Sukses

7 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Merusak Ginjal Tanpa Sepengetahuan Anda

Liputan6.com, Jakarta Ginjal Anda memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Mereka membantu menghilangkan limbah dan kelebihan cairan dari tubuh.

Ginjal juga menghilangkan asam untuk menjaga air, garam, dan mineral dalam tubuh dalam keseimbangan yang sehat. Neuron, otot, dan jaringan tubuh lainnya akan tidak berfungsi jika Anda tidak menjaga keseimbangan ginjal yang sehat. Akibatnya, sangat penting untuk menjaga ginjal Anda dalam kondisi yang baik

Dr Sujit Chatterjee, CEO Rumah Sakit Dr L H Hiranandani berbagi beberapa kebiasaan yang sering membahayakan ginjal Anda:

1. Diet Kekurangan Vitamin

Vitamin tertentu bermanfaat bagi ginjal Anda, dan kekurangannya dapat menyebabkan kerusakan. Kekurangan vitamin D telah ditemukan pada orang dengan penyakit ginjal. Vitamin B6 juga terbukti membantu menjaga kesehatan ginjal Anda bila dikonsumsi dengan obat lain.

Vitamin D dapat diperoleh dengan cara duduk di bawah sinar matahari selama 10-15 menit setiap hari. Vitamin B6 dapat ditemukan dalam salmon, buncis, kentang, dan sayuran bertepung lainnya, serta buah-buahan non-jeruk.

2. Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit

Sakit kepala yang terus-menerus mungkin menggoda Anda untuk meminum pil setiap hari, tetapi melakukannya secara berlebihan mungkin berbahaya bagi ginjal Anda. Ya, mereka meredakan sakit dan nyeri Anda, tetapi mereka juga dapat memicu kanker ginjal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 6 halaman

3. Konsumsi Air yang Tidak Memadai

Sangat penting untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Ginjal kita membantu dalam pembuangan limbah. Batu ginjal dan masalah ginjal lainnya dapat disebabkan oleh terlalu banyak produk limbah dalam cairan yang terlalu sedikit. Disarankan agar Anda minum 12 gelas air putih setiap hari.

4. Makanan olahan yang berlebihan

Meskipun makanan olahan dapat memuaskan kudapan tengah malam Anda, potongan kebahagiaan yang renyah itu mungkin merusak ginjal Anda. Makanan olahan tinggi natrium dan fosfor, yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

5. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan

Menurut penelitian, jika Anda tidak dapat hidup tanpa alkohol atau anggur, itu bisa menjadi akhir dari ginjal Anda. Lebih dari empat minuman per hari telah dikaitkan dengan peningkatan dua kali lipat risiko penyakit ginjal kronis.

 

3 dari 6 halaman

6. Tidak Cukup Berolahraga

Batu ginjal secara substansial lebih kecil kemungkinannya pada orang yang berolahraga setidaknya tiga kali setiap minggu. Jalan kaki direkomendasikan bagi mereka yang memiliki gangguan fungsi ginjal karena dapat membantu mengatasi kesulitan kardiovaskular, yang merupakan risiko kesehatan utama bagi penderita CKD dan mereka yang menjalani dialisis. Buatlah kebiasaan untuk berolahraga selama 30 menit sehari, lima hari seminggu.

 

7. Konsumsi garam berlebihan

Makanan dan diet tinggi garam (natrium) dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang dapat melukai ginjal Anda. Daripada membuat makanan Anda terlalu asin, cobalah membumbuinya dengan bumbu dan rempah-rempah. Kebiasaan ini akan membantu Anda menghindari menambahkan garam ke makanan Anda dari waktu ke waktu.

4 dari 6 halaman

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Bisa Membuat Gigi Jadi Kuning

Senyum Anda menjadi salah satu hal yang terpenting dari penampilan Anda. Faktanya, 94% orang mengatakan senyuman adalah hal pertama yang mereka perhatikan saat bertemu seseorang. 

Dan meskipun sebagian besar dari kita bermimpi memiliki senyum yang layak di Hollywood, banyak dari kita tidak melakukan apa yang diperlukan untuk mendapatkannya. Selain minum kopi dan minuman berwarna lainnya, rupanya ada banyak hal tak terduga yang mungkin membuat Anda menodai gigi tanpa Anda sadari.

Dilansir dari Bright Side, Kamis (23/6/2022), berikut ini deretan hal yang tanpa Anda sadari bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. 

Minum soda

Soda dan minuman ringan lain dapat merusak email pada gigi Anda, tetapi es teh sebenarnya dapat membantu Anda merawat gigi putih Anda.

Kebanyakan es teh mengandung asam malat, senyawa organik yang juga ditemukan dalam stroberi, yang memiliki sifat pemutihan yang kuat. Ini juga meningkatkan produksi air liur, yang pada gilirannya, membantu melawan kerusakan gigi dan mencegah perubahan warna.

Sering berenang

Jika Anda seorang perenang yang berdedikasi dan menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu di kolam renang, kemungkinan Anda akan melihat penumpukan kecokelatan di gigi Anda.

Saat Anda berenang, Anda mungkin secara tidak sengaja membiarkan air masuk ke mulut Anda, dan semua bahan kimia dalam air kolam dapat menyebabkan noda pada gigi Anda. Sementara klorin membantu menghilangkan bakteri di dalam air, itu dapat mengubah gigi Anda menjadi kuning atau cokelat dan melemahkan enamel dan membuat gigi Anda terlalu sensitif.

5 dari 6 halaman

Gunakan obat kumur

Obat kumur seharusnya memberi Anda napas yang segar, tetapi ada baiknya Anda memeriksa label sebelum membeli botol berikutnya. Beberapa bahan dalam obat kumur dapat bereaksi dengan senyawa pewarna dalam makanan, dan bukannya mencerahkan gigi Anda, itu dapat menumpulkan warna putih mutiaranya.

Jika Anda tidak dapat membayangkan rutinitas perawatan mulut Anda tanpa obat kumur, pilihlah jenis yang tidak mengandung bahan chlorhexidine atau eucalyptol, dan bilas mulut Anda hanya sebelum tidur.

Sikat gigi dengan keras

Menggunakan sikat gigi yang keras tidak akan membuat gigi Anda lebih putih pada kenyataannya, menyikat gigi terlalu agresif dapat mengikis email gigi Anda. Ini, pada gilirannya, akan membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan rentan terhadap noda. Dokter gigi menyarankan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut dan menggantinya segera setelah bulunya menyebar.

6 dari 6 halaman

Masak dengan bumbu tertentu

Membumbui makanan Anda akan menambah rasa dan berbagai aroma pada masakan Anda, tetapi Anda mungkin ingin membatasi rempah-rempah tertentu jika Anda ingin gigi Anda tetap putih.

Beberapa rempah-rempah yang sangat berpigmen, seperti kari, dapat menodai gigi Anda dan mengubahnya menjadi kekuningan. Jika Anda tidak menyukai rasa makanan biasa, bumbui makanan Anda dengan herbal yang dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda, seperti thyme, kunyit, atau kayu manis.

Stres

Ketika kita berada di bawah banyak tekanan, kita mungkin secara naluriah menggertakkan gigi kita untuk melepaskan stres. Ketika kita melakukannya secara teratur, kita mungkin merusak gigi kita tanpa menyadarinya. Selain membuat Anda sakit kepala dan sakit rahang, menggertakkan gigi bisa melemahkan email gigi, menyebabkan gigi menjadi kuning dan rapuh.