Sukses

Berkat AirPods yang Dicuri, Pria Ukraina Berhasil Melacak Pasukan Rusia

Pria Ukraina berhasil melacak pasukan Rusia berkat AirPods yang dicuri

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Ukraina berhasil melacak pergerakan pasukan Rusia dengan menggunakan fitur pelacakan perangkat Apple untuk menentukan AirPods miliknya yang dicuri.

Vitaliy Semenets mengatakan AirPods-nya dicuri dari rumahnya di Hostomel, sekitar 27 km barat laut Kyiv, menurut The Times.

Dia menyadari dia bisa menggunakan fitur "Temukan Saya" Apple untuk melacak perangkat curiannya, memungkinkan dia untuk melacak jalur pasukan Rusia saat mereka mundur dari rencana awal yang jelas untuk menyerbu ibukota.

Dia melacak earphone curiannya saat pasukan melintasi perbatasan ke Belarus dan mencapai Belgorod, sebuah kota di Rusia tempat Presiden Putin mengumpulkan pasukannya untuk menyerang Donbas, Times of London melaporkan.

 

Semenets membagikan trik liciknya di Instagram, menandai Apple:

Berkat teknologi, saya tahu di mana AirPods saya sekarang.

Ada banyak laporan tentang pasukan Rusia yang menjarah barang-barang berharga dari rumah-rumah Ukraina.

The Times melaporkan bahwa bocoran gambar CCTV bulan ini menunjukkan pasukan Rusia di sebuah kantor pos di Belarus sedang membungkus mesin cuci, laptop, dan skuter listrik untuk dikirim ke keluarga mereka di rumah di Moskow, Omsk, Ulyanovsk dan Novosibirsk.

Layanan Keamanan Ukraina merilis panggilan yang disadap dari seorang tentara Rusia yang diberi daftar belanjaan dari seorang kerabat. Kerabatnya menginginkan laptop, sepatu kets, dan pakaian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kisah Keluarga Ukraina Melarikan Diri dari Perang dengan Berjalan Kaki 125 Kilometer

Serangan Rusia ke Ukraina membuat jutaan masyarakat harus mengungsi dan melarikan diri ke tempat yang lebih aman. Hal ini dialami pula oleh keluarga asal Mariupol, Yevgen Tishchenko (37) dan Tetiana Komisarova (40).

Pasangan suami istri dan keempat anaknya bergegas meninggalkan kampung halamannya yang dibom. Tak seperti penduduk lain yang menggunakan kereta api atau kendaraan yang tersisa, keluarga ini melarikan diri dengan cara yang menurut mereka paling memungkinkan yakni berjalan kaki.

Berbicara kepada AFP di kota Zaporizhzhia, Ukraina, saat mereka menunggu kereta api ke arah barat, keluarga itu menceritakan perjalanan luar biasa mereka yang menantang sejauh 125 kilometer menuju tempat yang aman. 

Selama berminggu-minggu pengeboman menghancurkan Mariupol, pasangan tersebut berusaha mempersiapkan anak-anak mereka Yulia (6), Oleksandr (8), Anna (10), dan Ivan (12) untuk perjalanan berbahaya yang mereka hadapi.

"Kami menjelaskan kepada mereka selama dua bulan, saat kami berada di ruang bawah tanah, ke mana kami akan pergi... Kami mempersiapkan mereka untuk perjalanan panjang ini," kata Tetiana mengutip Channel News Asia.

"Mereka melihatnya sebagai sebuah petualangan."

3 dari 6 halaman

Kehancuran di mana-mana

Minggu lalu, bersama suaminya Yevgen, seorang teknisi berusia 37, mereka akhirnya berpikir sudah waktunya untuk bergerak.

Dengan gugup, mereka membawa anak-anak keluar dari gedung mereka. Ini adalah pertama kalinya mereka semua pergi bersama sejak serangan Rusia dimulai pada 24 Februari.

Saat keluar dari ruang bawah tanah, pemandangan pertama yang mereka temukan adalah kehancuran di mana-mana.

"Ketika anak-anak melihat itu, mereka berjalan dalam diam," kata Yevgen.

"Saya tidak tahu apa yang ada di kepala mereka. Mungkin mereka juga tidak percaya bahwa kota kita sudah tidak ada lagi."

Berbeda dengan anak-anak yang baru pertama kali melihat kehancuran kampung halamannya, orang dewasa sudah lebih dulu mengetahui itu.

