Sukses

4 Cara Mudah dan Efektif Mengatasi Cemburu dalam Hubungan

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah hubungan cinta, cemburu menjadi hal lumrah yang biasa terjadi. Namun, kecemburuan menjadi perasaan terburuk yang bisa dimiliki seseorang, terutama jika pasangan Anda memproyeksikan perasaan cemburu dan posesif yang ekstrem.

Kecemburuan selama itu terkendali cukup normal, tapi jika Anda merasa tercekik dari keadaan pikiran itu untuk waktu yang lama yang selanjutnya mempengaruhi hubunganmu, maka ini saat yang tepat untuk mengambil beberapa tindakan untuk mengatasinya.

Meskipun tidak mudah, mempraktikkan kebiasaan dan perhatian yang sehat tidak hanya bisa menyelamatkan ketenangan pikiranmu, tapi juga menyelesaikan semua masalah utama dalam hubunganmu.

Untuk itu, ketahui strategi sederhana namun efektif untuk mengatasi cemburu, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (25/5/2022).

1. Kenali dan pahami dengan cara yang benar

Cobalah untuk memahami perasaan cemburu dengan cara yang paling matang untuk mengatasinya secara efektif. Apa pun alasannya, cobalah untuk menemukan akar penyebab mengapa Anda cemburu dan jangan terburu-buru.

Jangan membuat gelembung pikiran negatif di kepalamu segera setelah Anda melihat sesuatu yang tidak biasa. Berikan waktu untuk diri sendiri tentang mengapa hal itu terjadi.

Terkadang, kita sering frustasi dan memberi ruang pada kemarahan yang hanya memperumit masalah. Ambil pendekatan yang tenang untuk memilah perasaanmu terlebih dahulu.

2. Bicaralah

Setelah Anda mengalisis perasaanmu dan alasan kecemburuan di baliknya, pastikan Anda tidak menyimpannya untuk diri sendiri.

Setengah dari masalah dalam suatu hubungan cinta ada karena komunikasi yang tidak jelas. Apa pun yang ada di kepalamu, pastikan untuk mengambil pendekatan yang jelas untuk membicarakannya dengan pasanganmu.

Selain itu, ingat sifat-sifat positif pasanganmu dan kapan pun Anda merasa cemas, tenangkan dirimu dengan membuat dirimu mengingat apa yang penting dalam hubungan.

Memelihara kebiasaan atau perubahan positif hanya akan melepaskan perasaan seperti itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Praktik kepercayaan

Aturan praktis untuk menjaga hubungan tetap hidup yakni dengan percayalah pada ikatan yang Anda jalin dengan pasanganmu.

Anda mungkin takut akan hal yang tidak diketahui, tapi kehilangan harapan sama sekali atau tidak perlu mengungkapkannya di setiap pembicaraan hanya akan menciptakan kekacauan di benak pasanganmu sambil menyeret hubungan ke arah yang tidak bahagia.

Pastikan kecemburuan tidak menyumbat pikiranmu dan fokuslah untuk memahami apa yang mungkin terjadi.

4. Berpikir sebelum bertindak

Menindaklanjuti kecemburuanmu dengan memikirkan kembali pendapatmu bisa sangat merusak. Seringkali, kecemburuan memunculkan sifat marah dan dengan sifat seperti itu, Anda mengucapkan kata-kata menyakitkan yang hanya menimbulkan kerusakan yang dalam.

Cukup sulit untuk tidak bertindak ketika Anda dipenuhi dengan perasaan negatif, tapi cobalah untuk tidak menyia-nyiakannya dengan memberikan perasaan ini menguasaimu sepenuhnya.

Bersikaplah masuk akal dan banyak berpikir sebelum bertindak untuk menghindari kerusakan permanen.

 

3 dari 4 halaman

Tanda pasangan pecemburu

Kenali tanda pasangan Anda pecemburu, seperti melansir dari Times of India.

1. Menginginkanmu hanya untuk dirinya sendiri

Jika pasanganmu menginginkanmu untuk dirinya sendiri, sepanjang waktu, maka itu menjadi tanda perilaku cemburu yang tidak sehat. 

Pasanganmu sangat terobesi denganmu sehingga dia tidak menyukai gagasan Anda sendirian atau menghabiskan waktu bersama orang lain. 

2. Dia bergantung secara emosional

Dia terlalu bergantung padamu untuk dukungan emosionalnya. Alih-alih puas dengan apa yang dia miliki, dia akan selalu ingin Anda selalu ada untuknya, setiap detik dan menit dalam sehari. 

Dia mungkin tidak memperhatikan waktu dan ketersediaanmu.

3. Suka mengontrol

Salah satu tanda lainnya orang cemburu adalah suka mengontrol dan memanipulasi orang.

Dan jika pasanganmu membuatmu merasa buruk, simpatik, bersalah dan lainnya sesuai dengan suasana hati dan manfaat yang dia dapat, maka dia bukan yang terbaik untukmu.

4 dari 4 halaman

Tanda lainnya

4. Melacakmu di media sosial

Anda akan selalu menemukan gagasanmu di bagian atas daftar apa pun yang mencangkupmu dan media sosial. 

Meski Anda berpikir itu baik bahwa pasanganmu sangat perhatian, tapi itu tidak terlalu baik, karena dia terus menguntitmu untuk mengetahui keberadaanmu.

5. Anda harus memvalidasi tindakanmu

Apakah Anda selalu merasa tertekan untuk memberi tahu pasanganmu segalanya? Itu karena dia secara tidak sadar mengendalikanmu. 

Anda merasa harus memvalidasi setiap tindakanmu agar dia merasa puas. Anda juga takut membuat mereka marah.