Sukses

Anti Fans Dunia Hallyu

Citizen6: Hallyu atau Korean Wave tidak dapat dibendung dan telah menyebarkan budaya pop Korea Selatan secara global dan membuat orang-orang di berbagai belahan negara termasuk Indonesia. Namun seperti halnya yin dan yang, bila ada orang yang menyukai, maka akan ada yang berpikir sebaliknya. Anti-Fans dapat didefinisikan sebagai seseorang yang tidak menyukai sesuatu secara berlebihan. Anti-Fans cenderung untuk melakukan hal-hal buruk seperti menghujat seseorang atau karya mereka, hingga melakukan tindakan ekstrim seperti tindakan kekerasan pada seseorang selebritis yang tidak mereka suka baik secara fisik atau verbal.

Kasus kejahatan terburuk dari anti-fans yang pernah terjadi yaitu insiden yang melibatkan Kan Mi Yeon, seorang mantan anggota girl band Baby V.O.X. Mi  Yeon menjadi target serangan anti-fans karena ia dirumorkan berkencan dengan member boy band terkenal yang juga Leader  H.O.T  Moon Heejun. Dalam sebuah interview , Kan Mi Yeon mengatakan bahwa sepanjang 1999, dirinya sering kali menerima "surat dari fans" yang berisi potongan silet, dengan maksud agar ia melukai tangannya sewaktu membuka surat tersebut. Terkadang juga surat tersebut bersamaan dengan gambar-gambar Mi Yeon dimana dalam gambar tersebut matanya terlihat seperti dicungkil, atau surat lain yang ditulis dengan darah.

Yoon Eun Hye yang juga mantan personel Baby V.O.X yang juga seorang artis ini memiliki banyak anti-fans. YEH, sebutan bagi Yoon Eun Hye ini pernah diserang menggunakan pistol air yang diisi kecap dan cuka pada awal debutnya. Hal ini menyebabkan Yoon Eun Hye langsung dilarikan ke rumah sakit karena serangan tersebut tepat mengenai mata.


Seorang mantan anggota dari sebuah boy band G.O.D, Yoon Kye Sang pada 2000 menerima sekaleng soda yang sudah diinjeksi dengan pemutih atau deterjen. Sedangkan U-Know Yunho ‘TVXQ’ pernah terancam nyawanya pada 2006 akibat prilaku anti-fans yang tidak menyukainya. Selain itu Yunho pernah meminum jus botol yang ternyata sudah dicampur dengan lem super. Spontan hal itu membuat Yunho muntah darah dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Heechul 'Super Junior' yang membela Yunho di media sosial mendapat ancaman yang sama sampai dirinya bungkam. Namun si pelaku pemberi 'minuman' itu akhirnya tertangkap.

Jay Park pernah mendapat ancaman saat masih menjadi leader 2PM pada 2009 lalu. Anti-fans menemukan posting lama di akun Myspace milik Jay yang berisi "Korea is gay. I hate Koreans". Kalimat yang ditulis pada 2005 itu menjadi senjata bagi anti-fans dan lebih dari 3 ribu orang menandatangani petisi 'Jaebum Should Commit Suicide' agar Jay bunuh diri. Akibatnya, Jay harus kembali ke Amerika dan akhirnya memutuskan keluar dari 2PM.

Hinaan-hinaan yang dilontarkan di Internet oleh anti-fans menyebabkan munculnya tekanan psikologis. Sebuah tesis yang ditulis oleh aktris Park Jin Hee untuk gelar masternya dalam bidang kesejahteraan sosial menimbulkan kehebohan. Dinyatakan dalam tesisnya tersebut, dari 240 aktor yang disurvei, hampir 40 persen menyatakan bahwa mereka menderita beberapa tingkat depresi yang berbeda, dan beberapa bahkan mempertimbangkan untuk bunuh diri. Sedangkan 20 persen diantaranya memang benar-benar mengambil langkah spesifik untuk bunuh diri, seperti memesan obat-obatan.

Survei Park Jin Hee ini mengacu kepada komentar negatif yang diterima melalui internet sebagai salah satu penyebab stress yang diderita aktor-aktor tersebut. Sedangkan alasan yang lain seperti kekhawatiran yang umum terjadi perihal stabilitas karier mereka. (Kilau Riksaning Ayu/YSH)