Pasalnya, mereka selalu berusaha menyelinap keluar dari ruang bawah tanah untuk mengambil makanan dan air dari toko-toko yang dibom dan dihadapkan dengan mayat-mayat yang berserakan di jalanan.

"Tampaknya kurang menakutkan untuk mati dalam serangan bom daripada kelaparan," kata Tetiana.

4 dari 6 halaman

Pergi ke tempat yang lebih aman

Sebuah bom telah menghantam atap blok apartemen mereka, dan bagi anak-anak, kehidupan telah dijalani sepenuhnya di bawah tanah.

"Kami membawakan mereka buku-buku di ruang bawah tanah. Cahayanya sangat redup sehingga saya hampir tidak bisa melihat, tetapi mereka berhasil membaca," kata Tetiana.

Anna yang yang menginjak usia 10 menggambarkan saat-saat bermain dengan teman-teman dari apartemen tetangga.

"Tidur di beton itu tidak enak," kenang gadis berkuncir kuda itu.

Dia bersikeras dengan berani bahwa ketika bom jatuh "kami tidak begitu takut.”

"Bangunan itu bergetar hebat dan ada banyak debu," katanya. "Itu tidak membuat sulit untuk bernapas."

Setelah beberapa minggu, keluarga itu pun memutuskan untuk meninggalkan ruang bawah tanah ke tempat yang jauh lebih aman.

"Kami harus membawa tas kami dan itu berat," kata bocah itu.

Menggendong tas berat menjadi beban tambahan di hari pertama melarikan diri. Hingga akhirnya sang ayah menemukan apa yang mereka sebut sebagai "kereta emas".

Kenyataannya, itu adalah troli roda tiga yang berkarat dan berderit, tetapi itu membuat perjalanan jauh lebih mudah.

"Istri saya mendorong gadis bungsu kami dengan sepeda roda tiganya. Dan saya mendorong kereta, seringkali dengan salah satu anak duduk di atas tas," kata Yevgen. "Dua lainnya berjalan di sampingku."

5 dari 6 halaman

Saat malam tiba

Dalam perjalanan lima hari empat malam, keluarga itu melewati banyak pos pemeriksaan Rusia, memberi tahu para prajurit bahwa mereka sedang menuju ke kerabat mereka.

"Mereka tidak memperlakukan kami sebagai musuh, mereka mencoba membantu," kata Yevgen.

"Tetapi setiap kali mereka bertanya kepada kami: 'Dari mana Anda berasal? Dari Mariupol? Tapi mengapa Anda pergi ke arah ini, mengapa Anda tidak pergi ke Rusia?'.”

Ketika malam tiba, keluarga itu tidur di rumah-rumah penduduk setempat yang membuka pintu mereka di sepanjang rute dan diberi makan dengan baik.

Pada siang hari, mereka melanjutkan, melawan segala rintangan.

Akhirnya, mereka beruntung, dan menemukan Dmytro Zhirnikov, yang sedang mengemudi melalui Polohy, sebuah kota yang diduduki Rusia yang terletak sekitar 100 km dari Zaporizhzhia.

"Saya melihat keluarga ini mendorong gerobak di pinggir jalan," kata Zhirnikov, yang secara teratur pergi ke Zaporizhzhia untuk menjual sayuran yang diproduksi keluarganya.

"Saya berhenti dan menyuruh mereka meletakkan barang-barang mereka di trailer saya."

Setelah berjalan kaki sejauh 125 km, Tetiana, Yevgen, dan anak-anak mereka menyelesaikan perjalanan dengan mobil vannya yang rusak.

6 dari 6 halaman

Ingin tinggal di tempat yang aman

Pada hari Jumat, keluarga itu menjejalkan diri dan barang-barang mereka yang sedikit ke dalam kereta yang penuh sesak menuju kota barat Lviv.

Mereka kemudian berencana untuk pindah ke Ivano-Frankivsk, kota besar lain di Ukraina barat, untuk mencoba membangun kembali kehidupan normal.

"Saya ingin mencari pekerjaan. Istri saya akan mengurus anak-anak dan berusaha mencarikan mereka sekolah," kata Yevgen.

"Kita tidak akan pernah bisa melupakan apa yang telah kita lalui. Kita tidak boleh. Tapi kita harus tetap semangat dan membesarkan anak-anak kita."

Putri mereka Anna menggambarkan keinginannya yang sederhana setelah melarikan diri dari neraka Mariupol.

"Saya ingin tinggal di kota yang tidak seperti itu," katanya. "Dan di Ukraina."

 

Penulis:

Ade Nasihudin Al Ansori

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.