Sukses

5 Rahasia Menumbuhkan Rambut Sehat Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut tebal dan indah tentu diidamkan banyak individu, khususnya kaum hawa. Beberapa dari kita beruntung dilahirkan dengan rambut tebal dan berkilau alami, tapi bagi segelintir individu, perlu usaha untuk memiliki rambut impian.

Rata-rata, rambut tumbuh sekitar 0,5 inci per bulan. Itu setara dengan sekitar 6 inci pertumbuhan rambut setiap tahun.

Namun seringkali, pertumbuhan itu terasa minimal, terutama ketika kebanyakan individu kehilangan antara 50 dan 100 helai rambut setiap hari.

Untuk itu, ketahui beberapa rahasia menumbuhkan rambut sehat, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (25/6/2022).

1. Menggunakan jus bawang

Bawang memang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun ternyata bawang juga bisa membantumu mendapat rambut indah yang Anda impikan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jus bawang bisa ditambahkan ke rutinitas perawatan rambutmu.

Sebagai permulaan, Journal of Dermatology percaya bahwa mengoleskan jus bawang ke kulit kepala bisa membantu pertumbuhan kembali rambut.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa individu dengan alopecia areata yang mengoleskan jus bawang dua kali sehari ke kulit kepala mereka melihat pertumbuhan rambut setelah dua minggu.

2. Pijat kulit kepala

Salah satu dari banyak cara untuk mempercepat proses pertumbuhan dan membuat rambutmu lebih panjang dalam waktu singkat yakni dengan memijat kulit kepalamu.

Tujuan dari pijatan yakni untuk meregangkan sel-sel folikel rambut dan memicunya untuk menghasilkan rambut individu yang lebih tebal.

Menurut sebuah studi tahun 2019, hampir 69% peserta melaporkan bahwa alopecia mereka telah membaik berkat rutin memijat kulit kepala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan minyak rosemary

Jika Anda menginginkan untaian tebal, kemungkinan besar Anda mencari produk dan bahan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut secara keseluruhan.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa minyak esensial rosemary sama efektifnya dengan minoxidil (obat yang digunakan untuk menyembuhkan rambut yang menipis).

4. Mengurai rambut sebelum tidur

Anda harus terlebih dahulu mengurai rambutmu sebelum menatanya. Mengurai rambut di malam hari menjamin rambut tetap bebas kusut saat tidur dan agar menata rambut lebih mudah di pagi hari.

Untuk memastikan rambut bebas rusak, luangkan waktumu, kerjakan dalam bagian-bagian kecil, melembabkan rambutmu, gunakan sisir kayu bergigi lebar, dan mulai dari ujung rambut sebelum ke atas.

5. Meninggalkan sampo

Meninggalkan sampo dalam rutinitas perawatan rambut memang terdengar mustahil bagi banyak individu. Tapi sampo menjadi produk kebersihan yang tidak perlu karena baru ada sejak tahun 1930.

Juga, sampo standar bisa merusak rambut dengan menghilangkan minyak alami sehat yang diproduksi oleh kulit kepala.

3 dari 4 halaman

Kesalahan perawatan rambut

Ternyata, ada beberapa kesalahan perawatan rambut yang tanpa Anda sadari bisa terjadi. Penasaran apa saja kesalahannya? Berikut ulasannya.

1. Keramas dengan cara yang salah

Mencuci rambut sambil berdiri di kamar mandi memang nyaman, tapi keramas dengan posisi terbalik atau menunduk sebenarnya bisa memberikan lebih banyak manfaat. 

Jika Anda memiliki rambut panjang, mencucinya secara terbalik akan memudahkanmu mengoleskan sampo ke lapisan rambut yang tersembunyi.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, membilas rambut secara terbalik bisa membantu mencegah timbulnya jerawat, karena produk perawatan rambut dan minyak dari rambut tidak akan masuk ke leher dan punggung yang akan mengiritasi kulit.  

2. Menggunakan sampo kering hanya pada rambut kotor

Menggunakan sampo kering menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan rambut ketika Anda tidak punya waktu untuk mandi. 

Jika Anda memiliki rambut halus, menyemprotkan sampo kering ke akar rambut bisa memberi dorongan instan dan membuatnya tampak lebih penuh.

Namun jangan menggunakan secara berlebihan, karena terlalu sering menggunakan sampo kering bisa menyebabkan penumpukan produk di kulit kepala dan menyebabkan gatal.

4 dari 4 halaman

3. Menggunakan kondisioner rambut terlalu lama

Menggunakan kondisioner rambut menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan rambutmu, karena bisa melindungi kutikula rambutmu dan membuat helai rambut lebih halus dan lebih mudah untuk diurai. 

Menerapkan kondisioner rambut terlalu lama bisa membebani rambutmu dan membuatnya terlihat berminyak. Membiarkan kondisioner pada rambutmu tidak lebih dari 3 menit sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.

4. Rambut disanggul saat basah

Banyak dari kita akan menyanggul atau menguncir rambut setelah keramas untuk menjauhkan rambut dari wajah. Namun, kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini bisa merusak helai rambutmu dan membuatnya putus. 

Karena rambut paling rentan saat basah, terlalu banyak tekanan pada rambut bisa melemahkannya dan menyebabkan kerusakan.