Sukses

Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud, Lengkap dengan Keutamaannya

Artikel ini mengulas tentang niat, tata cara, dan keutamaan sholat tahajud.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunah yang dianjurkan bagi umat Islam. Umat Muslim dapat melaksanakan sholat tahajud saat malam hari hingga menjelang masuk waktu fajar.

Secara bahasa, tahajud artinya berupaya melawan atau meninggalkan tidur. Sementara secara istilah Fiqih, tahajud merupakan sholat sunah malam hari yang dilakukan sebelum tidur.

Sholat tahajud hukumnya sunah muakkadah, artinya sunah yang sangat dianjurkan. Dilansir dari NU Online, Kamis (14/7/2022), tidak ada batas maksimal jumlah rakaatnya. Namun, hendaknya setiap malam tidak dikosongkan dari sholat tahajud, meskipun dua rakaat.

Disebutkan bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah pada sepertiga akhir malam hari, sekitar pukul 01.00 hingga 04.00 dini hari.

Sholat tahajud diyakini sebagai ibadah yang istimewa. Dalam Alquran disebutkan bahwa siapa pun yang mengerjakannya akan disebut sebagai hamba-Nya yang terpuji di mata Allah SWT.

Keistimewaan sholat tahajud dijelaskan Allah SWT dala, Alquran surat Al-Isra' ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya,

"Dan dari sebagian malam shalat tahajudlah kamu (Muhammad) dengan membaca Alquran (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji" (QS al-Isra: 79).

Berikut ini penjelasan mengenai niat, tata cara, dan keutamaan sholat tahajud, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Niat Sholat Tahajud

Membaca niat menjadi salah satu tata cara sholat tahajud yang dianjurkan. Niat sholat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan dengan sholat sunah malam lainnya.

Bacaan niat sholat tahajud juga harus diucapkan dengan baik dan benar. Dengan demikian, sholat tahajud yang dikerjakan menjadi sempurna dan diterima oleh Allah SWT. Niatnya sebagai berikut:

 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya,

“Aku menyengaja sholat sunah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tahajud

Panduan sholat tahajud seperti halnya dengan gerakan serta doa sholat fardhu 5 waktu. Hal yang membedakan, yakni bacaan niat, doa setelah sholat tahajud, dan jumlah rakaat.

Tata cara untuk melakukan sholat tahajud yakni paling sedikit 2 rakaat hingga paling banyak 12 rakaat. Berikut merupakan tata cara sholat tahajud yang perlu dipahami :

• Membaca niat

• Melakukan takbiratul ihram dan doa iftitah

• Membaca surat Al-Fatihah

• Membaca surat pendek

• Rukuk dengan tumakninah

• I’tidal

• Sujud

• Duduk di antara dua sujud

• Sujud

• Mengulang gerakan seperti rakaat pertama

• Takhiyat akhir

• Salam

 

4 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Tahajud

Menjalankan Tradisi Orang-Orang Saleh

Sholat tahajud merupakan kebiasaan bagi orang-orang saleh. Mereka melakukannya secara konsisten untuk menghapus dosa, mencegah berbagai penyakit, dan mencegah perbuatan dosa. Diketahui juga bahwa bangun di sepertiga malam memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh, asalkan sebelumnya kita sudah tidur dengan cukup.

“Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh” (HR. Tirmidzi)

Mendapatkan Keridhoan Allah SWT

Orang-orang yang melaksanakan tahajud, mereka akan mendapatkan keridhoan Allah SWT. Hatinya lebih tenang dan damai karena hidupnya bergantung kepada Allah. Seperti yang disampaikan oleh hadits berikut.

“Tiga orang yang diridhoi Allah SWT yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah” (HR Abu Ya’la)

Diampuni Dosa dan Dikabulkan Doa

“Pada tiap malam, Tuhan Kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman, “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Kuperkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaKu, akan Kuperkenankan permintaannya. Dan barangsiapa yang meminta ampunan kepadaKu, Aku ampuni dia”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis di atas juga menunjukkan bahwa sholat tahajud memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Siapa yang tidak ingin diampuni dosanya, dikabulkan permintaannya, dan diberikan keridhoan oleh Allah SWT? 

5 dari 5 halaman

Masuk Surga dengan Damai

Dalam sebuah hadis disampaikan, “Dirikanlah sholat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian” (HR. Ahmad, Ibnu HIbban, dan Hakim).

Untuk itu, orang yang tahajud, tentu akan berpeluang dirinya masuk ke dalam surga. Hal ini karena mereka menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW.

Memacu Imunitas dan Meredakan Stress Hidup

Sholat tahajud juga dapat meningkatkan respons ketahanan tubuh seperti yang disampaikan dalam buku Terapi Sholat Tahajud karya Dr. Moh Sholeh. Dengan mengamalkan sholat tahajud, mampu menurunkan respons sekresi hormon kortisol. Dengan begitu daya tahan tubuh bisa lebih kuat dan meredakan tingkat stres. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.