Sukses

Studi: Penderita Long Covid dengan Obesitas Bakal Sembuh Lebih Lama

Ternyata penderita long covid dengan obesitas bakal sembuh lebih lama

Liputan6.com, Jakarta Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih setelah infeksi Covid-19 bervariasi untuk orang yang berbeda. Namun, sebuah studi baru mengungkapkan bahwa beberapa orang menderita gejala long Covid lebih lama daripada yang lain.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Leicester menemukan bahwa hanya satu dari empat pasien yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 yang pulih sepenuhnya setelah satu tahun, dengan yang lain masih berjuang dengan gejala.

Christopher Brightling, yang ikut memimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Respiratory Medicine, mengatakan: "Tanpa perawatan yang efektif, Long Covid bisa menjadi kondisi jangka panjang baru yang sangat lazim."

Apa yang ditemukan oleh studi Long Covid?

Studi baru Long Covid dari para peneliti Inggris menemukan bahwa hanya 26% orang yang dirawat di rumah sakit dengan virus corona melaporkan pemulihan penuh setelah lima bulan, dan hanya 28,9% setelah setahun penuh.

Juga ditemukan bahwa wanita yang terkena virus 33% lebih kecil kemungkinannya untuk sembuh total dibandingkan pria.

Mereka yang mengalami obesitas dan mereka yang membutuhkan ventilasi mekanis bahkan lebih berisiko untuk terus berjuang setelah infeksi awal.

Studi tersebut menambahkan bahwa banyak orang masih menunjukkan gejala serius Covid-19 bahkan setahun setelah meninggalkan rumah sakit, termasuk "pengurangan kapasitas olahraga dan penurunan besar dalam kualitas hidup terkait kesehatan."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Empat kelompok keparahan gejala long Covid 

Versi sebelumnya dari penelitian ini juga mengidentifikasi empat kelompok atau klaster keparahan gejala Long Covid pada lima bulan setelah infeksi.

Dari jumlah tersebut, 20% orang mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental yang sangat parah, 30% mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental yang parah, 11% dengan gangguan kesehatan fisik sedang dengan gangguan kognitif, dan 39% dengan gangguan kesehatan mental fisik ringan.

Menurut Christopher Brightling dari penelitian tersebut, ada "kebutuhan mendesak layanan kesehatan untuk mendukung populasi pasien yang besar dan meningkat pesat ini".

Dia menambahkan bahwa penelitian ini juga dapat memberikan dasar untuk menyelidiki perawatan Covid yang lama untuk memulihkan "kualitas hidup terkait kesehatan" pasien.

Temuan dari penelitian Long Covid juga akan dipresentasikan pada Kongres Eropa Mikrobiologi Klinis & Penyakit Menular di Lisbon, Portugal.

 

Apa saja gejala Long Covid yang paling umum?

Long Covid, di mana orang menderita gejala selama berminggu-minggu atau beberapa bulan setelah terinfeksi Covid-19, telah menjadi kondisi jangka panjang yang baru.

Beberapa gejala Long Covid yang paling umum adalah sesak napas, kelelahan, nyeri otot, masalah tidur, kelemahan anggota badan, perlambatan fisik, serta gangguan kesehatan mental.

3 dari 5 halaman

8 Gejala Omicron Ini Umum Muncul pada Orang yang Telah Divaksinasi Lengkap

Infeksi Covid-19 di dunia terus berfluktuasi, dengan tingkat tinggi baru-baru ini didorong oleh berakhirnya pembatasan dan meningkatnya percampuran sosial.

Dengan subvarian BA.2 menular dari Omicron yang sekarang menjadi strain dominan di seluruh dunia, para peneliti telah menemukan delapan gejala utama Covid yang biasanya muncul pada orang yang divaksinasi penuh.

Gejala tersebut disorot oleh peneliti dari Norwegia yang melakukan penelitian terhadap tamu dari pesta November 2021 di mana terjadi wabah Omicron.

Dari 111 peserta dalam penelitian tersebut, 66 orang memiliki Covid meskipun 89% telah menerima kedua dosis vaksin Covid tersebut.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi Eurosurveillance, berikut adalah delapan gejala yang dialami oleh kelompok pengunjung pesta yang divaksinasi penuh.

4 dari 5 halaman

Gejala Covid apa yang harus dicari orang yang divaksinasi lengkap?

Delapan gejala Covid yang muncul pada orang yang ditusuk sepenuhnya sangat mirip dengan yang disebabkan oleh pilek atau flu. Ini adalah:

  • Batuk
  • Pilek
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Bersin 

Dari jumlah tersebut, batuk, pilek, dan kelelahan ditemukan sebagai gejala yang paling umum, sementara demam dan bersin adalah yang paling tidak umum. Pakar kesehatan juga menambahkan mual sebagai gejala potensial Omicron pada orang yang divaksinasi.

Tidak seperti strain sebelumnya, yang sering muncul dengan tiga gejala klasik - demam, batuk terus-menerus dan kehilangan indra penciuman atau perasa - gejala Omicron telah ditetapkan sebagai ringan dan mirip dengan pilek.

Karena mungkin sulit untuk membedakan antara gejala Omicron dan pilek, orang-orang disarankan tinggal di rumah jika memungkinkan jika mereka merasa tidak sehat.

5 dari 5 halaman

Apa saja tanda-tanda peringatan dini Covid?

Studi ZOE Covid telah menemukan dua gejala yang bisa menjadi tanda awal infeksi Covid.

Orang yang terpengaruh oleh sub-varian Omicron siluman telah ditemukan mengalami pusing atau pingsan, yang terjadi terus menerus sepanjang hari.

Satu lagi gejala awal yang umum adalah kelelahan, yang pada gilirannya menyebabkan nyeri tubuh, otot lemah atau sakit, sakit kepala serta penglihatan kabur dan kehilangan nafsu makan.

Praktisi swasta Afrika Selatan Dr Angelique Coetzee, yang pertama kali memperingatkan varian Omicron pada akhir tahun 2021, sebelumnya mengungkapkan bahwa kelelahan adalah salah satu gejala utama Omicron.

Gejala Stealth Omicron juga muncul lebih cepat daripada jenis virus lainnya, dengan tanda-tanda infeksi yang bermanifestasi dalam dua hari setelah terinfeksi daripada empat hari biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • COVID