Sukses

4 Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an

Liputan6.com, Jakarta Pola kehidupan kerja telah banyak berubah selama beberapa dekade. Ada saat dimana tidak ada pekerjaan setelah jam 5 sore tapi hari ini 24 jam 7 hari. Di tengah perlombaan ini di mana kita semua berjuang untuk mengikuti gaya hidup kita, ada beberapa kesalahan utama yang kita lakukan saat berjuang untuk itu.

Ini terutama sering terjadi saat kita membentuk karier terutama ketika kita memasuki usia 30-an. Berikut adalah 4 kesalahan karir yang harus Anda hindari di usia 30-an, yang dapat membantu Anda menemukan jalan tengah.

1. Anda tidak memiliki cadangan keuangan untuk masa depan

Belanja kelas atas memang bagus, tetapi penting bagi Anda untuk memiliki cadangan keuangan juga pada saat Anda berusia 30-an. Tidak peduli berapa banyak gaji Anda meningkat, simpan uang ekstra itu di tabungan. Investasikan karena tagihan tidak akan menjadi lebih murah.

2. Terlalu banyak bekerja dan mengabaikan hubungan

Untuk mendapatkan uang, kita bekerja keras tetapi jika Anda telah bekerja terlalu keras dan mengabaikan hubungan pribadi Anda saat ini, maka Anda akan kehilangan semua kontak pada saat Anda ingin hidup menetap.

Desainer produk Microsoft Michael Dorian Bach, yang sekarang berusia akhir 30-an, mengatakan kepada sebuah majalah bahwa Anda tidak boleh hanya bekerja! "Buatlah kenangan. Semakin tua Anda, semakin sulit untuk membuat hubungan yang bermakna. Pertahankan itu saat Anda masih muda."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

2 dari 5 halaman

3. Anda ingin benar-benar "siap" untuk memulai sebuah keluarga

Tidak ada yang dilahirkan dengan keterampilan mengasuh anak, itu semua adalah pengalaman belajar. Terlepas dari struktur keluarga, usia 30-an adalah waktu yang tepat untuk memutuskan apakah Anda ingin memiliki anak atau tidak. Banyak orang tua di usia 40-an menyadari bahwa ketakutan tidak siap untuk memiliki anak tidak berdasar karena tidak ada yang pernah cukup siap atau dipersiapkan secara memadai untuk pertama kalinya. Pastikan salah satu dari Anda bekerja.

4. Kamu sudah berhenti bersenang-senang

Uang yang Anda peroleh tidak berguna jika Anda tidak bersenang-senang sekarang. Anda mungkin belum berusia 20-an sehingga jenis kesenangan yang Anda miliki di usia tersebut berbeda, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat menikmatinya di usia 30-an. Inilah saat ketika Anda harus menyeimbangkan pekerjaan dan kesenangan. Pergi berkencan, bepergian di akhir pekan, menonton film favorit Anda, rencanakan saja sehingga Anda memiliki sejumlah uang untuk masuk ke rekening tabungan dan sebagian untuk membayar tagihan.

3 dari 5 halaman

4 Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Cemburu dalam Hubungan

Dalam sebuah hubungan cinta, cemburu menjadi hal lumrah yang biasa terjadi. Namun, kecemburuan menjadi perasaan terburuk yang bisa dimiliki seseorang, terutama jika pasangan Anda memproyeksikan perasaan cemburu dan posesif yang ekstrem.

Kecemburuan selama itu terkendali cukup normal, tapi jika Anda merasa tercekik dari keadaan pikiran itu untuk waktu yang lama yang selanjutnya mempengaruhi hubunganmu, maka ini saat yang tepat untuk mengambil beberapa tindakan untuk mengatasinya.

Meskipun tidak mudah, mempraktikkan kebiasaan dan perhatian yang sehat tidak hanya bisa menyelamatkan ketenangan pikiranmu, tapi juga menyelesaikan semua masalah utama dalam hubunganmu.

Untuk itu, ketahui strategi sederhana namun efektif untuk mengatasi cemburu, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (25/5/2022).

1. Kenali dan pahami dengan cara yang benar

Cobalah untuk memahami perasaan cemburu dengan cara yang paling matang untuk mengatasinya secara efektif. Apa pun alasannya, cobalah untuk menemukan akar penyebab mengapa Anda cemburu dan jangan terburu-buru.

Jangan membuat gelembung pikiran negatif di kepalamu segera setelah Anda melihat sesuatu yang tidak biasa. Berikan waktu untuk diri sendiri tentang mengapa hal itu terjadi.

Terkadang, kita sering frustasi dan memberi ruang pada kemarahan yang hanya memperumit masalah. Ambil pendekatan yang tenang untuk memilah perasaanmu terlebih dahulu.

4 dari 5 halaman

2. Bicaralah

Setelah Anda mengalisis perasaanmu dan alasan kecemburuan di baliknya, pastikan Anda tidak menyimpannya untuk diri sendiri.

Setengah dari masalah dalam suatu hubungan cinta ada karena komunikasi yang tidak jelas. Apa pun yang ada di kepalamu, pastikan untuk mengambil pendekatan yang jelas untuk membicarakannya dengan pasanganmu.

Selain itu, ingat sifat-sifat positif pasanganmu dan kapan pun Anda merasa cemas, tenangkan dirimu dengan membuat dirimu mengingat apa yang penting dalam hubungan.

Memelihara kebiasaan atau perubahan positif hanya akan melepaskan perasaan seperti itu.

3. Praktik kepercayaan

Aturan praktis untuk menjaga hubungan tetap hidup yakni dengan percayalah pada ikatan yang Anda jalin dengan pasanganmu.

Anda mungkin takut akan hal yang tidak diketahui, tapi kehilangan harapan sama sekali atau tidak perlu mengungkapkannya di setiap pembicaraan hanya akan menciptakan kekacauan di benak pasanganmu sambil menyeret hubungan ke arah yang tidak bahagia.

Pastikan kecemburuan tidak menyumbat pikiranmu dan fokuslah untuk memahami apa yang mungkin terjadi.

5 dari 5 halaman

4. Berpikir sebelum bertindak

Menindaklanjuti kecemburuanmu dengan memikirkan kembali pendapatmu bisa sangat merusak. Seringkali, kecemburuan memunculkan sifat marah dan dengan sifat seperti itu, Anda mengucapkan kata-kata menyakitkan yang hanya menimbulkan kerusakan yang dalam.

Cukup sulit untuk tidak bertindak ketika Anda dipenuhi dengan perasaan negatif, tapi cobalah untuk tidak menyia-nyiakannya dengan memberikan perasaan ini menguasaimu sepenuhnya.

Bersikaplah masuk akal dan banyak berpikir sebelum bertindak untuk menghindari kerusakan permanen.