Sukses

4 Alasan Lebih Baik Tidur Terpisah dengan Pasangan

Ada banyak alasan mengapa semakin banyak pasangan memutuskan untuk tidak tidur bersama dalam satu ranjang.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pasangan suami istri sudah sewajarnya tidur bersama dalam satu ranjang dan kamar. Namun, satu dari tiga individu mengklaim kualitas tidur mereka lebih baik jika tidur terpisah dengan pasangannya.

Ada banyak alasan mengapa semakin banyak pasangan memutuskan untuk tidak tidur bersama dalam satu ranjang, mulai dari mendengkur hingga preferensi suhu pendingin ruangan yang berbeda.

Meski topik tersebut hingga kini masi tabu, namun nyatanya tidur terpisah dengan pasangan memiliki manfaat untuk kelangsungan hubungan yang sehat.

Untuk itu, ketahui beberapa alasan mengapa lebih baik tidur di ranjang terpisah dengan pasangan, seperti melansir dari Bright Side, Senin (30/5/2022).

1. Kualitas tidur lebih baik

Memilih ruang tidur yang terpisah dengan pasangan bisa membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Menurut sebuah survei, lebih dari 25% pasangan memilih tempat tidur terpisah dan beberapa bahkan lebih suka tidur di kamar yang berbeda.

Survei tersebut juga menemukan bahwa wanita lebih sensitif terhadap gangguan tidur dan kehilangan lebih banyak waktu tidur yang dibutuhkan daripada pria.

2. Bermanfaat bagi hubungan

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesejahteraan kita secara keseluruhan dan dalam jangka panjang juga bisa mempengaruhi hubunganmu.

Psikolog percaya bahwa jika pasangan terus-menerus membangunkan satu sama lain, ada ketegangan yang mulai menumpuk dari waktu ke waktu dan pada akhirnya bisa menyebabkan masalah dalam hubunganmu.

Tidur di tempat tidur terpisah bisa membantumu tidur lebih nyenyak dan mencegah banyak masalah hubungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan lainnya

3. Lebih baik untuk kesehatan

Jika Anda berbagi tempat tidur dengan orang lain, kemungkinan besar tidurmu akan terganggu.

Kurang tidur secara terus-menerus berpotensi menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan yang cukup serius, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes dan bahkan gagal jantung.

4. Meningkatkan kesehatan kulit wajah

Tidur sendirian benar-benar bisa mengubah istirahat kecantikanmu. Namun jika Anda belum cukup siap untuk tidur di tempat tidur terpisah, Anda bisa mencoba tidur di satu tempat tidur dengan dua selimut terpisah.

Ini akan memungkinkanmu untuk mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari, yang pada gilirannya bisa bermanfaat bagi kulitmu. Karena kulitmu menghasilkan kolagen baru saat Anda tidur, mendapatkan cukup tidur bisa membantu kulitmu tetap kencang dan bercahaya lebih lama.

 

3 dari 4 halaman

Posisi tidur terbaik untuk kesehatan

Meski posisi tidur yang Anda sukai pasti bisa membuatmu nyaman, tapi pada akhirnya bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, mulai dari mendengkur hingga nyeri di berbagai bagian tubuhmu.

Untuk itu, ketahui posisi mana yang terbaik untuk tidur dan menawarkan manfaat bagi kesehatan, seperti melansir dari Bright Side.

1. Tidur telentang

Meskipun tidur telentang bisa membantumu menjaga kulit bebas kerut lebih lama, itu bukan posisi terbaik jika Anda mengalami nyeri punggung bawah karena bisa memperburuk kondisi yang ada.

Sementara itu, jika pasanganmu terus mengeluh tentang mendengkur, tidur telentang juga bukan posisi terbaik, karena bisa memperburuk apnea tidurmu.

Tapi jika Anda pernah terbangun dengan nyeri leher yang mengganggu, maka tidur telentang bisa membantu karena menjaga kepala, leher dan tulang belakangmu dalam posisi netral, yang membantumu mencegah sensasi pegal di area leher.

Tidur telentang juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil karena bisa membatasi aliran darah dan oksigen ke bayi.

2. Tidur miring ke kiri

Tetap terhidrasi dan makan cukup serat pasti bermanfaat bagi pencernaanmu. Nyatanya, tidur miring ke kiri juga bisa membantu mengatur ususmu.

Saat Anda tidur miring ke kiri, gravitasi mendorong pergerakan usus yang normal, membantumu pergi ke kamar mandi di pagi hari.

Selain menghilangkan sembelit, tidur miring ke kiri dianggap paling bermanfaat bagi kesehatanmu dan bisa meringankan sakit punggung.

 

4 dari 4 halaman

Posisi tidur lainnya

3. Tidur miring ke kanan

Jika Anda sering merasa jantung Anda berdebar-debar, maka mengurangi kafein dan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi stres adalah langkah yang tepat untuk dilakukan.

Terlepas dari perubahan gaya hidup ini, tidur miring ke kanan juga bisa bermanfaat bagi jantungmu. Memilih untuk tidur di sisi kananmu bisa melindungi Anda dari gagal jantung dan masalah terkait jantung lainnya.

4. Tidur tengkurap

Meskipun tidur tengkurap bisa mengurangi dengkuran, namun memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan posisi tidur lainnya.

Karena mengganggu posisi netral tulang belakangmu, tidur tengkurap bisa menyebabkan nyeri punggung, leher dan bahu, dan bahkan bisa menyebabkan kulitmu menua lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.