipersiapkan secara matang. Tidak heran para siswa berbondong-bondong untuk masuk bimbel untuk mempersiapkan diri agar lolos SBMPTN.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (9/6/2022) tentang SBMPTN:

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN ADALAH seleksi yang memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK/MAK pada 3 tahun terakhir untuk bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri di Indonesia. SBMPTN adalah seleksi yang berbeda dengan SNMPTN, yang hanya mengizinkan pelamar dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang lulus pada tahun tersebut saja. SBMPTN bisa menampung peserta dari lulusan SMA dua tahun sebelumnya.

SBMPTN adalah seleksi bersama menggunakan pola ujian tertulis secara nasional untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Mulai 2019, ujian tertulis SBMPTN dilakukan dengan basis komputer. Ujian ini kini diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Pelaksanaan UTBK oleh LTMPT memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

Mengutip laman LTMPT, sejak tahun 2019 Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan tiga tahun terakhir dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C dengan umur maksimal 25 tahun. Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri.

Tujuan SBMPTN adalah menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu berdasarkan hasil UTBK dan atau kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri. SBMPTN juga memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri secara lintas wilayah. Bagi perguruan tinggi, SBMPTN membantu memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik dan atau prestasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.