Sukses

7 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa Sembuhkan Luka dan Hentikan Mimisan

Liputan6.com, Jakarta - Daun sirih atau piper betle merupakan tanaman merambat yang masuk ke dalam keluarga tanaman Piperaceae. Daun berwarna hijau ini banyak dikonsumsi di India dan Negara Asia lainnya, termasuk Indonesia. Selama ini, orang banyak mengenal daun sirih dikonsumsi orang tua untuk membersihkan gigi dan mulut.

Tanaman merambat ini memiliki aroma yang khas dengan rasa yang kuat dan menyengat. Daun sirih kaya akan vitamin C, karoten, niacin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), tiamin (vitamin B1), dan sumber kalsium yang baik digunakan untuk penyembuhan dan pemeliharaan kesehatan.

Dilansir dari Netmeds, Rabu (11/5/2022), daun sirih juga terkenal manfaatnya sebagai penyegar mulut dan pembersih area kewanitaan. Daun yang berbentuk hati ini juga mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi, seperti minyak sirih chavicol, betlephenol, dan eugenol, yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut ini ragam khasiat daun sirih untuk kesehatan yang penting untuk diketahui, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sebagai Antibakteri dan Antiseptik

Minyak atsiri yang terdapat pada daun sirih memiliki sifat antibakteri terhadap bakteri tertentu yaitu Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Pseudomonas aeruginosa.

Selain itu, daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Karena manfaatnya inilah daun sirih sering digunakan untuk mengobati radang sendi dan orkitis (peradangan pada testis akibat infeksi virus dan bakteri).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Senyawa fitokimia dan polifenol yang terdapat pada daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti ulserogenik yang berfungsi melindungi lapisan dalam usus dari racun dan iritan lainnya sehingga mampu melindungi kesehatan saluran cerna.

Kebiasaan mengunyah daun sirih juga bermanfaat untuk merangsang produksi air liur di mulut, sehingga membantu memecah makanan dengan cepat. Ini juga berkhasiat dalam mengobati masuk angin dan perut kembung.

3. Membantu dalam Penyembuhan Luka

Sejumlah penelitian telah mengamati bahwa daun sirih dapat membantu proses penyembuhan luka. Bahkan penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih memiliki efek yang sangat kuat terhadap penyembuhan luka bakar.

Peningkatan kadar stres oksidatif menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang bagus, di mana antioksidan ini dapat mengurangi stres oksidatif sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Mengunyah daun sirih dipercaya dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas bakteri di dalam mulut. Daun sirih sangat populer sebagai penyegar mulut dan pengganti obat untuk infeksi mulut atau gigi.

Saat mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula, asam bereaksi dengan bakteri yang ada dalam plak gigi. Daun sirih mencegah timbulnya karies gigi dengan menghambat produksi asam yang dihasilkan oleh bakteri.

Tak hanya itu, daun sirih juga dapat membantu menyegarkan napas serta memperkuat gigi dan gusi agar terhindar dari pendarahan.

5. Mengobati Kutil

Pasta atau ekstrak daun sirih bisa digunakan langsung untuk mengobati kutil di kulit. Cara ini terbukti sangat efektif dan bebas efek samping. Anda cukup mengoleskan ekstrak daun sirih pada kutil secara rutin. Setelah beberapa hari, kutil akan akan menyusut tanpa bekas.

4 dari 4 halaman

6. Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi bisa menjadi faktor penyebab sakit jantung dan stroke. Sebuah studi menunjukkan bahwa daun sirih mampu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL), serta membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

7. Menghentikan Mimisan

Sebagai obat tradisional Indonesia, daun sirih sering digunakan untuk menghentikan mimisan. Tanin yang merupakan zat efektif dalam daun sirih berfungsi menghentikan pendarahan dengan cepat dan menutup luka pada pembuluh darah dalam hidung.

Itulah sejumlah khasiat daun sirih untuk kesehatan. Meski begitu, klaim manfaat daun sirih ini masih membutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan keefektivitasannya.

Jika Anda berniat untuk menggunakan daun sirih sebagai pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jangan menggunakan daun sirih sebagai pengganti perawatan utama dalam mengobati penyakit.